Mesin 1.200cc Turbo? Atau mesin 1.500cc Turbo? Or even EV? Spesifikasi – spesifikasi tersebut tentu sudah sering kita dengar belakangan ini. Dengan tren elektrifikasi dan efisiensi, mesin mobil sekarang seolah menyusut demi berlomba lomba mengejar efisiensi.
EV pun semakin merangsek ke dunia otomotif Indonesia, seolah tanpa ragu menghajar semua lini market di Indonesia. Sebenarnya, tren ini bukanlah hal yang buruk, ini adalah bukti dimana manusia semakin memikirkan masa depan dan krisis bahan bakar yang sangat mungkin terjadi kedepannya.
Namun dibalik semua pabrikan yang mengejar efisiensi tersebut, ada satu brand yang seolah punya idealismenya sendiri. Ya, tidak lain dan tidak bukan brand tersebut adalah Mazda.
Pabrikan yang berkantor pusat di Hiroshima, Jepang ini baru baru saja meluncurkan Mazda CX-60 untuk pasar Indonesia. Mobil ini berformat medium-premium SUV dengan mesin longitudinal dan penggerak AWD.
Di tengah lautan SUV modern yang kian homogen dan terobsesi dengan efisiensi, Mazda CX-60 hadir bagaikan ‘angin segar’, membangkitkan kembali gairah para petrolhead sejati. SUV ini bukan sekadar moda transportasi, melainkan sebuah karya seni otomotif yang memadukan kemewahan, performa memukau, dari filosofi “Jinba Ittai” Mazda yang tak lekang oleh waktu.
Mazda CX-60: A Real Manifestation of “No Replacement for Displacement”
CX-60 merupakan SUV mid-size premium yang menandakan era baru bagi Mazda. Dibangun di atas platform Scalable Architecture terbaru, CX-60 menawarkan kombinasi sempurna antara performa, kemewahan, dan kenyamanan.
Jantung pacunya adalah mesin bensin hybrid-turbo 6-silinder segaris e-SKYACTIV-G 3.3 liter yang menghasilkan tenaga 284 hp dan torsi 450 Nm. Tenaga ini disalurkan melalui transmisi otomatis 8-percepatan ke semua roda (AWD), menghadirkan akselerasi yang memukau serta handling yang tajam.
Bagi para petrolhead, CX-60 bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan. Mesin 6-silindernya menghasilkan suara merdu yang memanjakan telinga, dan handling-nya yang presisi serta responsif membuat pengemudi merasa terhubung dengan mobil. CX-60 bukan hanya cepat, tapi juga menyenangkan untuk dikendarai.
Dimana lagi ada pabrikan mobil masspro yang cukup gila mengeluarkan medium SUV berkapasitas diatas 3.000cc dengan mesin 6 silinder di tahun 2024? Hanya Mazda yang berani.
Menariknya lagi, meskipun mobil ini ber-displasemen cukup besar, konsumsi bahan bakarnya cenderung hemat. Menurut uji pengetesan, ia bisa memperoleh konsumsi BBM 1:9-10 di rute dalam kota dan bisa mencatatkan 1:12-14 untuk rute luar kota. Who said powerful and big engine cannot be efficient?
Mazda CX-60: Simfoni Kemewahan dan Gairah di Atas Aspal
Namun, CX-60 bukan hanya tentang performa. Interiornya dirancang dengan penuh kemewahan dan keramahan pengguna. Materialnya berkualitas tinggi dengan balutan nappa leather, dan desainnya minimalis namun elegan dan sangat driver-oriented.
Kursi depan dirancang untuk memberikan kenyamanan optimal dalam perjalanan jauh, dan ruang kabinnya cukup lapang untuk menampung lima orang dewasa dengan nyaman.
Teknologi juga menjadi fokus utama dalam CX-60. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti Mazda Connect generasi terbaru dengan layar sentuh 12,3 inci, heads-up display, dan sistem audio Bose 12-speaker. Fitur-fitur ini meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara.
Tentunya bukan Mazda jika fitur yang diberikan hanya berfokus kepada hiburan saja, karena Mazda tahu, hiburan yang sebenarnya terletak di kesenangan berkendara, bukan gimmick layar besar dan audio yang ciamik saja.
Sebut saja fitur Driver Personalisation System, dimana sistem ini mampu menyesuaikan posisi berkendara seoptimal mungkin sesuai postur dan tinggi badan. Sistem ini juga bekerja dengan cara yang sangat canggih, yaitu menggunakan face recognition system dimana mobil akan membaca level tinggi mata pengendara dan menyesuaikan posisi setir dan kursi seoptimal mungkin untuk mencapai kesenangan berkendara yang paripurna.
Selain itu mobil ini juga punya fitur Kinematic Posture Control yang bekerja dengan cara mendeteksi G-Force di setiap roda, ketika berbelok ekstrim dengan kecepatan tinggi, sistem ini akan mendeteksi roda mana yang mendapat input G-Force paling besar dan akan mengerem di bagian dalam rodanya untuk mengurangi body-roll sehingga mobil tetap stabil meskipun melahap tikungan ekstrem dengan kecepatan tinggi.
CX-60 bukan hanya sebuah mobil, melainkan sebuah pernyataan. Ini adalah bukti bahwa Mazda masih berani untuk berbeda, untuk mengejar cita-citanya akan kesempurnaan berkendara, bahkan di era yang didominasi oleh efisiensi dan kepraktisan. CX-60 adalah api utopia Mazda yang terus menyala abadi, membangkitkan kembali gairah para petrolhead dan mengingatkan kita bahwa mengemudi bukan hanya tentang mencapai tujuan, tetapi juga tentang menikmati perjalanan.
Lebih dari Sekadar Mobil, Tapi Sebuah Manifesto
Mazda CX-60 bukan hanya sebuah mobil, melainkan sebuah manifesto atas filosofi Mazda yang tak tergoyahkan. Di tengah tren industri otomotif yang terfokus pada efisiensi dan kepraktisan, CX-60 berani untuk berbeda. Mobil ini adalah bukti bahwa Mazda masih percaya pada kenikmatan berkendara, pada gairah yang tercipta saat manusia dan mobil menjadi satu.
Kesimpulan
Mazda CX-60 adalah SUV mid-size premium yang menawarkan kombinasi sempurna antara performa, kemewahan, kenyamanan, teknologi, dan filosofi “Jinba Ittai” Mazda yang tak lekang oleh waktu. Bagi para petrolhead, CX-60 adalah mimpi yang menjadi kenyataan dan oase di tengah gurun. Bagi mereka yang mencari pengalaman berkendara yang tak terlupakan, CX-60 adalah jawabannya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan dan merasakan secara langsung bagaimana ciamik-nya masterpiece Mazda yang satu ini, kunjungi booth Mazda Indonesia by Eurokars Motor Indonesia di gelaran otomotif terbesar di Asia Tenggara GIIAS 2024 tanggal 18-28 Juli 2024!
Untuk informasi menarik lain, kamu bisa cek OLX. Untuk akses mudah, download saja aplikasinya di Google Play Store atau App Store.