Toyota semakin gencar menghadirkan mobil bergaya sport. Kali ini, merek mobil Jepang tersebut secara resmi melakukan world premiere pada New Toyota GR 86.
Ya, ubahan pada Toyota GR 86 terbaru ini memang mirip dengan Subaru BRZ yang sudah terlebih dahulu meluncur. Maklum, keduanya memang sudah melakukan kerja sama, sehingga jadi seperti kembar.

Meski keduanya memang mirip, namun kedua pabrikan ini memberikan beberapa ciri yang berbeda, termasuk sensasi ketika di balik kemudi. Selain itu, bagi Toyota, kehadiran GR 86 bisa mengobati rasa rindu bagi fans Toyota 86 dengan wujud yang berbeda.
New Toyota GR 86 sendiri sejatinya merupakan mobil Sport hasil pengembangan dari Toyota Gazoo Racing (TGR), yang juga sudah menelurkan GR Supra dan GR Yaris.
Seperti dilansir situs resmi Toyota, GR 86 terbaru ini dirancang khusus untuk memberikan desain yang sporty serta mampu memberikan performa berkendara tingkat tinggi yang memuaskan.
Nah, kalau OLXer mau tahu apa saja kelebihan dari New GR 86 berikut ulasannya:
Eksterior

Secara tampilan menyeluruh, Toyota GR 86 ini menampilkan ciri khas sebuah mobil bermesin depan dan berpenggerak roda belakang.
Mobil ini juga membatasi dimensi tingginya dan terlihat lebih rendah untuk memberikan gaya gravitasi agar meningkatkan kinerja mobil saat melalui kelokan, namun tetap lincah Ketika dipacu.
Beberapa komponen tambahan juga disematkan seperti air outlets, side sill spoilers, dan lainnya demi menunjang aerodinamis.
Mobil ini juga memiliki bagian depan yang dilengkapi dengan GR-specific Functional Matrix Grille.
Nah, salah satu yang membuat Toyota GR 86 dan Subaru BRZ ini adalah desain depanya, termasuk gril, dan saluran udara bagian depan dan sampin. Akan tetapi keduanya dilengkapi dengan lampu LED.

Oia, mobil ini sudah menggunakan panel bermaterial aluminium pada bagian atap agar menghasilkan gravitasi yang lebih rendah dan bobotnya juga menjadi lebih ringan.
Interior

Masuk ke dalam kabin, aura sporty sangat terasa berkat penggunaan warna hitam dan merah pada jok, lingkar kemudi hingga door trim.
Toyota GR 86 ini sudah menyematkan panel instrumen horizontal yang memiliki sejumlah tombol canggih beraneka ragam fungsi, sehingga terlihat keren dan modern. Hal ini pula bisa memanjakan pengemudi dan penumpang.
Selain itu, system hiburan pada mobil ii berupa head unit layar sentuh TFT berukuran 7 inci terbaru.
Mesin

Untuk jantung pacu, Toyota GR 86 sudah disematkan mesin empat silinder baru berkapasitas 2,4L yang diklaim mampu memuntahkan daya 231 tenaga kuda pada 7.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 3.700 rpm.
Dengan mesin tersebut, di atas kertas akselerasi mobil ini dari 0-100 km per jam hanya memerlukan waktu 6,3 detik.
Berikut detail spesifikasinya:
Length | [mm] | 4,265 | ||
Width | [mm] | 1,775 | ||
Height*1 | [mm] | 1,310 | ||
Wheelbase | [mm] | 2,575 | ||
Front track | [mm] | 1,520 | ||
Rear track | [mm] | 1,550 | ||
Minimum ground clearance | [mm] | 130 | ||
Curb weight*2 | [kg] | 1,270 | ||
Engine | Horizontally opposed four-cylinder Direct fuel injection and port injection system TOYOTA D-4S | |||
Bore x stroke | [mm] | 94.0 x 86.0 | ||
Total displacement | [liters] | 2.387 | ||
Compression ratio | 12.5 | |||
Driveline | Rear-wheel drive | |||
Transmission | 6-speed manual transmission or 6-speed automatic transmission | |||
Maximum output | [kW (PS)/rpm] | 173(235)/7,000 | ||
Maximum torque | [N・m (kgf・m)/rpm] | 250(25.5)/3,700 | ||
Maximum | [rpm] | 7,400 | ||
Suspension | Front | MacPherson Strut | ||
Rear | Double wishbone | |||
Brakes | Front | V disk | ||
Rear | V disk | |||
Tires (front/rear) | 215/40 R18 | |||
Fuel tank | [liters] | 50 |