Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    MobilMembandingkan Dua Mobil Listrik Besutan China, Wuling Cloud EV dan BYD Dolphin,...

    Membandingkan Dua Mobil Listrik Besutan China, Wuling Cloud EV dan BYD Dolphin, Mana yang Terbaik?

    Wuling Cloud EV hadir sebagai pesaing dari mobil listrik China lainnya, yakni BYD Dolphin. Meski belum memastikan harga jual dari Cloud EV, namun banyak pihak yang menyatakan mobil listrik terbaru dari Wuling Motors ini bakal dibanderol sekitar 400 jutaan rupiah.

    News.OLX – Wuling Motors akhirnya mulai membuka keran pesanan terhadap model listrik terbarunya, yakni Cloud EV. Kehadirannya bisa dipastikan untuk menantang langsung produsen mobil listrik asal China lainnya, yakni BYD yang saat ini juga sudah merilis sekaligus tiga modelnya, Dolphin, Atto 3 dan Seal.

    Wuling Cloud EV sempat disebut bakal dijual di kisaran harga Rp400 jutaan, itu artinya bakal sangat mepet dengan harga dari BYD Dolphin.

    Tentu banyak yang penasaran, mending pilih mana, Cloud EV atau Dolphin. Disini coba kami paparkan perbandingan keduanya secara spesifikasi. Selanjutnya tinggal Anda yang menentukan, mending beli ‘Awan’ atau ‘Lumba-Lumba’?

    Perbandingan Harga Wuling Cloud EV dengan BYD Dolphin

    wuling cloud ev
    Wuling Cloud EV saat diperkenalkan pertama kali di Indonesia lewat ajang GIIAS 2023 (Zie)

    Sampai saat ini Wuling Motors memang belum mengumumkan secara resmi harga dari Cloud EV, mobil listrik yang sudah diperkenalkan di pameran otomotif tahun lalu.

    Akan tetapi sudah banyak yang memberitakan jika harga estimasi dari model listrik ketiga Wuling Motors di Indonesia ini, setelah Air EV dan Binguo EV berkisar di angka Rp410 juta.

    Namun kembali lagi, ini masih harga perkiraan yang kemungkinan masih bisa naik atau turun. Layak ditunggu sampai pengumuman harga resminya tiba. 

    Harapan dari Wuling Motors sendiri, harga ini bisa menjadi harga terbaik yang bisa mereka tawarkan kepada konsumen di Indonesia. 

    Sementara itu, BYD Dolphin yang menjadi model entry level BYD di segmen mobil listrik juga ditawarkan dengan harga Rp425 juta (OTR Jakarta). 

    Dan jika tidak terjadi perubahan dari harga kisaran CLoud EV, dipastikan mobil listrik terbaru Wuling Motors ini akan lebih murah Rp15 jutaan.

    Perbandingan Spesifikasi Teknis Wuling Cloud EV dengan BYD Dolphin

    Jika kamu ingin melihat aspek lainnya dari perbandingan kedua mobil listrik tersebut, maka kamu dapat cek beberapa perbandingan spesifikasi teknis keduanya pada tabel di bawah:

    Spesifikasi

    Wuling Cloud EV

    BYD Dolphin

    Dimensi (p x l x t) 4.295 mm x 1.850 mm x 1.552 mm 4.290 mm x 1.770 mm x 1.570 mm
    Performa 100 kW (136 ps) dengan torsi maksimal 200 Nm 70 Kw – 150 Kw (95 PS – 200 PS) dengan torsi maksimal 180 Nm – 310 Nm
    Baterai Lithium fosfat 37,9 kWh dan 50,6 kWh BYD Blade Battery lithium fosfat
    Jarak tempuh maksimum 460 km dan 505 km 410 km dan 490 km
    Pengisian daya Arus DC, dengan pengisian 30% – 80% selama 30 menitan AC (11 Kw), dengan pengisian 30% – 80% selama 29 menitan

    Perbandingan Eksterior

    Wuling Cloud EV hadir dengan desain elegan, ringan serta dinamis. Mobil ini memakai garis desain yang streamline dan ban 215/55 R18, sehingga menampilkan konsep mobil yang modern sekaligus estetik.

    Sementara BYD memiliki tampilan lebih tegas yang memanfaatkan konsep Ocean Aesthetic. Bagian garis di bodi lumayan tajam dan menghadirkan kesan futuristik. Sedangkan pemanfaatan ban 95/60 R16 dan 205/50 R17 membuat mobil terlihat lebih sporty.

    BYD Dolphin

    Dari sektor pilihan warna, BYD menawarkan Dolphin dengan beraneka pilihan warna body. Sementara untuk Wuling Cloud EV masih belum ada keterangan lebih detail.

    Perbandingan Interior

    Beralih ke interior Wuling Cloud EV memiliki dasbor yang diberi sentuhan dwiwarna. Untuk melengkapinya, mobil sudah berisi panel LCD persegi panjang dan head unit 15,6 inci.

    Nah, hal yang paling unik sekaligus menjadi kelebihan Cloud EV adalah desain jok depan belakang yang dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat seperti cloud sofa.

    Wuling Cloud EV
    Interior Wuling Cloud EV menawarkan desain jok yang unik sekaligus terlihat sangat nyaman. Jok depan belakang yang dibuat seperti awan ini menawarkan kenyamanan luar biasa ketika berada di dalamnya (Zie)

    Tentunya ini menawarkan sebuah kenyamanan yang bisa dibilang tidak tertandingi oleh BYD Dolphin. Apalagi, jok uni dari Cloud EV ini pun bisa di adjust kemiringannya sehingga bisa beralih fungsi menjadi cloud bed.

    Di BYD Dolphin sendiri, interiornya menggunakan konsep futuristik, di mana area konsol tengah berkonsentrasi atas layar 12,8 inci. Layarnya menerapkan mode floating seperti tablet serta bisa di rotate horizontal ataupun vertikal.

    BYD Dolphin
    Tuas transmisi BYD Dolphin terlihat sangat unik sekaligus futuristik (Zie)

    Kalian bisa menemukan model kendaraan Wuling Motors lainnya dengan mengakses OLX. Unduh aplikasinya melalui Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait