Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriPengguna Baru X Twitter Wajib Bayar Buat "Ngetwit", Benarkah?

    Pengguna Baru X Twitter Wajib Bayar Buat “Ngetwit”, Benarkah?

    Warga Twitter geger! Elon Musk keluarkan aturan bayar langganan 1 USD untuk pengguna baru bisa ngetwit dan nikmati fitur dasar.

    News.OLX – Kabar menggegerkan datang dari Elon Musk, pemilik platform microblogging Twitter yang kini berganti nama X.

    Kini, seluruh pengguna Twitter atau X harus bersiap untuk menerima kebijakan baru berupa biaya langganan untuk bisa memposting konten atau ngetwit. Kabar mengejutkan ini hadir dari akun owner langsung, Elon Musk melalui @elonmusk.

    Unfortunately, a small fee for new user write access is the only way to Curb the relentless onslaught of bots.”

    “Current AI (and troll farms) can pass ‘are you a bot’ with ease.”

    Berdasarkan cuitan tersebut, Elon Musk mengungkap pembelian langganan menjadi satu-satunya solusi untuk melawan bot yang sangat masif. Apalagi masalah lain yang X Twitter hadapi bukan hanya bot, melainkan spam juga.

    Berapa tarifnya?

    Twitter

    Dalam postingan Reuters, model langganan yang Elon Musk keluarkan ini bernama ‘Not a Bot’ yang membebankan ongkos sebesar 1 USD atau sekitar Rp15.700. Tarif ini berbeda-beda tergantung pada negara dan nilai tukarnya.

    Dengan langganan ini, pengguna bisa mengakses fitur berupa liked, retweet, dan bookmark postingan lain di versi X Web. Untuk sekarang, X yang menerapkan skema ini baru di Selandia Baru dan Filipina.

    Namun, perlu dicatat bahwa pengujian ini hanya berlaku untuk pengguna baru. Pengguna lama tidak akan terpengaruh. Dalam praktik lapangan, pengguna baru yang tidak membeli paket langganan hanya bisa masuk ke akun dengan akses fitur-fitur terbatas: melakukan scrolling postingan; menonton video, juga mengikuti akun pengguna lain. Fitur dasar seperti membuat utas sangat terbatas.

    Selain itu, Twitter X juga sudah meluncurkan kebijakan lain sebelumnya, tepatnya pada Juli 2023. Kebijakan tersebut berupa pembatasan melihat cutitan atau tweet. Aturan ini untuk memastikan keaslian pengguna, benar-benar bukan robot.

    Di sisi lain, ternyata hadirnya kebijakan Not A Bot ini sudah sangat masif dipromosikan sejak awal Oktober 2023 lalu. Namun, perlu jadi perhatian pengguna juga bahwa tarif tersebut adalah tarif uji coba. Belum ada berita resmi terkait ‘biaya’ sebenarnya jika aturan tersebut selesai didistribusikan ke seluruh aplikasi Twitter di berbagai negara. Bisa saja biayanya sama atau malah lebih tinggi.

    Buat kamu yang sedang mencari berita menarik pilihan, OLX menyediakan berbagai berita paling hangat di jagat maya. Yuk cek OLX atau download aplikasi OLX melalui Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan update berita terpanas dengan mudah dan praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait