Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    ReviewPeugeot 206, Hatchback Seksi yang Pernah Tenar di Zamannya

    Peugeot 206, Hatchback Seksi yang Pernah Tenar di Zamannya

    News.OLX – Siapa yang tak kenal Peugeot 206? Mobil ini merupakan salah satu mobil kompak yang diproduksi oleh perusahaan Prancis, Peugeot, antara tahun 1998 dan 2013. Walaupun sebenarnya model ini masih diproduksi di Negara Iran hingga sekarang.

    Mobil ini merupakan pengganti dari Peugeot 205 dan menjadi salah satu model yang sukses dalam sejarah. Peugeot 206 juga menjadi salah satu mobil Eropa yang paling banyak terjual di zamannya.

    Tidak hanya di dunia. Peugeot 206 merupakan model Peugeot yang paling laris di Indonesia. Hingga sekarang saja, masih banyak Peugeot 206 yang masih berkeliaran di jalanan Indonesia dikarenakan kepopuleran dan bentuk bodinya yang disukai banyak masyarakat Indonesia.

    Lantas, bagaimana sejarah dan eksistensinya dari masa ke masa? Berikut penjelasannya.

    Sejarah Peugeot 206Peugeot 206 pertama kali diperkenalkan pada bulan September 1998 sebagai model hatchback 3 pintu. Desainnya yang modern, ukurannya yang kompak, dan reliabilitasnya yang bisa diandalkan membuatnya populer di pasar mobil kompak di Eropa dan di seluruh dunia.

    Selama masa produksinya, mobil ini mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan. Hal ini bermula saat mobil ini diluncurkan sebagai pengganti Peugeot 205.

    Versi pertama diluncurkan pada tahun 1999. Saat itu Peugeot meluncurkan varian hatchback 5 pintu, yang kemudian disusul oleh versi cabriolet pada tahun 2001.

    Pada tahun yang sama, Peugeot juga meluncurkan versi sedan yang dikenal sebagai Peugeot 206 SD. Model ini memiliki bagian belakang yang lebih panjang dan menawarkan ruang kargo yang lebih besar.

    Selain itu, Peugeot juga menghadirkan varian sporty dari 206 yang dikenal sebagai Peugeot 206 GTI dan Peugeot 206 RC.

    Kedua varian ini dilengkapi dengan mesin yang lebih bertenaga, suspensi yang disetel dengan baik, dan beberapa perubahan desain eksterior untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty.

    Selama masa produksinya, Peugeot 206 mengalami beberapa pembaruan desain dan peningkatan fitur keselamatan. Pada tahun 2003, Peugeot memperkenalkan desain wajah yang baru dengan grille yang lebih besar dan lampu depan yang lebih tajam.

    Pada tahun 2009, Peugeot melakukan perubahan terakhir pada 206 dengan pembaruan desain eksterior dan interior yang lebih segar.

    Mobil Eropa terlaris

    Peugeot 206 menjadi salah satu mobil terlaris di Eropa selama beberapa tahun. Mobil ini berhasil terjual hingga lebih dari 7 juta unit di seluruh dunia.

    Keberhasilan ini sebagian besar didorong oleh desainnya yang menarik, performa yang baik, dan harga yang terjangkau. Selain itu, Peugeot 206 juga dikenal karena kenyamanan dan kehandalannya dalam penggunaan sehari-hari.

    Pada tahun 2013, Peugeot menghentikan produksi Peugeot 206 di seluruh dunia kecuali di Iran untuk memberi ruang bagi generasi penerusnya, Peugeot 208. Meskipun boleh dikatakan sudah discontinue di hampir seluruh dunia kecuali Iran, Peugeot 206 tetap populer di pasar mobil bekas dan masih banyak digunakan oleh penggemarnya hingga saat ini.

    Setelah penghentian produksi Peugeot 206 pada tahun 2013, penerusnya, Peugeot 208, diluncurkan untuk mengikuti jejak kesuksesan mobil sebelumnya.

    Peugeot 208 hadir dengan desain yang lebih modern, fitur teknologi yang ditingkatkan, dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

    Meskipun Peugeot 206 tidak lagi diproduksi, warisan dan popularitasnya tetap berlanjut. Mobil ini memiliki basis penggemar yang kuat dan sering menjadi pilihan bagi mereka yang mencari mobil bekas yang handal dan terjangkau.

    Prestasi

    Selain itu, Peugeot 206 juga populer di dunia reli, terutama versi sportnya seperti Peugeot 206 GTI dan Peugeot 206 RC, yang telah berhasil mengukir sejarah dalam balap reli.

    Selama masa produksinya, Peugeot 206 juga mendapatkan beberapa penghargaan. Pada tahun 1999, Peugeot 206 meraih penghargaan “Car of the Year” di Eropa, mengakui keunggulannya sebagai mobil kompak yang inovatif dan populer di pasar.

    Penghargaan ini mengukuhkan posisi Peugeot 206 sebagai salah satu mobil paling sukses dalam sejarah Peugeot. Selain itu, Peugeot 206 juga memiliki dampak yang signifikan dalam hal penjualan dan citra merek Peugeot.

    Mobil ini membantu memperkuat posisi Peugeot sebagai produsen mobil terkemuka di pasar Eropa dan memberikan kontribusi penting terhadap popularitas dan kesuksesan merek tersebut.

    Meskipun Peugeot 206 telah mengakhiri perjalanannya sebagai model produksi, warisan dan kontribusinya tetap dikenang dalam sejarah Peugeot.

    Model ini berhasil mencapai popularitas yang besar, memberikan kontribusi terhadap industri otomotif, dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan bagi para penggemarnya di seluruh dunia.

    Sejarah Peugeot 206 di Indonesia

    Peugeot 206 juga memiliki sejarah yang menarik di Indonesia. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di pasar Indonesia pada tahun 1999 oleh PT Astra International Tbk sebagai distributor resmi Peugeot di Indonesia.

    Memulai debutnya di Indonesia, mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut ketika diluncurkan pertamakali:

    Spesifikasi Peugeot 206
    Jenis Hatchback
    Tipe 206
    Mesin TU3JP SOHC 1400cc
    Bore X Stroke 75.0 X 77.0 mm
    Sistem Bahan Bakar Injeksi
    Transmisi Manual 5 Speed

    Otomatis 4 Speed (CBU)

    Otomatis triptonic (CKD)

    Wheelbase 2.442 mm
    Panjang 3.835 mm
    Lebar 1.652 mm
    Tinggi 1.428 mm

     

    Kehadiran Peugeot 206 di Indonesia menawarkan alternatif segar di segmen mobil kompak yang saat itu didominasi oleh merek Jepang.

    Peugeot 206 mendapatkan sambutan yang positif di Indonesia. Desainnya yang modern, kinerja yang baik, dan fitur-fitur yang cukup lengkap menjadi daya tarik bagi konsumen Indonesia. Mobil ini juga menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dan responsif.

    Selama beberapa tahun, 206 menjadi salah satu model paling populer dari merek Peugeot di Indonesia. Keberhasilannya di pasar mobil kompak Indonesia sebagian besar didorong oleh desainnya yang menarik dan citra merek Peugeot yang terkait dengan gaya dan kualitas Eropa.

    Selama masa kehadirannya di Indonesia, Peugeot 206 mengalami beberapa pembaruan dan peningkatan. Pada tahun 2003, Peugeot memperkenalkan varian hatchback 5 pintu yang lebih praktis dan memberikan opsi yang lebih luas bagi konsumen.

    Pembaruan desain juga dilakukan untuk memberikan tampilan yang lebih segar. Namun, pada tahun 2006, Peugeot mengambil keputusan untuk menghentikan penjualan 206 di Indonesia dan memasukkan 207. Keputusan ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk fokus pada model-model terbaru dan memperkuat posisi merek di pasar otomotif global.

    Baca juga: Bakal Konser di Jakarta, Intip Koleksi Mobil Chris Martin Vokalis Coldplay

    Meskipun Peugeot 206 tidak lagi dijual secara baru di Indonesia, mobil ini tetap sangat mudah ditemui sebagai mobil bekas di pasar dikarenakan demand akan mobil ini tetap tinggi. Terutama yang mencari hatchback eropa yang terjangkau dan mudah dirawat.

    Peugeot 206 bekas masih diminati oleh penggemar dan pecinta mobil Eropa yang mencari kendaraan dengan gaya yang unik dan karakteristik berkendara yang berbeda.

    Secara keseluruhan, sejarah Peugeot 206 di Indonesia mencerminkan kontribusinya sebagai salah satu model sukses dari merek Peugeot di pasar mobil kompak.

    Meskipun tidak lagi diproduksi baru, Peugeot 206 tetap dikenang sebagai mobil yang membantu memperkuat kehadiran merek Peugeot di Indonesia dan memberikan alternatif menarik bagi konsumen di segmen mobil kompak.

    Ternyata, panjang banget ya sejarah 206 ini? Mengingat Peugeot usianya sudah ratusan tahun, maka soal kualitas sudah nggak perlu kamu ragukan lagi! Sama seperti kualitas mobil bekas yang ada di OLX.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait