Senin, Juli 22, 2024
Lainnya
    InformasiPerusahaan Asli Indonesia Kembangkan Teknologi Parkir Berbasis AI

    Perusahaan Asli Indonesia Kembangkan Teknologi Parkir Berbasis AI

    “Pengguna parkir akan mendapatkan pengalaman yang lebih efisien dan cepat, karena tidak perlu mengantre lama, baik di pintu masuk maupun keluar area parkir,” kata Chief Executive Officer CentrePark, Charles Oentomo, di Jakarta.

    News.OLX – Salah satu permasalahan klasik di Ibukota bagi kebanyakan pemilik kendaraan adalah ketersediaan lahan parkir yang aman dan juga nyaman. Tidak semua tempat-tempat umum seperti mall, gedung perkantoran, rumah sakit atau tempat umum lainnya bisa memenuhi kebutuhan tersebut. 

    Di beberapa tempat mungkin sudah tersedia sarana parkir kendaraan dengan standar keamanan serta kenyamanan yang tinggi, dengan skema dan alur parkir yang sederhana dan efisien. Baik itu dalam hal pengaturan lalu lintas di area parkir, maupun dalam proses transaksinya. Tapi biasanya sarana parkir seperti ini sangat jarang ada. Kalaupun ada pasti harga parkir per jam-nya lumayan mahal.

    Menjawab tantangan serta kebutuhan tersebut, perusahaan penyedia teknologi dan layanan perparkiran PT Centrepark Citra Corpora (CentrePark), melalui anak perusahaannya, Alfabeta, memperkenalkan solusi untuk meningkatkan pengalaman parkir konsumen. 

    CentrePark sendiri merupakan perusahaan lokal dalam industri pengelolaan dan pelayanan parkir yang berdiri sejak 2009.

    Memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) dan machine learning, Alfabeta mengembangkan sistem parkir bernama License Plate Recognition (LPR).

    Sistem parkir ini sudah diciptakan lima tahun lalu dan terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan.  

    “Pengguna parkir akan mendapatkan pengalaman yang lebih efisien dan cepat, karena tidak perlu mengantre lama, baik di pintu masuk maupun keluar area parkir,” kata Chief Executive Officer CentrePark, Charles Oentomo, di Jakarta.

    Pemilik kendaraan akan merasa lebih aman saat meninggalkan kendaraannya, karena dengan teknologi ini, setiap kendaraan yang masuk dan keluar area parkir akan diverifikasi. Prosesnya tak hanya meliputi kecocokan pelat nomor, tapi juga jenis kendaraan, merek kendaraan, hingga warna kendaraan.

    “Karena berbasis AI, prosesnya juga dilakukan secara cepat, jadi tidak terjadi antrean di gerbang masuk maupun keluar area parkir,” jelasnya lebih lanjut.

    LPR dari Alfabeta ini menggunakan teknologi control processing unit (CPU) yang lebih sederhana dan ekonomis dibanding penggunaan teknologi graphics processing unit (GPU), sehingga mudah diaplikasikan di semua jenis kamera pemantau (CCTV) dan sifatnya plug and play tanpa perlu penambahan alat lain. 

    Meski teknologinya lebih sederhana, namun kemampuan dari teknologi parkir LPR ini diklaim sangat akurat dan cepat.

    Saat ini Alfabeta juga tengah mengembangkan fitur lokasi di teknologi LPR ini. Dimana nantinya pengguna yang menggunakan aplikasi Parkee bisa mengetahui lokasi parkir kendaraannya. 

    Kebanyakan pemilik kendaraan yang parkir di mall atau gedung bertingkat kerap lupa di mana titik lokasi tepat saat ia memarkir kendaraannya. Hal ini sering menimbulkan masalah baru ketika parkir di gedung atau mall. 

    “Dengan hadirnya fitur tersebut tentunya akan meningkatkan pengalaman bagi pengguna aplikasi Parkee,” kata Charles. 

    Pengelola gedung maupun mall juga tentu akan mendapatkan value lebih karena kepuasan pengunjung mall lebih meningkat. 

    Mereka juga nantinya bisa memiliki rekaman data yang lebih baik dan akurat untuk melakukan analisa tren traffic kendaraan, mengetahui data jenis kendaraan yang parkir, sampai dijadikan sarana promosi melalui program loyalty untuk meningkatkan pengalaman konsumen. 

    “Secara khusus, penggunaan LPR di pusat perbelanjaan (mall) akan terus dikembangkan hingga bisa menjadi sarana untuk menganalisa customer journey. Fitur ini kami sebut sebagai shopping mall solution, di mana kami mengolah data dan membuat analisis mengenai pengalaman kunjungan konsumen, area yang paling banyak dikunjungi konsumen, hingga analisa data demografi dan emosi pengunjung,” pungkasnya.

    Inovasi yang ditawarkan Centrepark ini diharapkan bisa meningkatkan pengalaman parkir terbaik bagi masyarakat, sekaligus memberikan berbagai keuntungan bagi pengelola gedung.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait