Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriKeseruan Nobar MotoGP Valencia Bareng Pertamina Lubricants

    Keseruan Nobar MotoGP Valencia Bareng Pertamina Lubricants

    Menyambut kerjasama antara Pertamina Enduro bersama tim balap VR46 Racing Team di MotoGP, PT Pertamina Lubricants menggelar acara nonton bareng NoBar MotoGP Valencia 2023 bersama komunitas motor.

    News.OLX – Acara nobar diawali dengan kegiatan city ride berkeliling Jakarta yang diikuti 200 lebih pecinta otomotif dari 10 komunitas roda dua seperti RX King Indonesia, Mionizer, CBR Bekasi, CBR Riders Club Jakarta, Yamaha R25 Owners Indonesia Jakarta, GSX Club Indonesia Jakarta Raya, Honda PCX Club Indonesia Jakarta, Nmax XMAX Riders Jakarta, Vario 160 Riders Indonesia dan Independent Ninja Community Jakarta.

    Sebelum balapan utama MotoGP berlangsung, nobar yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan ini, Pertamina Lubricants menggelar sesi talkshow dengan berbagai influencers di bidang otomotif seperti Sintya Mariska, Okky Adams, The Jakarta Roads serta pengusaha Kusdarmawan Aryo Baskoro (Porto.rio). 

    Pemilihan Oli Berkualitas Kunci Menjaga Performa Motor

    Tema talk show yang diangkat adalah seputar tips and tricks touring serta pemilihan oli yang tepat untuk beragam motor di motor harian, motor balap atau motor modifikasi.

    Seperti Sintya Mariska yang mewakili bikers dari kaum hawa, dimana kali ini ia berbagi pengalaman untuk wanita yang ingin terjun dalam dunia otomotif dan memulai hobi touring.

    “Wanita harus bisa mandiri jika ingin menjelajahi dunia motor. Wanita harus bisa menghadapi tantangan dan menikmati kebebasan berkendara,” ujarnya. 

    “Selain harus kenal dengan motor yang dikendarai, semua harus dipersiapkan dengan matang, mulai dari pakaian keselamatan, perlengkapan darurat, perencanaan rute, hingga perawatan motor seperti periksa ban, oli, dan pastikan tangki bahan bakar terisi penuh,” sambung riders wanita dengan sejuta pengalaman ini.

    Senada dengan hal tersebut, Aribowo Santosa, Brand SEO (Small Engine Oil) Manager Pertamina Lubricants menekankan bahwa pengendara wajib cek segala komponen motor untuk membantu menghindari masalah teknis di tengah perjalanan.

    “Salah pilih oli untuk touring motor bisa memiliki dampak negatif seperti meningkatnya suhu mesin, pelumasan yang tidak optimal sehingga terjadi gesekan berlebih, keausan komponen lebih cepat pada piston, camshaft serta bearing dan secara keseluruhan membuat perjalanan tidak nyaman,” terangnya. 

    Hal ini juga diaminkan oleh Okky Adams, penggemar modifikasi motor. Menurutnya, pemilihan oli jadi salah satu faktor penting dalam merawat motor modifikasi.

    “Kita harus tau modifikasi seperti apa yang dilakukan dan memperhatikan spesifikasi mesin, kemudian pilih oli yang sesuai dengan kondisi penggunaan dan kebutuhan modifikasi. Selain itu kita juga harus tau spesifikasi teknis dari oli, seperti kekentalannya dan aditifnya yang akan memberikan perlindungan ekstra pada mesin modifikasi yang mungkin beroperasi di level performa yang berbeda dari motor biasa,” imbuhnya. 

    Motovlogger dan content creater seputar dunia otomotif dan touring, Raka Pranaya dari TheJakartaRoads menambahkan, “Perhatikan spesifikasi motor, kondisi jalan yang akan dilalui dan jangan lupa cek perkiraan cuaca kemudian pilih oli yang mampu melindungi mesin dari berbagai suhu sampai yang ekstrim sekalipun karena oli yang tepat akan memberikan perlindungan ekstra pada perjalanan jarak jauh.”

    Banyak Varian Pelumas Ditawarkan Pertamina Enduro

    Disambung Aribowo Santosa, saat ini Pertamina Enduro memiliki formulasi yang canggih untuk ketahanan motor, dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal pada mesin, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan memperpanjang umur mesin.

    “Kami memiliki 8 varian oli mesin dan 1 oli gardan mulai dari Enduro 4T, Enduro 4T Sport, Enduro 4T Racing, Enduro Matic Series, sampai Enduro Gear. Semua varian oli kami telah disesuaikan dengan setiap teknologi mesin motor dan diperuntukkan untuk setiap kondisi jalanan, bahkan yang ekstrim sekalipun,” ungkap Aribowo.

    Varian pelumas yang cukup luas ini memberikan banyak pilihan kepada pemilik sepeda motor untuk melakukan penggantian oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi motor masing-masing.

    “Jadikan ini sebagai prioritas para pengguna motor dan ganti oli secara rutin harusnya sudah jadi gaya hidup, terlebih dengan tingginya pengguna motor dan aktivitas bermotor di Indonesia,” tutup Aribowo.

    Keseruan Nobar MotoGP Valencia

    Pertamina Enduro VR46 MotoGP Team

    Selepas talk show berakhir, keseruan balapan MotoGP Valencia yang menjadi seri terakhir di musim balap tahun ini memberikan keseruan tersendiri di antara anggota komunitas yang hadir. 

    Penentuan gelar juara dunia yang harus ditentukan hingga putaran akhir antara Jorge Martin dari tim Prima Pramac Racing dengan Francesco “Pecco” Bagnaia dari Ducati Lenovo Team menjadi cerita seru tersendiri.

    Hasilnya, “Pecco” berhasil meraih gelar juara dunia setelah finish di podium pertama, sementara Jorge Martin gagal finish usai bersenggolan dengan Marc Marquez. 

    Acara nobar pun ditutup dengan bagi-bagi doorprize bagi anggota komunitas yang hadir.

    Dapatkan informasi menarik seputar dunia otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait