Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriPenyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

    Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

    Air radiator mobil adalah cairan pendingin dan komponen yang sangat penting di mesin mobil. Fungsi air radiator mobil yakni untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan tidak alami panas berlebih atau overheat.

    Air radiator mobil akan menyerap panas dari cairan pendingin yang mengalir melalui mesin dan memindahkannya ke udara. Hal tersebut membuat air radiator bisa menjaga suhu mesin tetap dalam kisaran yang aman.

    Suhu dalam kisaran yang aman akan membuat mesin mobil Anda tidak overheat. Namun dalam beberapa kasus, ada beberapa masalah yang menyebabkan air radiator mobil cepat habis. Kondisi air radiator cepat habis ini akan membuat mesin tidak dalam kondisi yang prima dan cukup berisiko.

    Baca juga: Kapan Ganti Air Radiator? Ciri Cairan Pendingin Harus Diganti!

    Agar lebih memahami penyebab air radiator mobil cepat habis, berikut dirangkum secara tuntas penyebab air radiator mobil cepat habis dan cara mengatasinya.

    Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

    Air radiator mobil bisa saja mengalami cepat habis. Ada beberapa penyebab air radiator mobil cepat habis seperti dijelaskan di bawah ini

    • Ada kebocoran di sirip radiator

    Sirip radiator bisa saja mengalami kebocoran. Hal ini bisa menyebabkan air radiator mobil cepat habis. Pada dasarnya, mesin mobil akan terus berjalan sehingga menyebabkan Anda tidak sadar sirip radiator bocor. Kebocoran ini bisa disebabkan karena adanya penguapan.

    Cara mengatasi kebocoran di sirip radiator yakni perlu adanya pemeriksaan rutin radiator. Dengan memeriksa secara rutin, Anda bisa antisipasi jika terjadi kebocoran pada sirip. 

    • Kompresi mesin alami kebocoran

    Tak hanya sirip radiator yang bisa bocor, nyatanya kompresi mesin bisa saja alami kebocoran. Secara umum, kebocoran kompresi mesin bisa terjadi karena efek membuka tutup radiator bersama dengan mesin yang baru dinyalakan. Hal itu akan membuat kompresi mesin mengeluarkan gelembung terus menerus.

    • Kompresi mesin alami kebocoran

    Pompa air atau lebih dikenal dengan istilah water pump adalah komponen penting yang memiliki peran untuk memompa serta mengatur sirkulasi air di dalam tangki bawah radiator menuju mesin. 

    Apabila waterpump alami kerusakan atau bocor akan membuat mobil tidak bisa dijalankan karena overheat. Air radiator mobil akan terbuang dalam jumlah banyak dan  itu bisa menjadi penyebab utama air radiator cepat habis.

    • Kurang rapatnya selang radiator

    Penyebab air radiator cepat habis yang keempat adalah kurang rapatnya selang radiator. Kurang rapatnya selang radiator akan membuat mobil Anda alami kebocoran. Air radiator akan terus keluar melalui celah yang dimunculkan tanpa disadari. Hal itulah yang menyebabkan air radiator cepat habis.

    • Tutup Radiator Rusak 

    Tutup radiator rusak atau fungsinya melemah bisa menjadi penyebab air radiator mobil cepat habis. Tutup yang tidak bekerja dengan optimal akan membuat air radiator terus berkurang dan efeknya akan membuat air radiator mobil cepat habis.

    • Overheating

    Jika mesin mobil terlalu panas atau overheat, maka cairan pendingin dalam sistem pendingin mesin dapat menguap dan itu akan mengurangi jumlah cairan pendingin dalam sistem. 

    Overheating dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti karena kebocoran, thermostat yang rusak, kipas yang tidak berfungsi, hingga terlalu sedikit cairan pendingin dalam sistem.

    Baca juga: Overheat, Kenali Gejalanya dan Cara Mengatasinya

    Tanda Air Radiator Mobil Cepat Habis

    Setelah memahami penyebab air radiator mobil cepat habis, Anda juga harus mengetahui tanda-tanda air radiator mobil cepat habis. Berikut beberapa tanda air generator mobil cepat habis yang perlu dipahami.

    • Suara mesin kasar

    Tanda air radiator mobil cepat habis yang pertama ialah dengan memperhatikan suara mesin. Apabila suara mesin menjadi kasar bisa jadi itu karena adanya faktor overheat. 

    Suhu mesin akan sangat panas yang bisa jadi mempengaruhi sistem pembakaran. Overheat inilah yang bisa jadi pertanda air radiator mobil cepat habis.

    • AC di dalam mobil kurang terasa

    Mobil dengan keadaan di bagian dalam tidak terasa suhu AC nya maka bisa jadi pertanda air radiator mobil habis. AC yang sudah dinyalakan bisa saja tak terasa sejuk karena efek air radiator mobil hampir habis. 

    Terlebih jika keadaan Freon AC yang masih belum habis maka bisa dipastikan air radiator mobil sudah alami kondisi cepat habis. Hal semacam itu terjadi karena disebabkan mesin akan otomatis mematikan perputaran dari kompresor AC apabila suhu mobil overheat.

    • Indikator temperatur mesin merah

    Anda perlu memahami tanda-tanda air radiator mobil cepat habis seperti indikator temperatur mesin mengarah ke merah. Jika seperti itu maka mengganti atau mengisi air radiator bisa jadi solusi. 

    Tanda-tanda seperti ini jangan dibiarkan agar kerusakan pada mesin tidak memperparah keadaan.

    • Indikator temperatur mesin merah

    Tanda yang sangat perlu dipahami apabila air radiator mati adalah kap mesin mobil mengeluarkan uap. Uap yang keluar ini terjadi karena adanya kebocoran selang radiator. 

    Penguapan terjadi karena air radiator terlalu penuh hingga pada akhirnya uap keluar dari kap mesin mobil Anda.

    • Performa mesin mobil kurang bertenaga

    Alasan terakhir tanda air radiator mobil hampir habis adalah performa mesin mobil yang kurang bertenaga. Mobil jadi kurang garang saat gas diinjak lebih kencang. Performa yang menurun dari mobil saat digas ini menjadi pertanda bahwa ada masalah di air radiator mobil.

    Baca juga: Ini Fungsi Kondensor Mobil dan Cara Merawatnya dengan Benar

    Cara Mengatasi Air Radiator Mobil Agar Tidak Cepat Habis

    Penyebab air radiator cepat habis
    Radiator (freepik)

    Air radiator mobil menjadi komponen penting di mesin agar terus bisa menjadi kestabilan suhu untuk menghindari overheat. Ada beberapa cara mengatasi air radiator mobil agar tidak cepat habis seperti dijelaskan di bawah ini.

    • Gunakan penutup berkualitas 

    Seperti yang sudah dijelaskan, penyebab air radiator mobil cepat habis yakni adanya kerusakan pada tutup radiator. Rusaknya tutup air radiator membuat tingkat penutupannya melemah. 

    Salah satu cara antisipasi terbaik untuk menghindari masalah seperti itu yakni cobalah gunakan penutup berkualitas. Carilah produk asli yang jempolan agar bisa menghindari masalah tutup radiator rusak atau melemah.

    • Menguras air radiator mobil secara rutin

    Cara mengatasi air radiator mobil selanjutnya adalah dengan rutin menguras air radiator mobil secara rutin. Idealnya, menguras radiator mobil dua bulan sekali.

    Pastikan Anda menguras secara berkala tiap dua bulan sekali. Hal ini bisa membuat mesin dalam keadaan suhu stabil dan terhindar dari overheat.

    • Cek rutin selang radiator

    Penyebab air radiator mobil cepat habis yakni selang radiator terlepas atau pecah. Efeknya akan muncul uap dari kap mesin mobil. Masalah-masalah seperti ini bisa diantisipasi dengan terus rutin cek kondisi selang radiator. 

    Dengan cek rutin, apabila terjadi tanda-tanda selang terlepas maka bisa langsung dilakukan tindakan agar tidak terjadi hal yang lebih parah.

    • Cek rutin selang radiator

    Cara terakhir untuk mengatasi air radiator mobil cepat habis yakni cobalah untuk memahami keadaan mobil Anda. Anda harus peka dengan tanda-tanda yang tidak beres pada mobil. 

    Jika anda mengalami kesulitan ketika masalah muncul, cobalah untuk segera konsultasi dengan teknisi profesional agar masalah tidak jadi melebar.

    Nah, setelah menyimak mengenai penjelasan penyebab air radiator mobil cepat habis, sedikit banyak pasti Anda sudah paham mengenai penyebab dan cara mengatasinya. Pastikan selalu jaga kondisi kendaraannya dalam keadaan prima agar harga jualnya tetap stabil.

    Lalu, pastikan untuk menjual mobil Anda pada tempat yang terpercaya dan dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan dengan praktis tanpa disertai hidden fee seperti OLX Autos.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait