Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMotor Susah Distarter Padahal Baru Ganti Aki, Apa Penyebabnya?

    Motor Susah Distarter Padahal Baru Ganti Aki, Apa Penyebabnya?

    Meski aki baru diganti, motor bisa saja alami masalah, lho. Yuk ketahui penyebabnya!

    News.OLX – Aki yang baru diganti seharusnya memberikan kehidupan baru pada motor kamu. Situasi ini bisa menjadi cukup membingungkan dan frustasi bagi pemilik sepeda motor.

    Sebelum mencari tahu mengapa motor sulit distarter meskipun telah mengganti aki baru, sangat penting untuk memahami bahwa permasalahan tersebut mungkin tidak hanya terbatas pada aki.

    Sebab, kemungkinan besar akar masalah bisa berasal dari bagian-bagian motor lainnya. Oleh karena itu, langkah awal yang bijaksana adalah mengidentifikasi dengan cermat sumber ketidakmampuan starter motor tersebut.

    Yuk simak beberapa kemungkinan, penyebab mengapa motor kamu sulit distarter setelah mengganti aki baru.

    Penyebab motor susah distarter padahal baru ganti aki

    1. Kondisi kabel dan soket bermasalah

    Aki yang lemah dapat menjadi faktor utama kesulitan motor distarter, perlu diingat bahwa aki sendiri terdiri dari berbagai komponen, termasuk kabel, soket, dan berbagai elemen lainnya.

    Penting untuk memastikan pemasangan komponen-komponen ini dilakukan dengan benar. Kadang-kadang, kabel dan soket mungkin tidak terhubung secara optimal, menyebabkan hambatan aliran arus listrik.

    Faktor seperti kerusakan akibat gigitan tikus, getaran, dan penyebab lainnya dapat mengakibatkan situasi di mana meskipun telah mengganti aki baru, motor tetap kesulitan distarter.

    aki (1)

    2. Kerak pada tombol starter elektrik

    Kerak yang terbentuk pada tombol starter elektrik akibat paparan hujan, debu, dan kotoran dapat menjadi penyebab motor sulit distarter setelah penggantian aki baru.

    Kerak ini menghambat aliran arus listrik, memengaruhi kinerja busi, dan menyulitkan proses penyalaan motor.

    Solusinya adalah membersihkan area tombol starter elektrik secara menyeluruh dan mencoba tekan kembali untuk starter motor.

    3. Kompresi yang mengalami kebocoran

    Motor sulit distarter setelah mengganti aki baru mungkin disebabkan oleh kebocoran kompresi. Untuk memeriksanya, lepaskan busi, tutup lubang busi dengan ibu jari, dan nyalakan kendaraan menggunakan kick starter.

    Jika terasa lemah, kemungkinan ada kebocoran kompresi, sedangkan jika terasa berat, kompresi masih baik. Periksa kemungkinan kebocoran pada klep atau antara dinding silinder dan ring piston.

    4. Kondisi lemah pada busi

    Busi sebagai salah satu komponen rentan pada motor, dapat mengalami kelemahan jika telah melewati masa pakainya. Busi rentan terhadap keausan dan kotoran.

    Jika busi tidak dibersihkan atau diganti ketika lemah, motor tidak akan dapat menyala dengan baik, bahkan jika aki telah diganti dengan yang baru.

    Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan jika perlu mengganti busi secara teratur untuk memastikan kinerja yang optimal.

    5. Dinamo starter rusak

    Jika motor sulit distarter meskipun busi dan tombol starter dalam kondisi baik, langkah berikutnya adalah memeriksa dinamo starter yang bertugas memutar gigi flywheel.

    Meskipun jarang terjadi, kerusakan pada dinamo starter bisa disebabkan oleh putusnya arang pada kumparan akibat konsleting atau kesalahan posisi.

    6. Kerusakan pada switch rem

    Kerusakan pada switch rem seringkali terjadi pada motor generasi terbaru yang dilengkapi dengan side stand switch, yang berfungsi untuk mematikan mesin saat standar samping diturunkan.

    Switch rem ini memiliki kemampuan untuk memutus aliran listrik, sehingga secara otomatis mematikan mesin ketika standar samping diturunkan. Namun, sayangnya, komponen ini cenderung rentan terhadap kerusakan.

    Sebelum mengganti aki, pastikan untuk mengidentifikasi penyebab sebenarnya dari kesulitan motor distarter. Jika pergantian aki tidak mengatasi masalah, periksalah kinerja komponen terkait.

    Jika motor tetap sulit distarter setelah pemasangan aki baru, segera bawa kendaraan ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

    Mengidentifikasi penyebab dengan akurat akan membantu memperbaiki masalah secara efisien, memastikan bahwa motor dapat kembali beroperasi dengan normal.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait