Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Motor8 Perbedaan PCX ABS dan CBS, Bukan Hanya Sistem Pengereman Saja

    8 Perbedaan PCX ABS dan CBS, Bukan Hanya Sistem Pengereman Saja

    Sebagai motor matik dari pabrikan otomotif Jepang, Honda PCX memiliki banyak sekali peminat di Indonesia. Sudah hadir sejak tahun 2017, hingga saat ini motor terbaru dari Negeri Sakura ini dibekali dengan berbagai fitur yang semakin mumpuni.

    Terdapat dua varian jenis dari motor Honda PCX untuk memenuhi keinginan pasar, yaitu PCX ABS dan PCX CBS. Secara sekilas, keduanya ini memiliki banyak sekali kesamaan.

    Mulai dari mesin yang berkapasitas 150cc dengan tipe mesin 4 langkah SOHC dengan suplai bahan bakar PGM-Fi. Selain itu keduanya juga menggunakan suspensi serupa yakni teleskopik di bagian depan dan twin di bagian belakang.

    Selain banyak kesamaan dari tampilannya, dari namanya motor matik Honda ini memiliki perbedaan yang sangat jelas yaitu pada sistem pengeremannya. Namun selain pengereman, ada pula perbedaan lainnya.

    Baca juga: Mesinnya Sama, Pilih Mana, Honda ADV 160 atau Honda PCX 160?

    Berikut 8 perbedaan Honda PCX ABS dan CBS:

    Sistem Pengereman

    Pertama yang paling jelas adalah sistem pengereman karena dari namanya saja sudah membedakan dari dua jenis motor matik ini. Honda menawarkan PCX dengan sistem pengereman CBS atau Combi Brake System dan PCX ABS atau Anti-Lock Braking System. 

    Walaupun sama-sama digunakan sebagai sistem keselamatan, namun fungsi keduanya berbeda. Pada sistem CBS, bekerja dengan mendistribusikan tenaga ke dua komponen yaitu roda belakang dan tuas ungkit untuk menekan knocker. Lalu piston hidrolik bekerja dengan mengaktifkan rem cakram depan.

    Sedangkan pada sistem rem ABS, pengereman akan lebih aman meskipun Anda menekan tuas rem mendadak. Hal ini karena sistem ABS lebih ke menggunakan sensor yang akan mendeteksi secara otomatis.

    Versi ABS Lebih Berat

    Perbedaan selanjutnya pada Honda PCX ABS dan CBS adalah bobotnya yang berbeda. Berat yang dimiliki PCX ABS adalah 132 kg sedangkan berat PCX CBS 131 kg. 

    Keduanya memiliki selisih berat 1 kg, sekilas tidak terlalu jelas terasa saat menggunakannya. Sebagai motor matik premium, Honda PCX memang cukup berat bila dibandingkan dengan motor matik Honda lainnya seperti Vario hingga Genio maupun BeAT yang kecil.

    Pijakan Kaki

    Selain perbedaan diatas PCX ABS dan CBS juga punya perbedaan lain yaitu dari pijakan kaki. Bagian ini paling mudah kita bisa menemukan perbedaannya. 

    Pada varian ABS dibuat dengan adanya dek air yang dibuat dari bahan stainless steel serta terdapat tulisan PCX. Pijakan kaki ini terlihat begitu jelas yang membedakan kedua varian tersebut.

    Baca juga: Lebih Dekat Dengan Honda PCX e-HEV, Ini Keunggulannya

    Ukuran Kampas Rem

    Memiliki perbedaan pada sistem pengeremannya, ternyata hal ini membuat ukuran kampas rem dari motor matik Honda PCX ABS dan CBS ini memiliki perbedaan. Perbedaan PCX ABS dan CBS yang berikutnya adalah terletak pada bagian ukuran kampas rem yang digunakan. 

    Dimana, kampas rem Honda PCX CBS memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan kampas rem ABS. Maka dari itu saat melakukan penggantian suku cadang seperti kampas rem sebaiknya dilakukan pada bengkel resmi atau memastikan bahwa sudah membeli ukuran dengan benar.

    Jika ingin mengganti kampas rem maka yang harus diperhatikan adalah kode kampas rem masing-masing tipe. Yaitu kampas rem Honda PCX ABS adalah 06455-K84-901, Sedangkan kode kampas rem Honda PCX CBS adalah 06455-KRE-K01.

    Tulisan Stiker

    Selain itu terdapat perbedaan yang cukup jelas pada penampilan keduanya di bagian stiker. Setiap motor memiliki stiker yang cukup berbeda bila sudah berbeda varian. 

    Perbedaan desain stiker kedua motor matik Honda untuk versi PCX ABS memiliki desain stiker yang lebih mewah dibandingkan dengan stiker versi CBS.

    Moncong Knalpot

    Sekilas memang tidak terlalu banyak diperhatikan oleh pengguna motor matik satu ini. Namun perbedaan selanjutnya terdapat pada moncong knalpot nya. Pada versi ABS, Honda membuat moncong knalpotnya menggunakan bahan plastik dengan paduan warna biru. 

    Selanjutnya untuk varian CBS juga masih menggunakan moncong knalpot dengan bahan yang sama yaitu plastik. Namun moncong plastik pada varian CBS ini memiliki paduan warna yang berbeda dari versi ABS. Warna yang digunakan pada varian CBS ini adalah hitam yang lebih pekat.

    Fitur HSTC

    HSTC atau Honda Selectable Torque Control merupakan fitur pengontrol traksi. Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur ABS pada sistem pengereman. Dimana fitur ini berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

    Pengendara bisa mengaktifkan fitur ini hanya dengan menekan tombol yang ada di bagian setang sebelah kiri ke posisi ON. Jika pengendara ingin merasakan sensasi torsi mesin yang lebih kuat, maka fitur ini bisa di-non-aktifkan dengan menekan tombol tersebut ke posisi OFF.

    Fitur ini bisa diaktifkan dan dimatikan saat motor sedang melaju. Tapi alangkah baiknya dilakukan saat posisi motor sedang berhenti. Fitur ini hanya terdapat pada Honda PCX versi ABS saja.

    Baca juga: 5 Alasan Sepeda Motor Honda Jadi Pilihan Warga di Indonesia

    Harga 

    PCX versi ABS tentunya dibanderol lebih mahal yakni seharga Rp35.510.000 OTR Jakarta. Sedangkan varian CBS dibanderol Rp32.079.000 OTR Jakarta. Selisih harga Rp3.431.000, Honda PCX ABS dilengkapi beberapa fitur yang tak didapatkan pada varian CBS.

    Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan PCX ABS dan CBS yang bukan hanya dari sistem pengeremannya saja. Melainkan banyak sekali perbedaan pada kedua motor tersebut mulai dari fitur, tampilan, hingga harga.

    Kalau soal menjual mobil, pastikan untuk memilih pada dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan dan tidak terdapat hidden fee.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait