Senin, Maret 24, 2025
Lainnya
    Tips & TrikMengenal Rem Tromol Mobil: Cara Kerja, Komponen dan Fungsinya

    Mengenal Rem Tromol Mobil: Cara Kerja, Komponen dan Fungsinya

    JAKARTA – Pada sistem pengereman mobil, terdapat 2 tipe rem yang sampai saat ini masih populer. Dua tipe ini adalah rem cakram dan rem tromol. Rem tromol mobil sendiri biasanya digunakan pada bagian roda belakang.

    - Advertisement -

    Sama-sama berguna untuk menurunkan atau mengurangi laju kendaraan, rem tromol mobil ini berbeda dengan rem cakram. Selain itu komponen yang menyusun keduanya pun memiliki perbedaan.

    Untuk kali ini yang akan dibahas adalah rem tromol mobil yang masih banyak digunakan masyarakat. Rem tromol sendiri sampai saat ini masih banyak ditemui pada kendaraan roda dua dan empat.

    - Advertisement -

    Rem tromol pada mobil biasanya sudah menggunakan sistem rem hidrolik, karena sudah memanfaatkan tekanan hidrolik untuk membantu melakukan tekanan pada kampas rem. Bentuknya yang bulat seperti tabung ini bisa dilihat seperti halnya tromol pada motor matik sebagai gambaran.

    Namun untuk mobil sendiri memiliki sedikit perbedaan. Berikut ulasan mengenai rem tromol mobil yang sebaiknya Anda tahu.

    - Advertisement -

    Cara Kerja Rem Tromol Mobil

    Cara kerja dari rem tromol mobil ini cukup simpel dan mudah untuk dipahami. Rem tromol mobil ini akan bekerja saat pedal rem diinjak yang secara otomatis akan menekan elemen pushrod serta piston master silinder dengan bersamaan.

    Saat penekanan ini terjadi maka piston akan beranjak maju, sehingga volume menyempit. Volume yang berisi cairan minyak rem ini akan terdorong keluar melewati outlet valve menuju outlet house pada master rem.

    Cairan minyak rem yang terdorong tersebut melewati selang hidrolik dan diteruskan ke dalam Wheel Cylinder. Cairan dalam silinder roda akan diubah sebagai energi mekanis oleh piston.

    Piston yang terletak di silinder roda akan bergerak keluar untuk menekan kampas rem yang berakibat brake shoe mengembang dan menimbulkan gaya penekanan antara brake shoe dengan drum brake. 

    Saat terjadi penekanan ini makan laju dari roda mobil Anda akan menurun karena terjadi pengereman.

    Komponen Rem Tromol Mobil

    Kurang lebih terdapat 9 komponen yang ada pada rem tromol mobil. Komponen ini akan bekerja satu sama lain agar terjadi pengereman yang maksimal.

    Backing Plate

    Backing plate adalah piringan berbahan dasar logam yang cukup tipis dan diletakan di bagian belakang sistem rem tromol. Pada dasarnya, komponen ini berfungsi sebagai pelindung untuk komponen rem tromol yang lainnya.

    Silinder Roda

    Komponen rem tromol mobil yang berguna untuk mengubah tekanan fluida menjadi gerakan yang mekanis.

    Sepatu Rem & Kampas

    Brake shoe atau sepatu rem adalah tempat yang biasanya dipakai untuk meletakan kampas rem pada sistem rem tromol. Sementara tempat meletakan kampas rem di komponen rem cakram adalah brake pad.

    Return Spring

    Berfungsi untuk mengembalikan posisi sepatu rem ke posisi yang awal sebelum adanya tekanan dari tuas rem atau pedal. Dalam sistem kerja rem tromol, return spring terdiri dari 2 yaitu upper spring dan lower spring.

    Brake Shoe Holder

    Sepatu rem akan diletakan atau disimpan menempel di bagian backing plate. Brake shoe holder memiliki sifat yang dinamis atau mudah untuk digerakkan. Dengan cara itu, maka mekanisme holder yang dipakai bisa menunjang rem tromol dengan baik.

    Brake Shoe Adjuster

    Berfungsi untuk menyetel celah yang muncul di antara kampas rem tromol dengan permukaan tromol saat adanya gerakan dari pedal rem, baik itu gerakan menekan atau penarikan bagian tuas rem. 

    Parking Brake Lever

    Menjaga kondisi mobil tetap diam dalam kondisi rem aktif saat diparkir.

    Drum atau Rem Tromol

    Sebagai media gesekan bersama kampas rem untuk tujuan agar putaran roda akan berhenti di jalan.

    Parking Brake Cable

    Kabel baja yang biasa dipakai untuk menarik sistem rem tromol. 

    Fungsi Rem Tromol Mobil

    Seperti namanya, fungsi dari rem tromol mobil ini adalah untuk menghentikan atau mengurangi laju kendaraan agar mobil mudah untuk dikendarai. Dari proses pengereman ini akan mengurangi potensi bahaya yang diakibatkan oleh laju kendaraan.

    Selain itu rem tromol dapat menahan kendaraan untuk tetap diam pada permukaan yang tidak rata seperti tanjakan atau turunan. 

    Rem tromol ini pun juga selalu diaktifkan saat memarkir kendaraan agar tidak bergerak dan diam dalam posisi parkir dengan cara menarik tuas rem tangan.

    Tipe Rem Tromol Mobil

    Pada sistem pengereman mobil, rem tromol mobil sendiri memiliki beberapa tipe. Apabila merujuk pada cara kerjanya sebenarnya hanya ada dua yaitu single piston dan dual piston. 

    Namun bila melihat lebih luas, ada 6 tipe rem tromol mobil.

    Leading and trailing shoes

    Seperti namanya, terdapat dua buah sepatu rem yang berfungsi sebagai leading dan bertugas sebagai trailing. 

    Leading shoes berarti sepatu rem yang berperan menghentikan laju putaran tromol lebih kuat. Sementara trailing berfungsi sebagai bantuan pengereman.

    Single leading shoes

    Merupakan satu jenis rem tromol dengan dua buah kampas rem namun hanya satu yang bergerak sebagai leading shoes. Sementara sepatu rem satunya hanya sebagai pendukung kampas utama. Sistem ini memang sangat simple tapi memiliki daya pengereman yang kecil sehingga untuk saat ini sudah jarang digunakan.

    Two leading shoes

    Kedua sepatu rem akan bertindak sebagai leading shoes. Pada tipe leading and trailing sepatu rem akan bergerak secara refleksi. Sementara pada tipe ini kampas rem bergerak secara berkebalikan.

    Jadi apabila tromol berputar searah jarum jam maka bagian atas pada sepatu rem sebelah kanan akan bergerak. Sementara sepatu rem sebelah kiri akan bergerak dibagian bawahnya.

    Dual fixed cylinder

    Saat menginjak pedal rem maka seluruh permukaan kampas rem baik kampas rem sebelah kanan atau kiri akan menempel dengan sempurna pada permukaan tromol.

    Ini terjadi karena ada dua buah wheel cylinder dengan dua piston, sehingga saat ada tekanan hidrolis keempat piston akan mendorong keempat ujung sepatu rem secara bersamaan. 

    Uni servo

    Tipe rem tromol yang dipermudah konstruksinya. Karena secara cara kerja, ini hampir sama dengan sepatu rem tipe leading and trailing, namun sistem ini hanya dilengkapi satu buah wheel cylinder yang memiliki satu piston.

    Duo servo

    Tipe terakhir juga sama seperti tipe uni servo yang memiliki adjuster melayang, hanya saja tipe ini memiliki satu silinder roda dengan dua buah piston. Sehingga kalau dilihat sekilas ini seperti tipe leading and trailing, namun bukan

    Nah, setelah menyimak ulasan di atas pasti sedikit banyak sudah paham mengenai rem tromol mobil baik fungsi dan kegunaannya.

    Kalau urusan mobil bekas, jangan lupa untuk #PilihYangPasti aja di OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi.. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    Populer
    Berita Terkait