Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKomparasi Honda Mobilio dan BR-V, Mana yang Lebih Cocok Untukmu?

    Komparasi Honda Mobilio dan BR-V, Mana yang Lebih Cocok Untukmu?

    News.OLX – Honda menghadirkan dua mobil multiguna yang mirip namun segmennya berbeda, yaitu Honda Mobilio dan Honda BR-V. Honda Mobilio berada di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dan BR-V pada di segmen crossover.

    Keduanya tak jarang memiliki kemiripan, sebab Honda BR-V dibangun dengan basis Honda Mobilio. Kedua mobil tersebut menampung 7 penumpang dengan 3 baris kursi, serta sama-sama menggunakan mesin 1.500 cc dengan teknologi i-VTEC yang irit namun bertenaga.

    Tidak hanya itu, roda penggerak kedua mobil tersebut juga serupa, yakni menggunakan roda depan. Meskipun banyak kesamaan yang dimiliki kedua mobil tersebut, tentu ada perbedaan yang perlu diketahui dan dipertimbangkan sesuai kebutuhanmu.

    Desain Mobilio vs BR-V

    Jika dilihat sekilas dari desain Mobilio dan BR-V tampak mirip dilengkapi dengan lampu LED juga positioning lampL. Padahal, jika diperhatikan lebih jelas Mobilio tidak memiliki roof rail, sedangkan BR-V sudah dilengkapi di bagian atap mobil.

    Tidak hanya itu, dimensi bodi mobilnya pun berbeda. Mobilio lebih compact dengan dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm dengan jarak sumbu roda 2.650 mm. BR-V memiliki dimensi yang lebih lebar dari Mobilio.

    Honda BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm. Jarak antar sumbu rodanya pun sebesar 2.662 dengan berat kosong 1.208 mm. Dimensi kabin BR-V yang lebih besar pun membuat mobil ini terasa sedikit lebih lega.

    Pelek yang digunakan Mobilio pun lebih kecil dengan ukuran 185/65 R 15 sedangkan BR-V 190/60 R16. Tentunya ukuran roda yang berbeda akan mempengaruhi ground clearancenya, Mobilio setinggi 189 mm dan BR-V lebih tinggi, yakni 210 mm.

    Penggunaan ban yang lebih besar selain berpengaruh pada tinggi ground clearance juga mempengaruhi kenyamanan penumpang. Hal ini dikarenakan semakin tinggi kolong maka akan semakin kecil kemungkinan mentok kolong saat berada di jalan yang bergelombang.

    Interior Mobilio vs BR-V

    Bagian interior Honda Mobilio dan Honda BR-V juga memiliki kemiripan, yakni dilengkapi dengan head unit 8 inci, AC Digital, audio steering switch, dan kabin yang didominasi dengan warna hitam untuk varian tertinggi dari masing-masing mobil.

    Kedua head unit milik mobil tersebut mendukung koneksi smartphone melalui aplikasi WebLink. Pengemudi dapat mengakses beberapa fitur smartphone melalui head unit seperti YouTube, Navigasi (Waze), atau browser.

    Honda Mobilio dengan varian tertinggi, joknya masih berbalut fabric atau kain. Sedangkan BR-V untuk varian tertinggi sudah menggunakan jok kulit. Tentunya jok kulit menjadi nilai plus bagi kamu yang sering membawa keluarga, karena jok kulit jauh lebih mudah dibersihkan ketimbang jok fabric.

    Mesin sama, tenaga beda

    Dengan basis yang sama, Honda Mobilio dan BR-V menggunakan jenis mesin dan transmisi yang serupa yaitu mesin L15Z 1.5L I4 i-VTEC. Mesin ini dikenal cukup bertenaga meskipun kapasitasnya kecil dan mampu meminimalisir konsumsi konsumsi bahan bakar.

    Perbedaannya terletak pada sisi outputnya. Honda Mobilio dengan mesin 1.5L L15Z i-VTEC I4 yang mampu mengeluarkan tenaga 118 PS pada 6.600 dan torsi maksimalnya sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm.

    Sedangkan BR-V memiliki mesin yang mampu menghasilkan tenaga hingga 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi mencapai 145 Nm di putaran 4.600 rpm. Meskipun selisih 2 PS, hal ini tidak berpengaruh signifikan mengingat dimensi BR-V yang lebih besar.

    Perbedaan harga Mobilio dan BR-V

    Perbedaan terakhir antara Mobilio dan BR-V yang paling nampak ada pada harganya. Honda Mobilio dibanderol dengan harga baru mulai dari Rp 235 jutaan. Sedangkan Honda BR-V generasi pertama dibanderol mulai dari Rp 287 jutaan.

    Jika ditanya lebih baik memilih Mobilio atau BR-V, hal ini bisa dilihat dari kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Untuk penggunaan dalam kota dengan dominasi perjalanan di aspal, maka kamu cukup memilih Mobilio karena memiliki dimensi yang lebih ringkas.

    Sebaliknya, jika kamu membutuhkan mobil yang bisa diandalkan untuk di luar kota dengan akses jalan yang kurang baik, maka kamu bisa memilih BR-V.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait