Simak spesifikasi Honda RC213V, motor bertenaga tinggi di MotoGP, lengkap dengan teknologi inovatifnya.
Tak bisa dipungkiri, Honda RC213V adalah salah satu motor balap paling sukses dalam sejarah MotoGP. Dirancang dengan fokus pada performa dan stabilitas, motor ini menjadi alasan Honda berhasil mendominasi berbagai podium dan kejuaraan dunia.
Sejak diperkenalkan pada 2012, Honda RC213V terus berevolusi mengikuti perkembangan regulasi dan tuntutan MotoGP. Simak spesifikasi detail motor yang sudah mengantarkan Honda mewujudkan banyak prestasi gemilang.
Spesifikasi Honda RC213V
Spesifikasi teknis Honda RC213V ini dapat kamu perhatikan tabel berikut:
Spesifikasi | Nilai | Satuan |
Panjang | 2052 | mm |
Lebar | 645 | mm |
Tinggi | 1110 | mm |
Jarak Sumbu Roda | 1435 | mm |
Jarak ke Tanah | 115 | mm |
Berat | 157-169 | kg |
Tipe Mesin | V-4, 4 tak, DOHC 4 katup, berpendingin cairan | – |
Kapasitas Mesin | 1000 | cc |
Tenaga Maksimum | 241 | hp |
Jenis Rangka | Aluminium twin-tube | – |
Ukuran Roda (Depan & Belakang) | 17 | inci |
Suspensi Depan | Fork teleskopik | – |
Suspensi Belakang | Pro-link | – |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 22 | liter |
Desain dan Sasis
Honda RC213V memiliki sasis twin-spar. Rangka ini menggunakan dua batang aluminium untuk menghubungkan bagian depan dan belakang motor. Honda memilih rangka ini yang, walau ringan, nyatanya mampu menahan tenaga besar dari mesin RC213V.
Baca Juga: Cek Motor Honda Terbaru Tahun 2024 & Spesifikasinya
Modifikasi pada sasis ini bertujuan agar motor lebih lincah di tikungan namun tetap stabil, apalagi saat melaju di kecepatan tinggi. Selain kuat, sasis twin-par ini juga amat fleksibel.
Fleksibilitas terkontrol ini dimaksudkan untuk memaksimalkan grip ban, lebih-lebih lagi ketika motor melaju di lintasan yang menuntut traksi tinggi di tikungan.
Suspensi
Suspensi Öhlins memainkan peran penting dalam performa motor Honda RC213V. Öhlins sendiri adalah produsen suspensi kelas atas yang sering berkiprah di ajang balap lantaran menawarkan performa dan presisi tinggi.
Kerennya, Öhlins dan HRC terus berkolaborasi untuk menyempurnakan pengaturan suspensi mereka. Dengan begitu, motor senantiasa kompetitif dan bisa beradaptasi dengan perubahan regulasi atau kondisi lintasan.
Mesin
Di sisi lain, mesin Honda RC213V berkapasitas 1000cc. HRC mengklaim mesin ini sanggup bertahan untuk seluruh musim balap 2024, yang terdiri dari 21 balapan utama dan 21 balapan sprint.
Baca Juga: 20 Rekomendasi Oli Motor Matic Tahun 2024
Selain itu, di musim 2024, HRC terus melakukan sejumlah peningkatan demi menyempurnakan performa keseluruhan mesin. Fokusnya melingkupi:
- Akselerasi: Memastikan motor bisa berakselerasi dengan cepat dari posisi diam atau keluar dari tikungan.
- Top Speed: Meningkatkan kecepatan maksimum supaya motor lebih gesit di lintasan lurus.
Di samping meningkatkan tenaga dan akselerasi, HRC juga mengurangi bobot mesin. Barulah motor melesat gesit dan lebih gampang dikendalikan, khususnya di tikungan.
Rem
Dari segi rem, Honda RC213V memakai rem depan berbahan karbon buatan Brembo. Rem karbon ini amat cakram. Artinya, pembalap dapat mengerem dengan keras dan presisi bahkan sebelum memasuki tikungan.
Sementara itu, teknisi Honda biasanya memilih rem baja dalam kondisi hujan sebab jenis rem ini lebih andal di suhu rendah. Pasalnya, rem karbon butuh suhu tinggi agar bekerja efektif, sedangkan baja lebih konsisten di berbagai kondisi.
Baca Juga: Biaya Balik Nama Motor & Ganti Plat Terbaru
Teknisi juga menambahkan penutup eksternal atau saluran pendingin untuk mengatur suhu rem, baik di kondisi kering maupun basah. Penambahan tersebut berguna untuk mencegah overheating sekaligus underheating.
Ban
Bicara soal ban, sudah pasti bahwa semua motor di MotoGP, tidak terkecuali Honda RC213V, menggunakan ban dari Michelin. Alasannya karena Michelin merupakan pemasok eksklusif untuk seluruh tim di MotoGP.
Akan tetapi, HRC menyesuaikan pengaturan ban mengikuti tata letak sirkuit dan permukaan lintasan yang berbeda-beda. Misalnya, untuk sirkuit dengan banyak tingkungan tajam atau trek lurus panjang, mereka akan menyematkan ban dengan traksi tinggi. Tidak hanya itu, kondisi aspal juga menentukan jenis ban.
HARGA MOTOR PCX BEKAS DIBAWAH RP30 JUTA
Mau upgrade barang tapi ogah keluar duit banyak? OLX Pusatnya Nge-Deal solusinya! Eksplor ribuan pilihan barang dari berbagai kategori, dari gadget, sepeda, sampai baju vintage yang lagi tren. Bukan cuma itu, kamu juga bisa jual barang lama. Buruan cek sekarang. Simple aja di OLX!