Kamis, Mei 23, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Penyebab Kampas Rem Motor Masih Tebal Tapi Tidak Pakem

    Ini Penyebab Kampas Rem Motor Masih Tebal Tapi Tidak Pakem

    Salah satu yang membuat rem motor tidak pakem adalah kotoran.

    News.OLX – Kampas rem atau disc pad merupakan komponen yang harus dilakukan penggantian secara rutin dan berkala. Jika telat melakukan penggantian, bisa merusak piringan cakram, dan pengereman jadi tidak pakem.

    Tapi pernahkah kamu dalam kondisi rem cakram sudah diganti, alias dalam kondisi masih tebal tetapi hasil pengereman tidak pakem?

    Menurut laman resmi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), salah satu yang membuat rem motor tidak pakem, padahal kondisi kampas rem masih tebal adalah kotoran.

    Hal ini sebenarnya wajar apa lagi dalam kondisi musim hujan. Kampas rem yang kotor membuat daya cengkramnya dengan piringan cakram berkurang sehingga membuatnya kurang pakem.

    Untuk mengatasinya juga cukup mudah, yakni bongkar kampas rem tersebut dari kaliper lalu dibersihkan atau gosok menggunakan amplas. Untuk memastikannya bisa diraba dengan tangan. Misalnya jika kondisinya masih terasa licin, gosok lagi sampai permukaannya terasa sedikit kasar.

    kampas rem 2

    Kampas rem masih baru

    Kemungkinan yang kedua adalah adanya lapisan khusus pada kampas rem yang membuat rem tidak rigid atau terasa tidak pakem ketika tuas rem ditekan.

    Kondisi ini mirip dengan saat mengganti ban baru yang biasanya licin saat pertama kali digunakan. Pada dasarnya, kampas rem biasanya memerlukan waktu penggunaan sebelum benar-benar pakem.

    Jika menggunakan cara singkat, pemilik motor bisa mengikis bantalan kampas rem dengan gerinda agar rem menjadi lebih cepat pakem setelah penggantian.

    Namun, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada komponen. Dan yang paling penting untuk ditekankan adalah pentingnya menggunakan komponen original untuk sistem pengereman, mulai dari master rem, kaliper rem, disk brake, hingga kampas rem.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait