Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriKaca Mobil Berembun? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Kaca Mobil Berembun? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Meski sering dianggap sepele, kaca mobil tetap menjadi satu komponen yang penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Kaca mobil yang berembun akan membuat Anda tidak nyaman dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

    Memangnya apa sih penyebab kaca mobil bisa berembun, terutama dalam kondisi dingin dan hujan? Apa mungkin hal tersebut terjadi karena ada komponen mobil yang bermasalah? Nah, berikut adalah ulasannya.

    Baca juga: 9 Cara Hilangkan Jamur di Kaca Mobil Secara Mandiri

    Penyebab Kaca Mobil Berembun

    Kaca mobil yang berembun akan membuat Anda kekurangan visibilitas dalam berkendara. Hal ini tentu saja membahayakan pengemudi jika tidak segera dihilangkan embunnya. Sebelumnya mengetahui cara mengatasinya, penting untuk mengetahui penyebabnya. Berikut adalah 4 penyebab kaca mobil berembun, yaitu:

    1. Perbedaan Suhu

    AC mobil menjadi salah satu komponen yang mampu menimbulkan embun di kaca mobil. Hal ini terjadi karena kabin mobil yang lembab akibat terdapat banyak partikel air yang terkena AC. Kelembaban udara di luar kabin juga sangat tinggi di pagi hari, terutama jika kondisi sedang hujan.

    Embun di kaca mobil muncul karena tingkat kelembaban udara yang cukup tinggi. Selain itu, embun juga dapat muncul karena perbedaan suhu kabin dengan suhu udara di luar. Suhu kabin yang lebih panas dibanding suhu luar akan memunculkan embun di kaca mobil.

    2. AC Mobil Terlalu Dingin

    Menyalakan AC mobil dengan suhu yang terlalu dingin juga menjadi penyebab lain kaca mobil berembun. Apalagi jika AC diarahkan ke kaca jendela mobil. Maka kaca akan berembun dengan cepat.

    3. Hanya Menyalakan Blower AC

    Blower AC berfungsi untuk menghisap udara yang ada di sekelilingnya dan mengeluarkannya ke kabin mobil. Jika hanya blower AC yang menyala, maka hal tersebut akan memunculkan embun di kaca mobil.

    4. AC Mobil Bermasalah

    Selain 3 penyebab di atas, kaca mobil yang berembun juga dapat disebabkan oleh komponen AC mobil yang bermasalah. Anda dapat mencegah kaca mobil berembun dengan memarkir mobil di lokasi yang terpapar sinar matahari langsung.

    Apabila tempat parker mobil Anda tidak di bawah matahari langsung, ada baiknya sebelum menyalakan AC mobil Anda membuka kaca terlebih dahulu selama beberapa saat.

    Sebagai Informasi tambahan, embun pada kaca mobil terbentuk tercipta proses kondensasi. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa ketika hujan turun, udara di dalam mobil akan mengikuti udara di luar mobil yang memiliki kelembaban udara tinggi. 

    Jika mobil dalam kondisi berjalan, penumpang yang ada di dalam mobil juga akan menghasilkan embun nafas yang juga mengandung uap air dan akan bertemu dengan tekanan udara dari dalam mobil.

    Uap air yang berjumlah banyak dari dalam mobil lama kelamaan akan lebih banyak dan tidak dapat tertampung, baik oleh tubuh maupun udara dari dalam mobil. Maka dari itu, uap air akan otomatis mencari lokasi yang lebih dingin. Dan ruang yang lebih dekat yaitu kaca mobil sehingga terjadilah kondensasi pada kaca mobil.

    Baca juga: 4 Tanda Bahwa Kaca Mobil Depan Perlu Diganti

    Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

    Cara mengatasi kaca mobil berembun
    Kaca Mobil Berembun (olx.co.id)

    Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan embun di kaca mobil. Tenang saja, hal ini mudah dilakukan dan tidak memerlukan alat dan bahan yang sulit untuk didapatkan. Berbagai cara untuk menghilangkan embun pada kaca mobil ini dapat Anda coba.

    Cara menghilangkan embun di kaca mobil memang wajib untuk diketahui. Biasanya embun ini muncul secara cepat saat suhu luar mobil lebih dingin daripada di kabin. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan embun dari kaca mobil.

    • Menurunkan Temperatur di Kabin Mobil

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kaca mobil berembun disebabkan perbedaan suhu yang ada di luar dan di dalam kabin. Nah jika seperti ini, maka Anda bisa menurunkan temperatur di dalam kabin mobil. Sehingga proses pengembunan atau kondensasi bisa berkurang.

    • Lakukan Defogger Mobil

    Umumnya mobil dilengkapi dengan fitur defrost atau defogger. Fitur ini jika digunakan akan menghilangkan embun di kaca mobil. Ventilasi defrost umumnya terletak di kedua sisi paling ujung dashboard. Apabila kaca bagian belakang mobil berembun, gunakanlah fitur defogger.

    • Lakukan Resirkulasi Udara

    Gunakan tombol sirkulasi untuk kaca mobil berembun. Setelah tombol sirkulasi diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil. Kemudian, udara tersebut diembuskan ke luar tanpa mengubah temperatur. Dengan demikian, tidak ada perbedaan temperatur.

    Perlu diketahui, resirkulasi udara tidak perlu dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Apabila embun telah menghilang, nonaktifkan fitur tersebut.

    • Nyalakan AC dan Wiper

    Salah satu pengemban kaca mobil berembun adalah udara di luar yang panas. Udara di luar yang panas serta suhu di kabin mobil yang dingin akan menyebabkan kaca mobil berembun di titik-titik tertentu.

    Apabila ini terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan mengurangi temperatur AC. Hal tersebut akan menghilangkan embun yang ada di kaca mobil. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan wiper untuk menyeka embun yang ada di kaca mobil. Penting untuk dipastikan bahwa pengaturan wiper dalam posisi paling pelan. Hal itu agar tidak mengganggu penglihatan ketika berkendara.

    • Membuka Jendela Kaca

    Cara paling cepat dan paling mudah agar embun di kaca mobil hilang adalah membuka jendela kaca mobil. Lakukan hal ini hingga semua embun menghilang. Tutup kembali jika embun sudah tidak ada agar udara dingin dari AC terasa Kembali.

    Baca juga: 5 Penyebab Kaca Depan Mobil Retak Tiba-tiba

    • Gunakan Shampo Rambut

    Oleskan sedikit cairan shampo di kaca mobil bagian dalam, namun jangan dicampur air. Kemudian, siapkan lap kanebo lembab untuk mengelap kaca yang sudah diolesi shampoo. Pastikan mengelap dengan gerakan searah agar kaca tidak buram.

    • Semprotkan Cairan Antikabut

    Cairan ini dapat Anda temukan di berbagai toko perlengkapan mobil. Ketika embun muncul di kaca mobil, semprotkan cairan tersebut ke kaca bagian dalam mobil. Setelah didiamkan beberapa waktu, laplah kaca menggunakan kain lembut dan kering dengan gerakan searah.

    Nah, itulah Informasi mengenai penyebab kaca mobil berembun dan cara mengatasinya embun. Dengan melakukan cara-cara di atas, maka Anda dapat mengurangi timbulnya embun pada kaca mobil dan perjalanan Anda pun tidak akan terganggu.

    Nah, kalau soal urusan mobil bekas, jangan lupa untuk memilih di OLX Autos yang dapat memberikan penawaran serta garansi pada unit yang Anda beli.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait