Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKenali Lebih Dekat Apa Fungsi Penting Relay Mobil

    Kenali Lebih Dekat Apa Fungsi Penting Relay Mobil

    Apa itu relay? relay merupakan salah satu komponen pada mobil yang berupa komponen kelistrikan yang tersusun dari elektromagnetik dan kumparan. Sesuai fungsi dasarnya yaitu mengalirkan listrik dan sebagai pengendali aliran listrik.

    Kelebihan relay pada mobil

    Pemasangan komponen ini pada mobil membawa keuntungan yang besar pada kendaraan tersebut.

    Salah satunya akan membuat lampu utama atau headlamp menyala lebih terang, hal ini dikarenakan peran komponen ini dapat mengalirkan arus listrik dengan tekanan yang tinggi.  komponen ini akan membuat saklar kombinasi menjadi lebih hemat.

    Sehingga tidak cepat rusak saat terdapat aliran listrik yang besar. Aliran listrik ini akan membuat lampu besar mobil menyala lebih terang.

    Komponen ini juga berperan meminimalisir hambatan arus listrik pada lampu mobil. Penambahan komponen ini pada mobil akan membawa banyak manfaat pada kendaraan tersebut.

    Arus listrik yang berfungsi secara maksimal akan membuat komponen dalam mobil tidak mudah rusak, Di samping itu, relay mobil juga akan membuat komponen kendaraan terhindar dari keausan.

    Fungsi relay pada mobil

    Relay merupakan komponen listrik yang mempunyai 2 bagian yaitu, kumparan dan poin. Berikut merupakan fungsi dari komponen ini mobil

    1. Memperpanjang umur saklar

    Relay yang dipasang pada mobil membutuhkan arus listrik besar agar bekerja dengan baik. Dari saklar arus listrik tersebut mengalir. Fungsi saklar yang terdapat pada komponen ini sebagai sarana pembangkit arus listrik.

    Kemudian arus listrik akan didistribusikan menuju kompresor AC, lampu mobil, dan komponen elektromagnetik lainnya.

    Maka dari itu komponen ini berfungsi untuk menjaga saklar bisa awet dalam waktu yang lama dibanding dengan saklar tanpa dipasangi komponen ini.

    2. Pengunci mobil

    Pengunci mobil berfungsi untuk mengamankan arus listrik yang terdapat di dalam mobil. Komponen ini berperan sebagai penghubung dan pemutus arus listrik otomatis.

    3. Saklar switch elektromagnetic

    Fungsi dari switch elektromagnetik adalah sebagai pengendali magnet listrik. Gaya magnet dihasilkan melalui kumparan yang dilalui oleh arus listrik.

    Terminal 30 dan 87 bisa terhubung karena pengaruh gaya magnet yang dihasilkan dari kumparan komponen ini. Gaya Tarik yang bekerja pada magnet membuat kedua terminal tersebut terhubung secara otomatis.

    4. Lampu mobil menyala lebih terang

    Pada pemasangan komponen ini pada mobil,menghambat lajur arus listrik kemudian arus listrik dialirkan secara maksimal.

    sehingga lampu mobil menyala lebih terang dibandingkan mobil yang tidak dipasangi komponen ini pada lampu mobil.

    5. Sebagai pelindung saklar

    Cara kerja komponen ini pada bagian ini yaitu komponen ini akan membentuk saklar kombinasi agar di dalam mobil tidak terasa panas.

    Keuntungan penggunaan komponen ini bagian ini saklar lampu tidak akan meleleh diakibatkan oleh panas.

    6. Tidak Menyedot Banyak Daya

    Tanpa adanya saklar, komponen komponen ini akan menyedot banyak daya, jika dibiarkan terus menerus akan mengurangi fungsi aki.

    Maka peran komponen ini disini sangat penting. komponen ini bisa berfungsi sehingga aliran listrik bisa jadi lebih stabil dan tidak memerlukan banyak daya.

    Dengan demikian  membuat nyala AC menjadi lebih dingin, lampu menjadi lebih terang, dan bunyi klakson menjadi lebih nyaring.

    Cara kerja relay mobil 

    Sebelum melakukan pemasangan komponen komponen ini,pemilik mobil harus memahami komponen komponen ini. Komponen tersebut terdiri oleh beberapa terminal seperti 30, 85, 86, dan 87.

    Cara kerja komponen ini adalah dengan membentuk siklus yang berulang, sehingga aliran listrik kemungkinan besar tidak akan terhambat. Pemasangan komponen ini pada mobil agar arus listrik yang mengalir teratur.

    Komponen elektromagnetik dalam komponen ini menjadikan mobil tidak gampang rusak.

    Jenis-jenis relay mobil

    Pemasangan komponen ini mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Lebih baiknya konsultasi terlebih dahulu ke bengkel resmi agar bisa mengetahui komponen ini yang tepat untuk mobil.

    Berikut merupakan jenis-jenis komponen ini pada mobil:

    1. Relay 3 Kaki

    2. Relay 4 Kaki

    3. Relay 5 Kaki

    4. Relay 8 Kaki

    Memakai jenis relay yang tepat tentu sudah menjadi keharusan karena, memakai jenis relay yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan kebutuhan mobil dapat membuat hubungan pendek atau membuat komponen elektronik yang disambung relay tersebut tidak dapat menyala.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait