Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Lainnya8 Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 2, Jangan Sampai Salah

    8 Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 2, Jangan Sampai Salah

    Oli pada sepeda motor merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan dibutuhkan. Terdapat banyak sekali jenis oli, seperti oli MPX 1 dan MPX 2. Meski sama-sama oli, keduanya memiliki perbedaan, baik dari segi peruntukan hingga harga.

    Mengetahui jenis oli yang tepat untuk sepeda motor kesayangan Anda, pastikan akan membuat mesin motor semakin awet dan nyaman. Setiap oli memiliki spesifikasi baik dari kekentalan hingga takaran yang digunakan pada setiap mesin.

    Sehingga dalam penggunaannya pun akan sangat berpengaruh para performa mesin. Salah satu oli mesin yang cukup banyak digunakan adalah oli MPX 1 dan MPX 2.

    Kedua oli ini merupakan oli mesin yang dikeluarkan oleh Honda, serta dianjurkan untuk digunakan pada merek motor tersebut.

    Baca juga: Berbagai Jenis & Fungsi Oli, Pastikan Tidak Salah Pilih!

    Untuk pengguna motor Honda, alangkah baiknya bila mengetahui perbedaan oli MPX 1 dan MPX 2 sehingga saat mengganti oli mesin pada motor Anda tidak terjadi kesalahan.

    Apa Itu Oli MPX 1 dan MPX 2

    Oli MPX 1 dan MPX 2 adalah salah satu varian oli yang ditawarkan oleh Astra Honda Motor, dimana kedua jenis oli tersebut memang dirancang khusus untuk motor keluaran Honda. Meskipun secara umum oli MPX ini dapat digunakan untuk keluaran motor lainnya, asalkan jenis motor masih sesuai.

    Jadi bagi Anda pengguna motor Honda, bisa memilih oli MPX sebagai oli yang digunakan. Akan tetapi harus memperhatikan jenis motor yang akan menggunakan oli tersebut, karena terdapat perbedaan untuk jenis motor yang dapat menggunakan oli tersebut.

    Berikut 8 perbedaan oli MPX 1 dan MPX 2:

    • Kemasan Produk

    Perbedaan paling kentara dari kedua oli mesin ini adalah kemasannya. Dimana oli MPX 1 dan MPX 2 menggunakan dua warna dominan yaitu biru dan merah. 

    Memiliki bentuk kemasan yang berbeda dan nama yang berbeda, salah satu perbedaan paling jelas adalah perbedaan warna tutup botolnya. Untuk oli MPX 1 dibuat dengan warna tutup merah. Sedangkan untuk oli MPX 2 dibuat dengan warna tutup biru.

    • Kapasitas Oli

    Melihat dari sisi kapasitas oli, kapasitas oli yang ditawarkan oli MPX 1 lebih banyak, yaitu 800 ml, 1000 ml sampai dengan 1200 ml. Banyaknya varian kapasitas oli yang ditawarkan ini disesuaikan dengan tipe motor yang nantinya akan digunakan.

    Kapasitas oli 800 ml dan 1000 ml biasanya cocok untuk motor bebek dan 1200 ml untuk motor sport. Sedangkan untuk oli MPX 2 hanya menawarkan satu kapasitas oli, yaitu 800 ml. 

    Karena memang jenis oli ini hanya diperuntukkan untuk jenis motor matic. Kapasitas oli mesin motor matic sendiri kebanyakan adalah sama, yaitu 800 ml. Sehingga untuk oli MPX 2 hanya menawarkan satu varian kapasitas oli saja.

    Baca juga: Ganti Oli Mobil Berapa KM? Ini Panduannya Lengkapnya!

    • Beda spesifikasi

    Berdasarkan dari JASO (Japan Automobile Standard Organization), kedua tipe oli MPX ini memiliki JASO berbeda. Dimana oli MPX 1 adalah JASO:MA dan oli MPX 2 adalah JASO:MB. 

    JASO:MB merupakan tipe oli untuk motor kopling basah, sedangkan JASO:MA merupakan tipe oli untuk motor kopling kering.

    Jenis motor dengan kopling basah merupakan jenis motor dengan tipe kopling direndam oli pelumas atau berada di dalam pelumas, beberapa tipe motor dengan kopling basah adalah motor bebek dan sport. Sedangkan jenis motor dengan kopling kering merupakan diantaranya adalah skuter atau motor dengan transmisi matic.

    • Harga

    Harga dari kedua oli ini memiliki perbedaan, meski selisih harganya tidak terlalu besar. Oli MPX 1 maupun MPX 2 dapat dengan mudah Anda dapatkan di bengkel resmi maupun toko otomotif di berbagai kota di Indonesia.

    Berikut adalah harga dari oli MPX 1 dan MPX 2:

    • Oli MPX 1 800 ml Rp 28.500
    • Oli MPX 1 1000 ml Rp 60.800
    • Oli MPX 1 1200 ml Rp 69.000
    • Oli MPX 2 800 ml Rp 26.500

    Varian motor yang menggunakan oli MPX 1 dan MPX 2

    Perbedaan oli mpx 1 dan mpx 2
    Oli MPX 1 dan Oli MPX 2 (astra-honda.co.id)

    Memiliki sebuah perbedaan spesifikasi, sehingga peruntukan penggunaan oli ini berbeda untuk setiap motornya. Maka dari itu jangan sampai salah dalam menggunakan oli mesin ini atau tertukar.

    Berikut daftar motor sesuai peruntukan dalam menggunakan oli MPX 1 dan MPX 2:

    Oli MPX1 800ml

    Bisa digunakan pada Honda Supra X 125, Honda Revo dan bebek lainnya.

    Oli MPX1 1 liter

    • Honda CB150 Verza (2018 – Sekarang)
    • Honda CRF150L K84 (2017 – Sekarang)
    • Honda Mega Pro (2005 – 2006)
    • Honda Mega Pro Advance (2006 – 2010)
    • Honda Mega Pro New (2010 – 2014)
    • Honda Verza 150 (2013 – 2018)

    Oli MPX1 1,2 liter

    Oli ini diciptakan secara khusus untuk kode mesin Honda K15. Seperti :

    • Honda CBR150 Facelift (2016-sekarang)
    • Honda CB150R LED
    • Honda CB150X
    • Honda Sonic 150
    • Honda Supra GTR 150

    Baca juga: 7 Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu

    Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan oli MPX 1 dan MPX 2 yang dikeluarkan oleh AHM. Ketika sudah tahu perbedaannya, maka dari itu jangan sampai salah dalam penggunaannya. 

    Kalau soal menjual mobil bekas, ada tempat yang sudah pasti, yaitu OLX Autos. Di dealer resmi OLX Autos ini Anda akan mendapatkan penawaran terbaik serta pembayaran instan tanpa disertai hidden fee. 

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait