Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKenapa Ban Motor Balap Permukaannya Tanpa Alur?

    Kenapa Ban Motor Balap Permukaannya Tanpa Alur?

    Ban motor balap tanpa alur akan bekerja secara optimal hanya di trek kering. 

    Motor balap adalah salah satu jenis kendaraan yang memerlukan performa tertinggi dalam setiap aksinya. Selain mesin, salah satu komponen kunci yang sangat memengaruhi performa motor balap adalah ban. 

    Hal ini karena ban motor balap memiliki berbagai jenis dan spesifikasi yang dirancang untuk mengoptimalkan daya cengkram dan kinerja motor di lintasan balap. Salah satu jenis ban motor balap yang cukup populer adalah ban slick. Atau ban yang permukaannya tanpa alur. 

    Nah, maka dari itu jika kamu sering memperhatikan balap motor MotoGP atau Road Race di Indonesia, ban balap yang digunakan umumnya bertapak tanpa alur. 

    Nah sampai disini, tahukah kamu kenapa ban motor balap dirancang permukaannya tanpa alur?

    Baca juga: Ban Motor Retak, Apakah Berbahaya?

    Menurut Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, (produsen ban IRC), pernah bilang jika ban slick lebih diperuntukkan untuk balap, lantaran daya cengkram akan bekerja lebih maksimal.

    “Karena tidak ada alur kembangan, lebih banyak karet pada ban yang akan kontak dengan permukaan aspal, sehingga daya cengkram menjadi lebih maksimal,” kata Dodi.

    Tetapi bukan berarti ban slick ini tidak memiliki kekurangn. Karena saat cuaca basah, ban slick dapat menjadi berbahaya karena tidak mampu membuang air dengan efisien.

    Karena pada umumnya, alur kembangan pada ban biasanya berfungsi untuk mengevakuasi air dengan cepat ketika motor melintasi lintasan yang basah. Efeknya ketika ban tidak memiliki alur kembangan, si karet bundar ini menjadi rentan terhadap aquaplaning atau kehilangan daya cengkramnya karena tidak adanya jalur pembuangan air.

    Baca juga: Cara Aman dan Nyaman Ganti Ban Motor Matic Supaya Terlihat Keren

    “Maka dari itu ban ini hanya cocok untuk kondisi lintasan trek kering, dan tidak direkomendasikan untuk penggunaan dalam kondisi trek basah, kerikil, tanah atau hujan,” tambah Dodi.

    Motor balap 2

    Ban slick tidak untuk harian

    Dalam penggunaan harian, sebaiknya pilihlah ban motor yang direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari. 

    Alias bisa digunakan untuk kondisi jalan basah, mau pun kering.  Hal ini karena cuaca saat berkendara harian dapat berubah dengan cepat, dan ban yang sesuai dengan kondisi cuaca akan meningkatkan keselamatan kamu dalam perjalanan. 

    Jadi, meskipun ban slick memiliki keunggulan dalam balapan, bukan berarti akan lebih baik jika dipakai di harian di jalan raya.  

    Oya, sebagai informasi tambahan, ban slick juga memiliki indikator keausan berupa lubang atau cekungan pada tapaknya. Jika keausan ban sudah mencapai tanda tersebut, ban harus segera diganti. 

    Baca juga: Tips Memperpanjang Usia Ban Motor Agar Selalu Aman Ketika Berkendara

    Oleh karena itu, mungkin kamu sering lihat di arena balap, meskipun ban slick memiliki daya cengkram yang maksimal, pembalap cenderung mengganti ban dengan yang baru untuk memastikan performa terbaik dalam setiap aksinya.

    Di OLX kalian juga bisa mendapatkan berbagai jenis dan merek ban yang dijual. Silahkan akses platform OLX dengan cara mengunduh di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait