Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & Trik6 Cara Merawat Mesin Motor Tua Agar Awet

    6 Cara Merawat Mesin Motor Tua Agar Awet

    Pecinta motor tua pasti ingin motor kesayangannya awet dan tetap prima untuk dikendarai kemana saja. Namun, motor tua memang harus diperlakukan secara khusus dan berbeda dari motor keluaran terbaru jika dalam hal perawatan.

    News.OLX – Komponen yang sudah tua karena usianya juga yang sudah cukup lampau serta penggunaan teknologi yang konvensional membuat motor tua perlu perhatian khusus. Kamu tidak boleh melakukan perawatan yang sembarangan.

    Jika ada komponen yang rusak, tentu akan sulit untuk mencari penggantinya serta jika ada, harganya pun pasti mahal. Memang, banyaknya penggemar motor tua ini lah yang membuat motor klasik keluaran tahun lama masih memiliki harga tinggi yang cukup bersaing. 

    Baca juga: Pecinta Motor Tua, Ini 6 Perbedaan RX King dan RX Spesial yang Harus Kamu Tahu

    Cara yang paling sederhana serta mudah untuk menjaga performa kendaraannya agar selalu prima. Lantas, bagaimana cara merawat motor tua? Berikut ini kami informasikan cara merawatnya.

    1. Rawat spare part

    Motor klasik memang memiliki daya tarik yang tak lekang oleh waktu, tentunya kamu harus tetap menjaga beberapa komponen yang mudah mengalami korosi. Sehingga, akan meminimalisir tingkat keropos. 

    Terlebih jika motor sering terkena air, seperti air hujan misalnya. Pastikan untuk selalu mengeringkan bagian-bagian dari motor tua yang berbahan besi agar tak mudah mengalami karatan. 

    Baca juga: Mobil Tua dan Langka Rakitan Nissan Ini Harganya Sama Seperti Sepeda Motor

    Termasuk di antaranya kondisi rantai motor yang harus selalu dilumasi dengan oli khusus rantai. Karena rantai mudah mengalami korosi jika jarang dilumasi dengan pelumas khusus rantai. 

    2. Rutin cek aki motor tua

    Aki motor menjadi salah satu suku cadang yang paling rentan, baik motor tua maupun baru. Jika kondisi aki sudah terlalu tua dan sering bermasalah, lebih baik kamu segera mengganti akinya.

    Tentunya perlu disesuaikan dengan spesifikasi dari motor tua yang kamu miliki agar ke depannya mampu menjadi sumber daya listrik yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan. 

    Baca juga: 4 Cara yang Harus Dilakukan Untuk Merawat Motor Injeksi

    Jika kamu merasa aki yang kamu miliki masih cukup layak, kamu bisa membeli alat pengisi daya aki untuk isi ulang dari waktu ke waktu. 

    Hal ini dilakukan karena jika aki tidak diisi ulang, kinerja sistem kelistrikan motor bisa mengalami kerusakan dan gangguan. Oleh karena itu, pastikan aki motor tua kamu selalu dalam kondisi prima.

    3. Cek silinder dan piston

    Menjaga kondisi silinder dan piston itu merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan oleh para pemilik motor tua. Hal ini dilakukan secara rutin untuk memberikan pelumas pada silinder dan piston sebelum motor digunakan. 

    Dua komponen ini sangat berkaitan dengan kinerja mesin motor tua milikmu. Sehingga, kamu harus rajin-rajin untuk menjaga kondisinya agar performa mesin tetap prima dan motor pun tetap nyaman dikendarai. 

    4. Ganti spare part motor tua yang rusak

    Kamu perlu melakukan pengecekan detail terhadap setiap komponennya agar jika ada spare part yang terindikasi mengalami kerusakan, sangat disarankan untuk sesegera mungkin diganti dengan sparepart baru. 

    Baca juga: Selain Mencuci, Ini Cara Mudah Merawat Body Motor 

    Tentunya gunakan spare part dari suku cadang original untuk menjaga agar performa motor tua tidak terganggu. 

    motor tua 2

    5. Rutin memanaskan mesin motor tua

    Motor tua juga perlu sering dipanaskan mesinnya terlebih di pagi hari sebelum digunakan untuk berkendara. Pemasan mesin dilakukan secara rutin untuk membuat oli bersirkulasi melumasi bagian dalam mesin.

    Oli yang tersirkulasi dengan baik akan mampu melumasi setiap sela-sela komponen motor yang diharapkan akan meminimalisir gesekan keras antar komponen saat mesin motor dihidupkan.

    6. Jaga sistem pengapian

    Motor tua sebenarnya membutuhkan perawatan yang mudah. Karena mekanisme atau sistemnya tidak serumit motor-motor keluaran terbaru yang hampir didominasi oleh mekanisme digital kelistrikan.

    Baca juga: Tips Merawat Suspensi Motor Agar Aman Dibawa Mudik

    Kamu bisa menggunakan busi kualitas tinggi untuk meminimalisir kerusakan pada pengapian motor tua. Namun, kamu juga dituntut untuk rajin membersihkan busi dari kotoran maupun oli yang mungkin saja masuk ke ruang pembakaran.

    Melihat cara-cara di atas, kira-kira apakah kamu semakin suka dengan motor tua dan berminat untuk memarkirnya di halaman rumahmu? Tentunya jangan sampai kamu lalai merawat motor tua sebelum akhirnya kamu akan mengeluarkan kocek yang lebih dalam. 

    Kamu bisa dapatkan informasi lebih lanjut seputar motor tua, ataupun industri otomotif lainnya dengan mengunjungi OLX Member of ASTRA.

    Kamu juga bisa mencari atau menjual mobil dan motor bekas berkualitas di OLX. Yuk kunjungi website OLX atau mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.  

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait