Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPohon di Halaman Rumah Ternyata Bisa Menambah Nilai Jual Rumah

    Pohon di Halaman Rumah Ternyata Bisa Menambah Nilai Jual Rumah

    Tak hanya baik untuk lingkungan, pohon di halaman ternyata bisa menaikkan nilai jual rumah 15%.

    News.OLX – Memiliki rumah dengan halaman asri dan rindang tentu menjadi dambaan banyak orang. Tak hanya menyejukkan mata dan membuat suasana rumah lebih nyaman, kehadiran pohon di halaman rumah ternyata juga bisa memberikan manfaat lain yang tak terduga, yaitu meningkatkan nilai jual rumah.

    Bagaimana bisa? Hal ini karena pohon di halaman rumah memiliki sejumlah manfaat.

    1. Meningkatkan Estetika dan Daya Tarik

    Pohon yang rindang dan terawat rapi dapat mempercantik tampilan rumah dan membuatnya lebih menarik bagi calon pembeli. Halaman yang asri dengan pepohonan yang indah akan memberikan kesan rumah yang nyaman, sejuk, dan alami.

    2. Meningkatkan Kualitas Udara

    Pohon menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah.

    Apalagi fakta ini didukung oleh studi riil dari University of Lancaster, Inggris pada tahun 2022 lalu yang rilis di jurnal Scientific Reports mengungkapkan bahwa vegetasi pinggir jalan dapat dipilih, ditanam, dan dipelihara untuk mencapai peningkatan kualitas udara yang cepat, signifikan, dan hemat biaya.

    Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi calon pembeli yang ingin memiliki rumah dengan lingkungan yang sehat.

    3. Menyediakan Naungan

    Pohon dapat memberikan naungan dari sinar matahari yang terik, sehingga membantu menjaga suhu rumah tetap sejuk di siang hari. Hal ini dapat menghemat biaya pendingin ruangan dan membuat rumah lebih hemat energi.

    Bersumber dari Arbor Day Foundation, efek pendinginan dari pohon dewasa mampu mengurangi konsumsi pendingin ruangan atau AC hingga 30%. Bukan hanya itu, penanaman yang baik di sekitar bangunan rumah juga bisa menghemat 20-50% energi yang terpakai saat pemanasan.

    Di sisi lain, pohon dewasa mampu menangkis angin dingin dan menyebarkan udara sejuk sepoi-sepoi yang menenangkan.

    4. Menciptakan Privasi

    Pohon tinggi dapat membantu menciptakan privasi bagi penghuni rumah dengan menghalangi pandangan dari luar. Hal ini penting bagi calon pembeli yang menginginkan rumah dengan privasi yang terjaga.

    5. Meningkatkan Nilai Jual Rumah atau Properti

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rumah dengan pepohonan yang indah di halamannya dapat dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan rumah tanpa pohon. 

    Hal ini menunjukkan bahwa pohon memiliki nilai ekonomis yang dapat meningkatkan nilai jual rumah atau properti.

    Bahkan melansir kompas.com, keberadaan pohon di halaman rumah mampu meningkatkan nilai properti atau jual rumah hingga 15%. Hal ini karena rumah tampak menarik dan lebih indah.

    Jadi, menanam pohon di halaman rumah bukan hanya memberikan manfaat estetika dan ekologis, tapi juga dapat meningkatkan nilai jual rumah.

    Buat kamu yang sedang mencari pohon apa yang cocok untuk kamu tanam di depan rumah, coba scrolling tanaman-tanaman bermanfaat di OLX. 

    Selain banyak pilihan yang tersedia, tersedia aplikasi OLX yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau App Store untuk akses praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait