Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    LainnyaMengenal Odometer: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Cara Membacanya

    Mengenal Odometer: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Cara Membacanya

    Dunia otomotif memiliki ragam istilah yang kadang hampir mirip satu sama lain. Hal ini menyebabkan tidak sedikit pemilik mobil tidak mengetahui beberapa komponen yang ada di mobil.

    Salah satu komponen yang jarang diketahui adalah odometer, komponen ini kalah pamornya dibanding speedometer. Umumnya, odometer terletak pada panel instrument cluster di kabin mobil.

    Panel instrument cluster adalah salah satu bagian pada mobil yang sangat penting untuk diperhatikan karena perannya sangat signifikan. Nah, pada panel ini ada berbagai lampu indikator yang fungsinya memberitahu pengemudi terkait kondisi mobil.

    Panel instrument cluster ini terletak di balik pengemudi atau setir. Akan tetapi, di beberapa mobil keluaran terbaru, panel ini kadang diletakkan di bagian dashboard. Berbagai indikator yang ada di dalam panel tersebut sangat perlu dikuasai oleh para pengemudi, terutama komponen odometer.

    Baca juga: 4 Cara Mengetahui Agar Tidak Tertipu Odometer Saat Beli Mobil Bekas

    Apa Itu Odometer?

    Bagi Anda yang belum tahu, odometer adalah alat untuk menunjukkan jarak yang telah ditempuh oleh mobil. Tanpa adanya odometer, sulit untuk pengedaran mengetahui berapa jarak yang telah ditempuh mobil.

    Komponen ini terletak di bagian panel meter dashboard mobil. Hal ini memudahkan pengemudi untuk mengeceknya jarak yang telah ditempuh mobil. Umumnya, odometer terletak di dekat bundaran Informasi yang berkaitan dengan takometer dan speedometer.

    Sebagai informasi tambahan, takometer merupakan alat yang berguna untuk mengukur putaran dari mesin mobil, sedangkan speedometer adalah alat untuk mengukur kecepatan laju suatu mobil.

    Apa Fungsi Odometer?

    Odometer berfungsi untuk menampilkan jarak tempuh kendaraan dari awal pemakaian. Satuan yang digunakan oleh odometer biasanya adalah kilometer. Sebagai ilustrasi, apabila odometer mobil menunjukkan angka 66666 maka dapat diketahui bahwa kendaraan telah menempuh jarak 66.666 kilometer.

    Biasanya odometer terletak berdampingan dengan speedometer atau tripmeter. Komponen ini juga berguna supaya dapat mengetahui waktu yang tepat untuk mobil diservis secara berkala.

    Selain itu, odometer juga berfungsi sebagai indikator pertimbangan saat membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas memang tidak mudah, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Salah satu faktor pentingnya adalah jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan.

    Sesuai dengan fungsinya, odometer akan menunjukkan jarak yang telah ditempuh oleh mobil bekas yang ingin dibeli. Pasalnya, apabila sebuah kendaraan sudah menempuh jarak yang cukup jauh, tenaga yang dimilikinya juga akan berkurang.

    Meskipun begitu, ada saja penjual nakal yang melakukan reset pada odometer mobil sehingga pembeli tertipu. Hal ini sering dilakukan oleh para pemilik kendaraan dengan odometer analog. Sedangkan pemilik odometer digital sulit untuk melakukannya karena memerlukan alat khusus untuk meresetnya yang disebut odoreset.

    Baca juga: 11 Cara Merawat Mobil Agar Harga Jualnya Tetap Tinggi!

    Bagaimana Cara Kerja Odometer?

    Umumnya odometer memiliki 2 cara kerja yang berbeda, yaitu untuk odometer mekanik dan odometer elektronik. Penting sekali untuk mengetahui cara kerja kedua odometer ini. Berikut adalah cara kerja dari masing-masing odometer:

    1. Odometer Mekanik atau Analog

    Odometer mekanik bekerja dengan melakukan gaya putar yang diterima dari kabel yang fleksibel dan terhubung ke bagian lain. Umumnya odometer mekanik dapat ditemukan pada mobil keluaran lama.

    Odometer mekanik memiliki sifat rewindable, yang berarti odometer bergerak secara otomatis saat mobil melaju maupun mundur. Saat mobil berjalan mundur mundur, maka odometer akan menghitung mundur dan hal ini biasanya terjadi akibat gear penggerak serta gigi.

    Mengecek kualitas odometer mekanik tidaklah sulit karena akan selalu ada pertanda bahwa odometernya pernah dibuka secara manual dan dibuat Kembali muda. Dengan pengecekan ini, maka Anda bisa mendapatkan mobil yang kualitasnya bagus dan stabil.

    2. Odometer Elektronik

    Odometer elektronik bekerja dengan mengandalkan kecanggihan teknologi, sehingga kerjanya sangat dipengaruhi sistem komputerisasi. Secara otomatis computer akan menghitung tegangan yang terjadi dan membantu menghitung jarak tempuh dari sebuah mobil.

    Pada frame roda mobil, sebuah magnet khusus diletakkan sehingga akurasi dari odometer elektronik akan tepat. Magnet yang dipasang pada roda bertujuan untuk memberikan sinyal, supaya bisa menghitung jarak tempuh dari sebuah mobil.

    Untuk melakukan pengecekan kualitas dari odometer elektronik memang lebih sulit karena perlu ditangani oleh tenaga ahli. Sebelum membeli mobil bekas, maka Anda bisa bawa terlebih dahulu mobilnya ke bengkel resmi agar kualitas odometer elektroniknya bisa Anda cek.

    Baca juga: 7 Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Mobil Bekas!

    Bagaimana Cara Membaca Odometer Mobil?

    Membaca odometer mungkin bukanlah keterampilan yang dimiliki secara instan oleh orang awam. Padahal membaca odometer bukanlah hal yang sulit, Anda cukup memperhatikan angka yang tertera di odometer.

    Proses membaca data pada odometer digital dan analog jauh lebih mudah karena angka langsung ditunjukkan secara langsung. Jadi Anda bisa langsung melihat berapa jarak tempuh dari sebuah mobil.

    Angka yang muncul di odometer memberi Informasi jarak yang telah ditempuh oleh mobil. Jarak tersebut biasanya dihitung dalam satuan kilometer atau km. Odometer bisa ditemukan pada dashboard, bersebelahan dengan speedometer.

    Misalnya, kalau angka pada odometer menunjukkan angka 66666, artinya kendaraan kamu sudah digunakan untuk berkendara hingga mencapai 66.666 km. 

    Saat akan servis mobil, Anda harus memastikan untuk cek dulu berapa angka pada odometer sebelum servis. Angka itu nantinya dijadikan acuan untuk menentukan waktu servis berikutnya. 

    Cara menghitung odometer untuk menentukan waktu servis sangatlah mudah. Misalnya, pada servis pertama, odometer menunjukkan jarak 15.000 km. Nah, jika mobil sudah berkendara hingga 10.000 km lagi, waktunya untuk membawa mobil servis lagi.

    Jadi, tambahkan 15.000 km dengan 10.000 km. Artinya, begitu odometer menunjukkan angka 25.000 km, maka sudah waktunya bagi kendaraan untuk dibawa melakukan servis berkala lagi.

    Nah, setelah menyimak Informasi lengkap mengenai odometer, tentu sedikit banyak Anda sudah paham memahami peran pentingnya. Untuk masalah mobil bekas, jangan sampai salah pilih dan percayakan pada dealer dari OLX Autos yang memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait