Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikManfaat Poles Kaca Mobil Rutin di Musim Hujan

    Manfaat Poles Kaca Mobil Rutin di Musim Hujan

    Temukan beragam manfaat poles kaca mobil di musim hujan agar berkendara terasa aman dan nyaman.

    News.OLX – Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat sensasi berkendara selama musim hujan tetap nyaman dan aman adalah dengan melakukan poles kaca mobil milikmu.

    Jika merasa perawatan ini belum familiar denganmu, maka ketahuilah pengertian, manfaat, dan sejumlah informasi lainnya lebih dahulu!

    Manfaat Poles Kaca Mobil

    Poles kaca mobil adalah salah satu tipe perawatan mobil yang berfokus pada bagian kacanya. Di mana untuk melakukan ini sebaiknya menggunakan tenaga profesional supaya memberikan hasil yang rapi dan memuaskan.

    Tindakan ini memberikan banyak sekali manfaat bagi pengendara mobil, khususnya ketika terjadi hujan. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

    1. Membuat Efek Daun Talas

    Efek daun talas atau water repellent effect melalui pemolesan pada kaca mobil ini akan bekerja seperti permukaan daun talas. Di mana jika ada hujan atau air yang menetes ke bagian kaca depan, maka airnya secara otomatis tergelincir jatuh atau turun.

    Efek inilah yang akan sangat membantu kamu saat berkendara ketika hujan turun. Dengan begitu, tugas wiper pada kaca pun akan semakin ringan dan terhindar dari embunan kaca.

    2. Penghalau Jamur pada Kaca

    Ketika melakukan poles kaca mobil akan ada sebuah proses bernama glass scrub, yaitu langkah untuk menyingkirkan kotoran dan jamur yang berada di lapisan cat mobil sebelum pemolesan dilakukan.

    Cara melakukan glass scrub ini adalah dengan melakukan pemolesan permukaan kendaraan menggunakan kain khusus ataupun grinder.

    3. Mencegah Kotoran Menempel di Kaca

    Ketika melakukan pemolesan kaca, pihak profesional akan mengikutsertakan sebuah proses bernama IPA (IsoPropyl Alcohol).

    IPA ini memanfaatkan cairan alkohol, di mana proses ini bertujuan menghilangkan sisa kotoran atau minyak yang menempel pada kaca.  Sisa minyak pada konteks ini adalah residu pada proses glass scrub.  

    4. Menghilangkan Baret

    Kaca depan yang mengalami baret dapat membuat pandangan kamu selama berkendara menjadi buram dan mengganggu kenyamanan berkendara. Dengan melakukan proses pemolesan ini, maka risiko baret di kemudian hari dapat kamu kurangi.

    5. Meningkatkan Estetika

    Terakhir, mobil yang sudah mendapatkan poles kaca mobil pasti akan memiliki penampilan yang lebih rapi dan cantik. Sebab, kaca mobilmu bebas dari jamur, bercak air, dan kotoran lainnya.

    poles kaca mobil (1)

    Jangan Terlalu Sering Memoles Kaca

    Meskipun ada banyak manfaat poles kaca mobil ketika musim hujan, namun tindakan ini sebaiknya tidak terlalu sering kamu lakukan.

    Sebab, jika terlalu sering melakukan pemolesan, maka lapisan kaca paling luar mobil akan tergerus dan tidak mampu lagi menerima pantulan cahaya matahari secara optimal.

    Dengan menipisnya kaca, maka dalam jangka panjang efeknya akan lebih buruk. Akhirnya, uang yang dikeluarkan untuk servis atau mengganti kaca ini pun akan lebih banyak.

    Oleh karena itu, pertimbangkanlah dengan matang agar tidak membuatmu menyesalinya di kemudian hari.

    Cara Merawat Kaca yang Telah Dipoles

    Jika tetap memutuskan melakukan pemolesan kaca ini, maka pastikan untuk merawatnya dengan baik agar daya tahan polesan tersebut bisa awet atau lama.

    Pastikanlah untuk merawatnya dengan cara rutin membersihkan kaca agar kebersihan mobil dapat tetap terjaga. Sebab, kaca ini sangat mudah terkena debu, kotoran, serta air.

    Jika tidak membersihkannya, maka berbagai kotoran tersebut akan menempel dan lebih sulit dibersihkan. Apalagi jika kotoran yang menempel tersebut tergolong membandel, seperti getah dan jamur.

    Nah, jika sudah tahu manfaat hingga tips merawat hasil poles kaca mobil tersebut, kamu bisa cek laman OLX untuk temukan banyak penawaran menarik dari berbagai kategori otomotif dan lainnya. Unduh juga aplikasi OLX di  Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait