Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMemahami Perbedaan dan Keunggulan Mobil Mesin Diesel Dibanding Bensin

    Memahami Perbedaan dan Keunggulan Mobil Mesin Diesel Dibanding Bensin

    JAKARTA – Secara umum, di dunia otomotif terdapat dua varian mesin pada mobil, yaitu mesin berbahan bakar bensin dan mesin berbahan bakar solar, atau dikenal sebagai mesin diesel. Mesin diesel, biasanya digunakan untuk kendaraan umum, seperti truk, taksi, dan van. Namun, dengan berbagai inovasi, saat ini mesin diesel juga banyak digunakan untuk kendaraan pribadi.

    Mesin diesel ditemukan oleh Rudolf Diesel, seorang insinyur kebangsaan Jerman yang lahir di Perancis pada 1858. Ia, memulai penelitian untuk mengetahui bagaimana cara mengefisiensikan penggunaan bahan bakar pada mesin. 

    Setelah penelitian panjang, ia berhasil merancang sebuah mesin yang bahan bakarnya disemprotkan ke dalam ruang kompresi. Panas yang ditimbulkan oleh kompresi kemudian akan membakar bahan bakar yang sudah tercampur dengan udara. Inilah cikal bakal mesin diesel yang memiliki tingkat efisiensi tinggi.

    Baca juga: Manfaat dan Fungsi Tune Up di Mesin Mobil

    Seiring dengan perkembangan teknologi, bahan bakar untuk mesin diesel kini menggunakan bahan bakar nabati seperti minyak kacang jarak. Mesin ciptaan Diesel ini terbilang sangat revolusioner karena tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil seperti bensin.

    Beda Mobil Mesin Bensin dengan Diesel

    Hal yang paling unik dari mesin diesel adalah suara mesinnya yang berisik ketika dinyalakan. Tenang, ini memang suara dari kerja mesinnya, bukan karena mengalami kerusakan. Melansir dari CNN Indonesia, setidaknya terdapat 5 perbedaan yang wajib kamu tahu, yaitu:

    1. Kompresi

    Alasan utama timbulnya suara keras pada mobil dengan mesin diesel adalah rasio kompresi mesin yang tinggi dibanding mesin bensin. Hal ini dikarenakan mesin diesel mengandalkan kompresi bahan bakar yang sepenuhnya dihasilkan dari kerja piston.

    Perbedaan sisi kompresi kedua mesin sangat ditentukan dari proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin. Pada mesin bensin, udara dan bahan bakar terkompresi bersama, yang memicunya adalah busi. Hal yang sama terjadi pada mesin diesel, tapi pemicunya bukan bensin, melainkan injektor bahan bakar.

    Proses kompresi di mesin diesel terjadi secara spontan ketika solar dan udara terbakar dalam panas yang sangat tinggi di dalam mesin. Sistem kerja diesel ini disebut pengapian kompresi.

    2. Katup Mesin

    Katup mesin diesel
    Mesin Mobil Diesel (olx.co.id)

    Perbedaan lain dapat kita lihat pada katup mesin. Pada mesin diesel susunan komponennya adalah katup, rocker, injector, push-rod, valve, cam roller, dan lain sebagainya. Komponen ini terletak di kepala silinder yang tertanam dalam blok mesin. Susunan inilah yang menyebabkan suara mesin diesel lebih berisik ketimbang mesin bensin.

    Baca juga: Mengenal Alat Pendingin Mesin Mobil: Fungsi, Cara Kerja, Ciri-ciri Kerusakan hingga Perawatannya

    3. Performa Tenaga

    Ada dua hal yang penting kita ketahui untuk mengukur kecepatan mesin kendaraan, yaitu horsepower (tenaga kuda) dan torsi. Horsepower adalah satuan tenaga yang mempengaruhi kecepatan mobil, sedangkan torsi adalah gaya penggerak atau pendorong agar kendaraan bisa bergerak.

    Horsepower yang besar , akan membuat kendaraan dapat melaju dengan cepat. Sayangnya, pada mesin diesel horsepower yang dapat dihasilkan tidak terlalu besar sehingga kecepatan mobilnya juga tidak tinggi. Hal ini mengakibatkan mobil mesin bensin biasanya lebih cepat dari mesin diesel.

    4. Ketangguhan

    Pada dasarnya mesin diesel memang didesain supaya lebih tangguh dengan mesin bensin. Perbedaan ketangguhan ini diakibatkan oleh sistem kompresi pada mesin. Jika dirawat dengan baik, kendaraan dengan mesin diesel akan bertahan lama.

    Selain itu, mesin diesel juga lebih tangguh dalam menempuh medan berat serta jarak yang jauh, serta lebih irit bahan bakar dibanding mesin bensin. Hal inilah yang menyebabkan kendaraan bermesin diesel lebih sering digunakan untuk transportasi jarak jauh, seperti mobil elf, bus, truk, dan pickup. 

    Kendaraan bermesin bensin lebih cocok digunakan untuk transportasi dalam kota karena tidak setangguh kendaraan mesin diesel.

    5. Dari Sisi Ekonomis

    Segi ekonomis mesin diesel
    Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Bahan Bakar (olx.co.id)

    Dari sisi ekonomi, kendaraan bermesin diesel memang lebih irit dan hemat. Hal ini dikarenakan harga solar yang memang lebih murah dan penggunaan bahan bakarnya juga lebih awet dan efisien. Mesin diesel hanya membutuhkan sedikit solar untuk menghasilkan tenaga maksimal.

    Kendaraan bermesin bensin relatif lebih boros dibanding diesel, terutama jika digunakan untuk menempuh jarak jauh. Hal ini dikarenakan konsumsi bahan bakar bensin lebih tinggi dan harga mesin juga lebih mahal.

    Keunggulan Mobil Berbahan Bakar Diesel

    Setelah mengetahui 5 perbedaan antara mesin mobil bensin dan mesin mobil diesel. Penting juga untuk kamu mengetahui 3 kelebihan mobil dengan mesin diesel. Berikut penjelasan lengkapnya.

    1. Lebih Mudah Dirawat

    Perawatan mesin diesel
    Mudah Merawat Mobil Mesin Diesel (olx.co.id)

    Hal ini disebabkan mesin diesel memiliki konstruksi yang lebih sederhana karena tidak memerlukan komponen pengapian seperti busi, kabel busi, dan koil. Namun, pada mesin diesel modern, beberapa komponen seperti filter solar, tetap perlu diperhatikan karena kualitas bahan bakar solar di Indonesia tidak cukup baik sehingga filter solar kerap kotor dan perlu cepat diganti. Jika diabaikan, hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin lain.

    2. Gas Buang Lebih Ramah Lingkungan

    Karena pembakaran mesin diesel lebih sempurna jika dibandingkan dengan mesin bensin, otomatis emisi gas buang yang dihasilkan juga jauh lebih rendah dan ramah lingkungan. Kelebihan satu inilah yang membuat mesin diesel kerap menjadi favorit di berbagai negara di Eropa yang terkenal memiliki regulasi emisi yang ketat.

    Baca juga: 5 Cara Cari Pom Bensin Terdekat, Sangat Mudah Lewat HP

    3. Nilai Jual Kembali Lebih Tinggi 

    Sudah menjadi rahasia umum jika mobil bermesin diesel memiliki nilai jual kembali (resale value) yang terjaga atau tinggi. Salah satu contohnya adalah Toyota Kijang Innova varian diesel, yang bisa dibilang cukup fenomenal, lantaran memiliki resale value yang terjaga. Hal tersebut membuat Innova Diesel layaknya investasi yang menguntungkan.

    Itulah 3 keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan mobil diesel. Jika kamu ingin berinvestasi melalui mobil, alangkah baiknya untuk memiliki mobil diesel. Jika kamu tertarik untuk membeli mobil dengan mesin diesel, kamu bisa mencarinya di OLX Autos

    Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait