Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikHindari Meletakkan Detektor Asap di 5 Lokasi Ini!

    Hindari Meletakkan Detektor Asap di 5 Lokasi Ini!

    Detektor asap harus ditempatkan dengan strategis agar dapat berfungsi secara optimal.

    News.OLX – Kebakaran di dalam kamar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan penting untuk memahami potensi bahaya serta langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil.

    Adapun salah satu caranya adalah memasang detektor asap. Detektor asap, atau sering disebut sebagai smoke detector, menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam upaya pencegahan kebakaran di rumah.

    Meskipun memiliki peran vital, ternyata tidak semua lokasi di dalam rumah cocok untuk dipasang detektor asap.

    Beberapa lokasi justru dapat membuat detektor asap tidak efektif dan mengalami alarm palsu. Dikutip dari laman X-Sense, berikut adalah 5 lokasi di rumah yang sebaiknya dihindari ketika memasang detektor asap:

    1. Kamar mandi

    Kamar mandi bukanlah lokasi yang ideal untuk memasang detektor asap, terutama saat kamu menggunakan pemanas air. 

    Uap dari pancuran air panas seringkali dapat membuat detektor asap menyala, mengakibatkan timbulnya alarm palsu. Kelembaban yang tinggi di kamar mandi juga dapat merusak detektor seiring waktu, menyebabkan kegagalan alarm.

    Asap (1)

    2. Dekat kipas angin

    Kipas angin yang terpasang di plafon rumah juga dapat mempengaruhi kinerja detektor asap. Apabila detektor ditempatkan terlalu dekat dengan kipas, angin yang dihasilkan dapat membawa asap menjauh dari sensor detektor.

    3. Dekat peralatan masak

    Peralatan memasak, seperti oven dan kompor di dapur, menghasilkan gelombang mikro dan asap. Menempatkan detektor asap terlalu dekat dengan peralatan tersebut dapat menyebabkan alarm palsu. Oleh karena itu, disarankan untuk memasang detektor setidaknya 3 meter dari peralatan memasak.

    4. Garasi

    Saat memanaskan mobil atau sepeda motor di dalam garasi, asap dan panas yang dihasilkan dapat merusak sensor detektor asap. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memasang detektor asap di area garasi.

    5. Dekat lampu neon

    Lampu neon dapat menyebabkan efek kedipan dan suara listrik yang dapat mengganggu detektor asap. Apabila masih ada lampu neon di rumah, disarankan untuk memasang detektor asap setidaknya 0,5 meter dari lampu tersebut.

    Penting untuk memahami bahwa detektor asap harus ditempatkan dengan strategis agar dapat berfungsi secara optimal tanpa mengalami alarm palsu. 

    Dengan menempatkannya di lokasi yang tepat, detektor asap dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam memberikan peringatan dini terhadap adanya asap atau potensi kebakaran di rumah.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait