Kamis, Mei 15, 2025
Lainnya
    Tips & TrikMemanaskan Mesin Motor Sebelum Dipakai, Apakah Masih Perlu?

    Memanaskan Mesin Motor Sebelum Dipakai, Apakah Masih Perlu?

    Memanaskan motor injeksi cukup hanya 1 menit.

    News.OLX – Pemandangan pemilik motor matic yang memanaskan mesin kendaraannya di pagi hari sebelum digunakan bukanlah hal yang jarang terjadi. 

    - Advertisement -

    Beberapa bahkan mengengkol motornya dalam kondisi mati sebelum akhirnya menghidupkannya. 

    Tetapi, apakah memanaskan mesin motor masih perlu? Apalagi di jaman-jaman modern seperti saat ini dimana motor sudah mengadopsi teknologi injeksi.

    - Advertisement -

    Memanasi motor tetap diperlukan

    Honda melalui laman resmi Wahana mengatakan memanasi mesin motor sebelum dipakai tetap perlu dilakukan.

    Menurut Honda proses ini diperlukan agar beberapa bagian dalam mesin mendapatkan pelumasan yang cukup dan siap digunakan.

    - Advertisement -

    Apa lagi aktivitas memanaskan mesin terutama penting untuk motor yang masih menggunakan sistem karburator, dibandingkan dengan yang telah menggunakan sistem Fuel Injection (FI/injeksi).

    Alasan utama memanasi mesin adalah karena saat mesin tidak digunakan dalam waktu lama, oli di dalam mesin menjadi dingin.

    Penggunaan motor tanpa memanasi mesin dapat menyebabkan pergesekan antar komponen yang belum terlumuri oli, berpotensi menyebabkan masalah pada mesin.

    Mesin motor (1)

    Waktu yang diperlukan untuk memanaskan mesin motor

    Baik motor dengan sistem karburator maupun FI tetap memerlukan pemanasan sebelum digunakan, meski dengan durasi yang berbeda.

    Motor karburator sebaiknya dipanasi maksimal 3 menit, sementara motor injeksi cukup dipanasi antara 30 detik hingga 1 menit.

    Perbedaan ini disebabkan oleh sistem stasioner otomatis pada motor injeksi, yang memungkinkan sirkulasi oli dengan lebih efisien.

    Memanaskan mesin motor tidak perlu lama

    Memanasi motor terlalu lama, baik yang menggunakan sistem karburator maupun FI, tidak disarankan.

    Proses ini dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar yang tidak perlu, karena mesin akan terus membakar bahan bakar secara sia-sia.

    Selain itu, memanasi motor dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan knalpot menguning, leher knalpot berubah warna, dan mika lampu menjadi buram karena panas yang berlebihan.

    Kalau engkol motor?

    Mengengkol motor sebelum menghidupkannya bukan masalah, tetapi perlu dihindari mengengkol secara berlebihan.

    Melakukan ini dapat menyebabkan penumpukan bensin pada mesin, yang pada akhirnya akan terbakar secara berlebihan saat motor dinyalakan, menciptakan efek “tembakan” pada knalpot.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    Populer.
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait