Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    BeritaGoodyear Flight Radial Jadi "Sepatu" Pesawat Airbus Terbaru

    Goodyear Flight Radial Jadi “Sepatu” Pesawat Airbus Terbaru

    Perusahaan pesawat komersial terbesar, Airbus menjadikan Goodyear Flight Radial sebagai ban pesawat model terbaru mereka, Airbus A321XLR di Paris AirShow 2023.

    News.OLX – Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang paling aman jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya seperti mobil, motor, kereta maupun kapal laut. Hal ini karena pesawat itu sendiri di desain sedemikian rupa dengan teknologi paling maju serta mendetail.

    Salah satu pesawat komersial yang paling populer di dunia adalah Airbus, perusahaan aviasi asal Prancis. Bahkan pesawat penumpang terbesar di dunia saat ini adalah Airbus A380-800 yang diperkenalkan pertama kali di tahun 2007 silam.

    Baru-baru ini, Airbus menggandeng merek ban terkemuka dunia, Goodyear sebagai pemasok ban pesawat model terbaru mereka, Airbus A321XLR di Paris AirShow 2023.

    Goodyear Flight Radial menjadi ban OE (original equipment) dari pesawat penumpang Airbus terbaru yang mulai beroperasional di tahun depan. 

    “Kami senang telah terpilih oleh Airbus untuk menyediakan ban untuk pesawat baru mereka, A321XLR. Objektif utama kami dalam merancang produk ini adalah mencari keseimbangan antara kekuatan yang dibutuhkan dan menjaga ban tetap ringan. Dengan kolaborasi yang kuat dengan Airbus, kami berhasil memberikan desain bead yang optimal dan material luar angkasa yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka,” kata Octavian Velcan, Managing Director OTR & Aviation EMEA dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

    Penunjukan Goodyear oleh Airbus ini memang bukan tanpa alasan karena Flight Radial sudah mengantongi sertifikasi system part dari Airbus. Ban khusus pesawat ini memiliki tiga teknologi ban terkini, yakni Featherweight Aluminum Core Bead™, Merged Cord™ dan DiamondWeave Belt. 

    Teknologi Featherweight Aluminum Core Bead™ merupakan sebuah teknologi ban yang menggunakan benang aluminium lentur sehingga berkontribusi pada penghematan berat per ban dengan tetap mempertahankan geometri ban dan manik-manik.

    Teknologi Merged Cord™ menggabungkan benang karet DuPont™ Kevlar® dengan nilon, menciptakan kombinasi yang meningkatkan kekuatan dan mengurangi berat ban. Selain lebih ringan, teknologi ini menjadikan ban memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih sehingga tahan terhadap gesekan atau sayatan. 

    Dan yang terakhir adalah teknologi DiamondWeave Belt untuk mengoptimalkan kinerja ban dengan penempatan benang karet khusus yang dioptimalkan untuk keausan pada tapak ban. Hal ini membantu meningkatkan performa ban dan memberikan ketahanan usia pada tapak ban.

    “Terpilihnya Flight Radial sebagai OE untuk Airbus A321XLR menjadi pembuktian bahwa teknologi mutakhir dari Goodyear selalu terdepan. Hal ini sejalan dengan dinamika dan konsep Goodyear terbaru untuk eksplorasi semua perkembangan teknologi demi peningkatan kualitas dan format mobilitas dalam kondisi apapun,” ungkap Wicaksono Soebroto, Head of Communciations PT Goodyear Indonesia Tbk.

    Meskipun saat ini Goodyear Indonesia tidak secara langsung bergerak dalam industri aviasi di tanah air, tetapi menurutnya, kerjasama Goodyear dan Airbus memberi dampak positif terhadap perusahaan. 

    “Saat ini, perkembangan produksi ban untuk pesawat terbang di Tanah Air semakin berkembang pesat. Selain pasar ban mobil, sepeda dan motor, industri ban pesawat terbang masih sangat menjanjikan di Indonesia. Di kawasan ASEAN, Goodyear memiliki pabriknya Thailand termasuk juga untuk fasilitas retread,” pungkasnya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait