Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMesin Mobil Wajib Dimatikan Saat Isi Bensin, Ini Alasannya!

    Mesin Mobil Wajib Dimatikan Saat Isi Bensin, Ini Alasannya!

    Adanya anjuran untuk mematikan mesin mobil saat isi bensin tentunya bukan tanpa alasan.

    News.OLX – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, meminimalisir waktu adalah hal yang terpenting dalam padatnya kegiatan. Oleh karenanya, banyak pengemudi mobil memilih untuk tetap menyalakan mesin mobil saat mengisi bensin.

    Tentu saja alasannya untuk menghemat waktu agar selesai transaksi pengisian bensin, mobil dapat langsung melaju kembali. Namun tahukah kamu bahwa mengisi bensin dalam keadaan mesin mobil masih hidup memiliki banyak resiko?

    Dalam artikel ini mari membahas lebih lanjut untuk memahami alasan mengapa mesin mobil harus dalam keadaan dimatikan saat mengisi bensin.

    Fitur sistem pengukur tekanan uap gas

    Pada dasarnya, teknologi pada kendaraan modern sudah banyak dilengkapi fitur sistem pengukur tekanan uap gas di tangki EVAP, yang mencegah uap bahan bakar atau bensin yang ada di dalam tangki bahan bakar untuk keluar langsung ke udara bebas sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya ledakan.

    Fitur ini juga dapat mengingatkan pengemudi untuk menutup tangki bahan bakar bila tidak tertutup sempurna. Sehingga dapat dikatakan mengisi bensin saat mesin mobil masih menyala cukup aman pada kendaraan modern.

    Namun ada baiknya kamu tetap mengikuti anjuran SPBU untuk tetap mematikan mesin mobil saat mengisi bensin.

    Mesin mobil (6)

    Alasan mesin mobil perlu dimatikan saat isi bensin

    Ketika melakukan pengisian bensin di SPBU, tentunya pengendara akan mendapatkan arahan dari petugas untuk mematikan mesin. Apa alasannya?

    1. Memicu munculnya api

    Hal utama yang mendasari pentingnya mematikan mesin mobil saat mengisi bensin adalah karena pada saat mesin masih menyala, maka unsur penyebab munculnya api akan menyebabkan potensi kebakaran.

    Adapun unsur penyebab munculnya api atau biasa disebut dengan istilah segitiga api ini terdiri dari uap bahan bakar mesin saat pengisian, oksigen dan sumber api.

    Saat kondisi mesin mobil masih menyala maka panas mesin, kelistrikan yang tidak sempurna, busi dan hal lain dari kerja mesin akan menjadi sumber api.

    2. Aliran listrik statis

    dalam keadaan mesin mobil masih menyala maka semua sistem kelistrikan kendaraan dalam keadaan aktif. Sehingga, aliran listrik statis dapat terbentuk saat pengisian bensin.

    Hal ini dapat menyebabkan muatan listrik tidak seimbang yang menimbulkan percikan api di sekitar selang karena pada saat pengisian bensin ada uap bahan bakar yang melimpah di pom bensin dan di dekat kendaraan. Sehingga munculnya kebakaran sangat mungkin terjadi.

    Timbulnya listrik statis dapat terjadi dari mana saja, apalagi bila ditambah faktor kebocoran kabel atau bunga api dari knalpot. Penggunaan ponsel juga dapat menimbulkan listrik statis, terutama ketika ponsel sedang digunakan untuk menelpon.

    3. Ignitabilitas

    Faktor lain yang mendukung untuk menganjurkan kamu mematikan mesin mobil saat mengisi bensin adalah Ignitabilitas, yaitu kemampuan bahan bakar untuk terbakar dengan cepat dengan api.

    Oleh karenanya, semakin berkualitas bahan bakar yang kamu gunakan atau semakin tinggi nilai oktan pada bensin maka akan semakin tinggi juga Ignitabilitasnya.

    Hal ini dapat memicu kebakaran pada saat pengisian bensin. Karena dalam keadaan ini bisa saja bensin sudah terbakar meskipun tidak bersentuhan langsung dengan api.

    Mematikan mesin mobil saat mengisi bensin merupakan langkah yang paling tepat untuk mencegah kebakaran. Dalam keadaan mesin mati, maka kemungkinan untuk terjadinya kebakaran semakin kecil juga.

    Hal ini dikarenakan saat mesin mobil masih menyala maka dapat terjadi pula kemungkinan pembakaran luar yang disebabkan oleh api yang keluar dari knalpot. Kemungkinan munculnya api yang keluar dari knalpot ini bisa saja terjadi pada saat yang tidak terduga seperti saat sedang mengisi bensin.

    Sebagai pengendara, kita wajib memperhatikan keselamatan diri sendiri dan sesama untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat pengisian bensin. Maka mengikuti peraturan SPBU adalah hal terpenting untuk dilakukan termasuk mematikan mesin mobil saat pengisian bensin.

    Jadi gimana kebiasaan kamu mengisi bensin? Tim matikan mesin atau tidak? Nah, tidak hanya berkaitan dengan mesin mobil, kamu juga bisa membaca informasi lainnya seputar mobil, motor atau tips dan trik seputar otomotif lainnya di OLX.

    Kamu juga bisa mencari mobil atau motor bekas impian di OLX sekarang juga. Yuk kunjungi website OLX atau mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait