Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPenggunaan Gadget pada Anak Sebaiknya Diatur, Ini 6 Tipsnya

    Penggunaan Gadget pada Anak Sebaiknya Diatur, Ini 6 Tipsnya

    Hati-hati! jangan biarkan anak anda kecanduan gadget!

    News.OLX – Pada era teknologi sekarang ini, banyak orang tua yang memberikan gadget sebagai hiburan untuk anak-anaknya. Namun, lama-kelamaan ini juga dapat memberikan dampak buruk pada anak.

    Misalnya seperti mengalami kesulitan bicara, anxiety, depresi, ADHD dan sebagainya.

    Karena itu, agar anak tidak mengalami masalah, kamu bisa coba beberapa tips penggunaan gadget pada anak berikut ini.

    1. Cari Tahu Penyebabnya, Utamakan Soal Kesehatan

    Ketika anak bermain gadget terus-menerus, kamu tidak bisa langsung judge bahwa anak tersebut nakal atau malas. Melansir dari Child Mind Institute, Dr. Anderson, seorang psikolog klinis, menyarankan para orang tua untuk membuat checklist.

    Checklist ini nantinya berisi pertanyaan untuk menganalisa perilaku anak yang terlalu sering memainkan gadget-nya. Coba lihat, apakah tidurnya cukup, asupannya bergizi, quality time dengan keluarga baik atau tidak?

    Bila anak hanya berdiam diri sendirian di kamar, kemungkinan ini jadi salah satu tanda stress atau depresi. Karena itu, jangan langsung judge dan membatasi. Namun, pahamilah apa yang terjadi pada anak.

    2. Atur Waktu Penggunaan yang Masuk Akal

    Bila kamu sudah menemukan apa alasan yang membuat anak ketagihan bermain gawai, kamu bisa atur waktu penggunaannya. Namun, pastikan aturan yang kamu berlakukan masih masuk akal, ya.

    Jangan langsung melarang dan memerintah. Lebih baik, ajarkan anak tentang kebutuhan mereka untuk beristirahat sejenak dari gawai. Lalu, kamu juga bisa buatkan jadwal kapan saatnya gadget time untuk mereka.

    3. Pertahankan Aturan Meski Anak Tantrum

    Karena mereka sudah terbiasa dengan gawainya, tentu melepaskan mereka dari “hiburan”-nya akan terasa sulit. Sehingga, wajar kalau mereka nantinya akan tantrum dan memohon untuk mengembalikan gawainya.

    Namun, sebagai orang tua kamu tidak boleh merasa kasihan dan memberikan apa yang mereka mau. Ini hanya akan memberikan dampak yang lebih buruk pada anak. Karena itu, tetap pertahankan aturan yang sudah kamu buat tanpa perlu berdebat dengan anak.

    gadget (1)

    4. Lakukan Aktivitas Lain untuk Bonding dengan Anak

    Tips penggunaan gadget pada anak selanjutnya yang bisa kamu coba adalah mengajak anak untuk melakukan aktivitas lain. Tentunya aktivitas bermanfaat yang tidak menggunakan gawai. 

    Kamu bisa pilih kegiatan bersama yang dapat membangun kreativitas anak. Misalnya seperti bermain lego, menyusun puzzle atau aktivitas lainnya. Dengan begitu, selain kreativitas anak yang meningkat, hubungan kamu dan anak pun juga semakin erat.

    5. Jadikan Diri Sebagai Contoh Terbaik

    Setiap anak-anak – terutama yang masih di bawah umur – akan selalu belajar dari lingkungan pertamanya, yaitu orang tua. Karena itu, bila kamu ingin mereka tidak kecanduan gadget, maka kamu pun juga harus berperilaku yang sama.

    Memang, sebagai orang tua terkadang ponsel tidak bisa terlepas dari tangan karena urusan pekerjaan. Namun, sebisa mungkin cobalah juga untuk mengurangi waktu tersebut dan perbanyak waktu untuk anak. Selain itu, kamu juga harus bisa menjaga emosi agar anak bisa memahami dengan baik manfaat dari aturan yang kamu buat.

    6. Santai Saja, Jangan Terlalu Strict

    Memang kamu harus mempertahankan aturan, terutama saat baru memulainya. Namun, perjalanan ini tentu tidak akan mulus. Kendalanya bukan hanya dari anak, tetapi juga bisa datang dari kamu.

    Misalnya kamu sedang merasa lelah untuk memantau aktivitas anak. Alih-alih memaksakan diri dan aturan agar tetap berjalan, cobalah lebih relax. Ambillah juga waktu untuk diri kamu beristirahat dan membiarkan anak bermain lebih lama barang sejenak saja.

    Keenam tips penggunaan gadget pada anak di atas bisa kamu coba terapkan secara perlahan. Kamu tidak perlu terburu-buru dan memaksakan segala sesuatunya.

    Nah, kalau kamu ingin mencari mainan untuk melatih imajinasi dan kreativitas anak, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait