Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKopling Mobil: Cara Kerja, Fungsi, Jenis, dan Perawatan

    Kopling Mobil: Cara Kerja, Fungsi, Jenis, dan Perawatan

    Kopling mobil adalah komponen penting untuk transmisi manual. Kopling mobil adalah salah satu komponen mobil yang menghubungkan roda gigi transmisi dan poros engkol agar roda belakang kendaraan bisa bergerak.

    News.OLX – Komponen ini terdiri dari dua jenis, yaitu kopling mobil manual dan kopling mobil otomatis. Kedua jenis kopling mobil tersebut pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, hanya saja terdapat perbedaan dalam cara kerjanya.

    Cara kerja kopling mobil

    Secara garis besar, cara kerja kopling yaitu memutus dan menyambung tenaga dari mesin ke transmisi gigi. Cara kerja dibedakan pada dua kondisi:

    1. Ketika pedal kopling ditekan

    Ketika pedal ditekan, kopling mobil akan memutus putaran dari mesin ke transmisi. Dalam kondisi ini, release fork menekan release bearing sehingga tidak ada lagi putaran mesin yang dilanjutkan ke transmisi.

    2. Ketika pedal kopling dilepas

    Sementara pada saat pedal dilepaskan, kopling mobil akan bekerja dengan cara menghubungkan langsung antara putaran mesin dengan transmisi.

    Release bearing yang terdapat pada kopling tidak akan menekan pegas clutch cover, sehingga akan membuat plat penekan clutch cover melakukan tekanan serta jepitan pada clutch disc. Jika hal itu terjadi, tenaga pada mesin akan langsung terhubung pada transmisi.

    Fungsi kopling

    Setelah mengetahui cara kerja kopling, selanjutnya hal yang perlu kamu ketahui adalah fungsi kopling.

    Fungsi utama dari kopling mobil adalah untuk menghentikan berbagai transmisi ke poros penggerak, sehingga bisa mengganti bagian persneling mobil. Selain itu, kopling juga memiliki fungsi sebagai berikut:

    1. Menghentikan mobil tanpa perlu mematikan mesin, misalnya saat berada dalam kemacetan atau di lampu merah.

    2. Memudahkan pengendara mobil saat perpindahan gigi, sehingga pergerakan mobil yang  sedang berjalan akan tetap halus.

    3. Membantu mengangkat mesin saat mobil hendak melaju, sehingga pergerakannya lebih halus dan lancar.

    4. Menunjang performa pengereman ketika sedang berkendara lewat engine brake.

    5. Memutuskan dan menghubungkan putaran mesin yang menuju transmisi.

    6. Memutuskan dan menyambungkan tenaga mesin roda lewat transmisi.

    Jenis-jenis kopling mobil

    Terdapat beberapa jenis kopling mobil, berikut di antaranya:

    1. Kopling manual

    Kopling manual merupakan jenis kopling yang digunakan dengan secara manual, dengan kata lain pengemudi yang memiliki kendali terhadap kopling tersebut.

    Cara kerja kopling manual ini membuat pengendara bebas mengoperasikan mesin dan kendaraan sesuai dengan kebutuhannya, termasuk mengatur kecepatan.

    2. Kopling otomatis

    Kopling jenis ini memiliki cara kerja sesuai dengan kecepatan putaran poros engkol dengan cara memutus dan menghubungkan poros engkol dengan roda belakang. Kopling mobil otomatis biasanya digunakan pada jenis mobil matic dan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan kopling manual.

    3. Kopling gesek

    Kopling gesek merupakan jenis kopling dengan sistem kerja yang memanfaatkan gaya gesek pada dua piringan kopling saat memindahkan daya. Kopling jenis ini memiliki dua bagian dalam gaya gesek, yaitu kopling piringan dan kopling konis.

    4. Kopling plat ganda

    Kopling plat ganda memiliki bidang dengan kepingan yang jumlahnya banyak atau lebih dari dua buah. Kopling jenis ini biasanya lebih sering digunakan untuk mobil manual karena sistem kerja kopling pada mobil adalah dengan menggesekkan komponen pada mesin.

    5. Kopling plat tunggal

    Kopling plat tunggal hanya memiliki satu piringan saja. Kopling plat tunggal ini lebih banyak digunakan untuk mobil matic dengan kopling otomatis.

    Perawatan kopling mobil

    Merawat kopling mobil ini cukuplah mudah: menghindari penggunaan setengah kopling saat mengemudi, tidak memaksakan mobil untuk menerjang banjir, memeriksa volume minyak rem berkala, penyetelan celah kopling, dan jangan biarkan mobil tidak terpakai di waktu lama.

    Kunjungi OLX atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan informasi terbaru tentang otomotif lainnya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait