Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriPentingnya Spooring Balancing pada Ban Mobil

    Pentingnya Spooring Balancing pada Ban Mobil

    Spooring balancing nggak boleh diskip!

    News.OLX -Saat mobil berjalan di jalan raya, salah satu bagian yang memegang peranan penting yakni kaki-kaki mobil. Komponen seperti suspensi, tie rod end, long tie rod, shock absorber, velg, hingga ban semuanya harus diperhatikan secara detail. Bagian ini penting bukan hanya untuk kenyamanan tapi juga keselamatan. 

    Perawatan kaki-kaki atau roda pada mobil melalui spooring dan balancing merupakan salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan guna menjaga keamanan serta keselamatan berkendara. 

    Apa itu spooring balancing?

    Ketika mobil terasa berbelok-belok sendiri padahal kemudi sudah lurus, saat itulah kamu butuh melakukan spooring dan balancing. Perlu dipahami bahwa spooring dan balancing adalah dua aktivitas perawatan mobil yang berbeda. 

    Baca juga: Mengenal Spooring Mobil, Perawatan Penting untuk Keselarasan Roda Kendaraan

    Spooring merupakan proses untuk meluruskan kembali atas kedudukan empat roda mobil seperti awal sesuai dengan bentukan pabrik. Sesuai fungsinya, spooring dilakukan guna meluruskan sudut-sudut geometri keempat ban agar kembali selaras dengan penyetelan yang dianjurkan oleh produsen mobil. 

    Berbeda dengan balancing yang merupakan penyesuaian atau upaya menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda. Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang. 

    Proses balancing ini biasanya untuk membuat putaran ban mobil lebih stabil. Proses ini juga biasanya dilakukan setelah penggantian ban atau pelek serta jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing.

    Kapan melakukan spooring dan balancing?

    Spooring dan balancing sebaiknya dilakukan secara rutin setidaknya sekitar 3 bulan sekali agar performa mobil tetap prima dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

    Manfaat spooring dan balancing rutin

    Sedikitnya ada beberapa alasan serta manfaat mengapa spooring dan balancing pelru dilakukan secara rutin. Apa saja kah itu?

    Baca juga: Ini Perbedaan Spooring dan Balancing yang Jarang Orang Tahu

    1. Meningkatkan kenyamanan dalam berkendara

    Apabila ban dalam kondisi bermasalah dan tidak sempurna, maka hasilnya akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara. Misalnya pengemudi akan merasakan setir bergetar atau setir terasa berat. 

    Umumnya kondisi ini dirasakan dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam. Kondisi ini jangan dianggap sepele karena lama kelamaan gangguan ini dapat terus meluas jika dibiarkan. Tangani dengan segera agar keluhan tidak bertambah dan membahayakan pengemudi serta penumpang mobil. 

    2. Menjaga kestabilan dan feedback stir

    Kaki mobil yang  bermasalah bisa mendatangkan bahaya terlebih jika stabilitas kendaraan terganggu. Setir bisa berbelok ke kanan atau ke kiri di jalanan yang lurus. Parahnya mobil bisa tiba-tiba berbelok. 

    Baca juga: Gejala Mobil Harus Spooring dan Balancing, Apa Saja?

    Dengan melakukan spooring dan balancing maka yang kembali normal bukan hanya kestabilan tapi juga feedback dari ban terhadap setir lebih bagus, Ini juga bisa dirasakan ketika setir bisa kembali lurus setelah mobil berbelok. 

    3. Optimalisasi usia pakai ban

    Kaki mobil bermasalah juga membuat kondisi ban ikut terdampak. Efeknya mulai dari keausan yang tidak merata, adanya bunyi decitan, hingga usia pakai ban mobil yang lebih cepat dari biasanya. 

    4. Hemat konsumsi BBM

    Apabila kondisi kaki dan ban dalam mobil kondisinya sedang optimal, maka mobil dapat berjalan tanpa hambatan. Sebaliknya, jika kondisi kaki-kaki mobil buruk, maka dapat berdampak pada laju mobil yang terhambat. Pengemudi jadi menekan gas lebih dalam sehingga konsumsi BBMnya pun jadi lebih boros. 

    Baca juga: Setir Mobil Terasa Berat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Tidak hanya informasi di atas, kamu bisa baca apapun jika kamu tertarik dengan berbagai informasi mengenai ban, otomotif, atau tips menarik lainnya, kamu bisa mencarinya di OLX.

    Kamu juga bisa mencari kendaraan seperti mobil atau motor bekas impian di OLX. Yuk kunjungi website OLX atau mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.  

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait