Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKeyboard Laptop Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

    Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

    Sering digunakan dapat membuat keyboard laptop kamu mendadak tidak berfungsi. Jangan panik, lihat cara mengatasinya di sini!

    News.OLX – Ketika keyboard laptop mendadak tidak dapat berfungsi, jelas ini sangat mengganggu aktivitas kamu. Pasalnya, pekerjaan yang harus kamu selesaikan jadi terhambat karena papan tombol yang tidak bisa mengetik sama sekali.

    Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ini masih bisa kamu atasi sendiri. Agar lebih jelas, berikut penyebab dan cara mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi.

    Penyebab Keyboard Laptop Tidak dapat Berfungsi

    Ketika papan tombol di laptop kamu tidak dapat berfungsi dengan baik, sumber masalahnya tidak selalu karena ada kerusakan. Bisa jadi, ini disebabkan oleh hal sepele yang tidak kamu sadari seperti berikut ini.

    1. Bagian Bawah Papan Tombol Kotor

    Coba cek bagian bawah papan tombol laptop kamu, apakah terdapat kotoran di sana? Terutama pada button yang tidak berfungsi dengan baik.

    Bila ya, berarti button laptop kamu tidak dapat ditekan atau mengetik akibat ada kotoran yang mengganjal di bagian bawahnya.

    2. Ada Isu Hardware

    Jika setelah kamu cek bagian bawah tombol tidak ada kotoran sama sekali, maka bisa jadi ada isu yang terjadi di bagian hardware.

    Kemungkinan, ada kabel yang putus di jalur koneksi ke motherboard. Bisa juga ini disebabkan oleh papan sirkuit yang mengalami kerusakan. Namun, ini sulit kamu pastikan bila tidak memiliki kemampuan IT.

    3. Ada Isu Software

    Terkadang, OS yang belum ter-update juga dapat penyebab dari masalah keyboard laptop tidak berfungsi. 

    Terkadang juga, ini bisa terjadi akibat ada crash antar program pada laptop kamu. Terutama di bagian yang masih terkait dengan software papan tombol. Sehingga, ini akhirnya mempengaruhi kinerja papan tombol laptop kamu.

    4. Setelan Keyboard Laptop ada yang Salah

    Coba lihat pada setelan pada papan tombol di laptop kamu. Perhatikan, apakah kamu salah memencet sesuatu di papan tombol yang membuat fungsinya tidak aktif.

    Coba lihat juga setting-an di sistem laptop kamu. Karena bisa saja ada setelan di sistem yang membuat fungsi papan tombol jadi tidak aktif.

    5. Tidak Sengaja Tertekan

    Sebagai pengguna, terkadang kamu secara tidak sadar menekan salah satu tombol di laptop terlalu lama. Bisa karena tertekan oleh tangan atau buku yang kamu letakkan di atas papan tombol laptop.

    Ketika tombol tertekan secara lama, ini akan membuat fungsinya tidak aktif karena ada kerusakan di bagian dalam. Hal ini juga dapat terjadi bila baterai laptop mengalami pembengkakan.

    keyboard laptop

    Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

    Bila papan tombol rusak akibat beberapa masalah di atas, ini masih bisa kamu perbaiki sendiri. Berikut beberapa solusi yang bisa kamu coba.

    1. Lepaskan Tombol yang Bermasalah

    Bila penyebabnya karena kotor, kamu bisa lepaskan tombol yang bermasalah dan bersihkan bagian bawahnya.

    Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk memasang ulang tombol yang mengalami macet karena masalah lain di bagian koneksinya.

    2. Reinstall Driver Papan Tombol di Laptop

    Untuk masalah yang timbul akibat pengaturan atau masalah software di laptop, kamu bisa atasi ini dengan melakukan reinstall pada driver-nya.

    Dengan melakukan install ulang, laptop akan mencari kembali file driver untuk papan tombol dan mengembalikannya dalam pengaturan awal. 

    3. Restart Laptop

    Selain melakukan reinstall, kamu juga bisa melakukan restart pada laptop untuk mengulang semua program dan software.

    Terkadang, cara ini juga bisa berhasil untuk mengatasi masalah papan tombol akibat tekanan atau pengaturan yang salah.

    4. Bawa ke Tempat Service

    Seperti yang sudah dijelaskan dalam bagian penyebab, ada masalah yang timbul akibat isu dari hardware laptop.

    Bila seperti ini, sulit untuk kamu atasi sendiri. Karena itu, sebaiknya bawa laptop ke tempat service untuk mengembalikannya dalam keadaan semula.

    Sekian pembahasan tentang penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi.

    Jika kamu ingin mencari jasa service, papan tombol eksternal atau peralatan lainnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait