Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    ReviewMengenal Microsoft Copilot, Asisten Digital Berbasis AI

    Mengenal Microsoft Copilot, Asisten Digital Berbasis AI

    Mengenal Microsoft Copilot, benarkah lebih canggih dari Cortana.

    News.OLX – Microsoft mengumumkan kemunculan inovatif berupa kecerdasan buatan (AI). Teknologi yang rencananya diluncurkan pada 2024 ini diberi nama Copilot.

    Pengumuman peluncuran Copilot disampaikan langsung oleh Panos Panay, Chief Product Officer Windows and Devices Microsoft, melalui situs web resmi perusahaan. Melalui pengumuman tersebut, Panos Panay menyoroti peran Copilot sebagai asisten pribadi di lingkungan Windows 11 yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pengguna.

    “Windows Copilot adalah inovasi terbaru kita. Windows 11 menjadi platform PC pertama yang dilengkapi dengan asisten AI terpusat, membantu pengguna menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efisien, kata dia, dalam keterangannya.

    Mirip Cortana, tapi lebih canggih

    Copilot konseptualnya mirip dengan pendahulunya, yaitu Cortana yang dulu terdapat di Windows 10. Namun, Copilot diklaim lebih canggih karena memiliki integrasi yang lebih erat dengan aplikasi-aplikasi lain seperti Bing dan ChatGPT.

    Selain itu, Copilot telah diintegrasikan dengan beberapa produk aplikasi buatan Microsoft. Misalnya saja seperti Edge, Github, dan Office.

    microsoft (1)

    Mudah dioperasikan

    Penggunaan Copilot tergolong sederhana. Pengguna hanya perlu mengklik ikon heksagon yang berbentuk mirip huruf “O” pada menu Start atau Taskbar. Setelah diklik, muncul menu di sebelah kanan layar yang terkait dengan aplikasi yang sedang aktif.

    Keunikan lainnya adalah sidebar Copilot tidak akan terhalang oleh aplikasi lain, sehingga memungkinkan pengguna untuk tetap melihat dan menggunakan Copilot tanpa menghambat aktivitas lainnya.

    Kemudian, Copilot dapat berfungsi sebagai mesin pencari dengan koneksi ke Bing, memberikan pengguna kemampuan untuk melakukan pencarian serupa seperti menggunakan mesin pencari Google.

    Mampu menjalankan perintah copy-paste

    Tidak hanya itu, Copilot mampu menjalankan perintah-perintah praktis seperti copypaste, membuka dokumen, dan merangkum artikel.

    Selain itu, Copilot memiliki kewenangan untuk mengendalikan sistem di komputer pengguna, termasuk mengatur volume, mengganti wallpaper, dan membuka aplikasi tanpa perlu campur tangan langsung.

    Itu adalah sebagian kecanggihan dari Copilot. Rencananya, Copilot akan diluncurkan secara terbatas pada bulan Juni mendatang.

    Setelah melalui fase pengembangan yang memadai, Microsoft berencana untuk merilis Copilot untuk semua pengguna. Nah, buat kamu yang penasaran, yuk antisipasi dan nantikan informasi selanjutnya mengenai Copilot, ya!

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait