Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    InformasiIni Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak di Akhir Pekan

    Ini Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak di Akhir Pekan

    Ketahui jadwal buka tutup jalur Puncak terbaru yang berlaku per tanggal 6 April 2024 sebelum merencanakan liburan akhir pekan.

    News.OLX – Puncak adalah destinasi liburan akhir pekan favorit bagi penduduk kota terdekat seperti Jakarta dan Bogor karena lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota.

    Namun, mengingat kawasan ini sangat padat khususnya saat weekend dan musim liburan, jadwal buka tutup jalur Puncak sering diberlakukan.

    Jalur menuju Puncak, lebih-lebih ke Puncak Pass, kerap tersendat. Penyebabnya, sudah tentu lantaran tingginya volume kendaraan yang melintas dari dan menuju kawasan resor pegunungan tersebut. Alhasil, petugas harus menetapkan jadwal buka tutup jalur Puncak secara berkala demi memperlancar arus lalu lintas.

    Tetapi, terlepas dari upaya penerapan jadwal buka tutup jalur Puncak ini, kemacetan masih berpotensi terjadi. Nah, kamu mesti bersiap-siap mengantisipasi kepadatan lalu lintas dan menyusun rencana perjalanan dengan matang, apalagi kalau bepergian di akhir pekan atau hari libur.

    Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak Akhir Pekan Terbaru

    Buka Tutup Jalur Puncak Bogor

    Pada dasarnya, jadwal buka tutup jalur Puncak berfungsi untuk menyesuaikan arus lalu lintas di daerah tersebut. Caranya yakni dengan membiarkan satu arah kendaraan melewati satu jalur sambil menyetop sementara pergerakan dari arah yang berlawanan (one way traffic).

    Kebijakan ini bertujuan supaya kendaraan tetap bisa melintas walau lalu lintas sedang padat.

    Selain itu, sistem genap-ganjil juga berfungsi untuk mereduksi angka kunjungan wisatawan pada jam-jam sibuk. Aturan ini membatasi kendaraan tertentu untuk memasuki jalur Puncak berdasarkan angka terakhir plat nomor.

    Sehubungan dengan itu, Polres Bogor berwenang untuk menegakkan kedua manajemen lalu lintas tersebut di jalan-jalan menuju Puncak, khususnya selama arus mudik dan balik Lebaran.

    Selama liburan seperti Idulfitri, jelas terlihat adanya lonjakan trafik yang signifikan. Hal ini lazim akibat tingginya kunjungan masyarakat untuk bersilaturahmi.

    Sekiranya kamu hendak melancong akhir pekan ini atau saat Idulfitri ke Puncak, pastikan untuk senantiasa memantau peraturan dan pembatasan lalu lintas yang ada. Kemudian, rencanakan liburan dengan sebaik-baiknya agar terhindar dari berbagai hambatan.

    Berikut ini adalah informasi terbaru mengenai rekayasa lalu lintas oleh Polres Bogor untuk perjalanan menuju Puncak dan sebaliknya.

    Jadwal buka tutup jalur Puncak ini berlaku mulai tanggal 6 April hingga 15 April 2024. Adapun ganjil-genap diterapkan pada jam-jam tertentu, yaitu pukul 06.00-12.00 WIB untuk kendaraan yang menuju ke arah Puncak, dan pukul 12.30-18.00 WIB untuk lalu lintas ke arah Jakarta.

    Dengan mengetahui jadwal buka tutup jalur Puncak akhir pekan, liburan kamu akan jauh lebih nyaman. Jangan lupa pastikan cek kondisi mobil dalam keadaan baik ya agar tidak rewel di jalan.

    Lagi cari kendaraan yang pas untuk liburan? Temukan berbagai macam mobil bekas berkualitas di OLX! Mau sedan keren atau SUV gahar, OLX punya semuanya. Kalau tidak mau beli bisa sewa loh, download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store untuk memudahkan kamu cari mobil yang sesuai.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait