Rabu, Juni 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Salah Pilih, Kenali 4 Jenis Freon AC Mobil

    Jangan Salah Pilih, Kenali 4 Jenis Freon AC Mobil

    News.OLX – Freon AC mobil memiliki peran yang krusial dalam menjaga suhu yang nyaman di dalam kendaraan saat digunakan. Tidak hanya itu, freon ternyata juga berhubungan dengan efisiensi dan kinerja sistem pendinginan mobil itu sendiri.

    Untuk itu, penting buatmu untuk melakukan pemilihan jenis freon yang tepat. Hal ini tidak boleh diabaikan, karena selain berdampak pada performa AC, juga memiliki konsekuensi terhadap lingkungan.

    Lantas apa saja jenis freon mobil beserta kelebihan dan kekurangannya? Untuk mengetahuinya, yuk kita kenali lebih dalam empat jenis freon AC mobil yang biasa digunakan!

    1. Freon R-12: umum sebelum tahun 1994

    Freon R-12, atau dikenal juga sebagai dichlorodifluoromethane (CFC-12), dulunya uang utama digunakan dalam dunia pendingin mobil. Sampai awal tahun 2000an, jenis ini tak lagi digunakan karena dampak negatif terhadap lapisan ozon. 

    Dengan kemampuan pendinginan yang mumpuni, R-12 dulu sering jadi pilihan utama. Tapi sekarang, sudah saatnya kita beralih ke opsi lain yang lebih ramah lingkungan.

    2. Freon R-22: mirip dengan R-12

    Freon R-22, atau HCFC-22, juga pernah jadi pilihan populer dalam sistem pendinginan AC mobil. Namun, seperti R-12, jenis ini juga memberikan kontribusi pada penipisan lapisan ozon meskipun dampak buruknya mulai berkurang.

    Karena itu, produksi dan penggunaan freon ac mobil jenis R-22 perlahan dilarang. Jika AC mobilmu masih menggunakan R-22, mungkin ini saat yang tepat untuk mempertimbangkan beralih ke opsi lain yang lebih ramah lingkungan.

    3. Freon R-134a (HFC-134A): umum digunakan mobil sekarang

    Freon R-134a, atau dikenal sebagai 1,1,1,2-tetrafluoroethane, merupakan langkah maju dalam penanganan dampak lingkungan. Juga dikenal sebagai HFC-134a, freon ini tak mengandung klorin, sehingga tidak merusak lapisan ozon.

    Walaupun performanya tak setinggi R-12 atau R-22, R-134a tetap memberikan pendinginan yang baik. Tak heran banyak produsen mobil yang kini beralih ke freon ac mobil ini, untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan.

    4. R1234YF: segera diregulasikan

    R1234YF adalah varian freon terbaru yang diharapkan menjadi solusi lebih berkelanjutan. Dengan dampak pemanasan global yang jauh lebih rendah, freon ini menjadi alternatif menarik.

    Performanya pun tak kalah saing, meskipun saat ini belum sepenuhnya diadopsi oleh seluruh industri otomotif. Namun, perkembangan R1234YF menunjukkan potensi besar untuk masa depan yang lebih hijau.

    Bagaimana cara melihat jenis freon AC mobil?

    Melihat jenis freon AC mobil bukanlah hal yang sulit dilakukan. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah sederhana berikut untuk mengetahui jenis freon yang digunakan pada AC mobilmu.

    1. Baca buku manual mobil

    Buku manual mobil adalah sumber informasi penting tentang berbagai komponen mobil, termasuk sistem pendinginan AC. Cari bagian yang berkaitan dengan AC atau pendinginan, dan kamu mungkin akan menemukan informasi tentang jenis freon yang digunakan.

    2. Periksa label AC atau komponen terkait

    Beberapa mobil memiliki label atau stiker yang menunjukkan jenis freon yang digunakan pada unit AC. Stiker ini mungkin terletak di dekat komponen AC, seperti kompresor atau evaporator. Periksa juga bagian dalam kap mesin, terutama di dekat unit AC.

    3. Berkonsultasi dengan ahli servis

    Jika kamu merasa sulit untuk menemukan informasi tentang jenis freon yang digunakan, kamu bisa berkonsultasi dengan mekanik atau ahli servis terpercaya. Mereka biasanya memiliki pengetahuan yang cukup tentang komponen AC dan jenis freon yang digunakan pada berbagai jenis mobil.

    4. Cek situs web atau aplikasi mobil

    Ada beberapa situs web atau aplikasi yang menyediakan informasi tentang berbagai aspek mobil, termasuk jenis freon yang digunakan. Kamu bisa mencari informasi ini dengan memasukkan merek, model, dan tahun produksi mobilmu.

    Dalam memilih freon AC mobil, bukan hanya kesejukan yang perlu kamu pertimbangkan, tapi juga dampaknya pada bumi.

    R-134a menjadi pilihan paling umum saat ini, mengingat zat yang terkandung lebih cepat menyatu alami dengan atmosfer bumi dibanding jenis freon AC mobil sebelumnya.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait