Sabtu, Mei 3, 2025
Lainnya
    OtomotifMobilReview GWM Haval Jolion Hybrid: SUV Ganteng yang Phobia ke SPBU

    Review GWM Haval Jolion Hybrid: SUV Ganteng yang Phobia ke SPBU

    OLX News – GWM atau Great Wall Motor punya Haval Jolion Hybrid sebagai salah satu line up yang ditawarkan kepada konsumen di Indonesia. Secara keseluruhan, mobil SUV ini memang sangat menarik. 

    - Advertisement -

    Apalagi baru-baru ini harganya dipangkas hingga semakin terjangkau. Yup, Haval Jolion bisa dibawa pulang dengan harga 405 juta rupiah, yang sebelumnya dibanderol 445 juta rupiah. 

    Review Haval Jolion Hybrid

    - Advertisement -

    Namun seberapa menarik model ini untuk dimiliki oleh pengagum mobil berkarakter jangkung dan kuat ngebabat berbagai medan ini? OLX News sudah mencobanya sekitar satu minggu lebih untuk mendapatkan impresi berkendara Haval Jolion Hybrid (HEV).

    Desain Gagah dengan Fitur Melimpah

    Review Haval Jolion Hybrid

    - Advertisement -

    Fitur berlimpah mungkin sudah jadi ciri khas dari mobil-mobil China yang kini membanjiri pasar kendaraan di Tanah Air, tak terkecuali dengan mobil SUV yang satu ini. Haval Jolion sudah dilengkapi fitur-fitur yang bikin geleng-geleng kepala. 

    Keyless entry/start, spion elektrik, dual zone climate control, moonroof, jok pengemudi dengan pengaturan elektrik, head-up display, dan lampu depan LED dengan desain keren, sudah menjadi fitur standar dari mobil ini. Bisa kalian bayangkan, paket lengkap dari fitur tersebut bisa didapat hanya dengan harga 405 juta rupiah saja!

    Bukan cuma itu saja daya tarik Haval Jolion Hybrid ini. Dari sisi desain eksteriornya pun gak jarang bikin orang betah berlama-lama menatapnya.

    Review Haval Jolion Hybrid

    Gril besar sebagai media untuk menyematkan brand Haval diapit kombinasi lampu depan bergaya futuristik berteknologi LED, menjadi alasan OLX News sangat menyukai tampilan Haval Jolion.

    Desain belakangnya juga gak kalah indah. Perpaduan LED tail light dengan spoiler belakang bikin kelihatan sporty banget.  

    Review Haval Jolion Hybrid

    Tapi rasa-rasanya bakal gak sedikit juga yang membenci desain tersebut karena dianggap terlalu berlebihan. Sah-sah saja, tapi yang pasti kami suka. 

    Interior Mewah, Kapasitas Bagasi Minim

    Sekarang OLX News mau menggambarkan bagaimana kabin Haval Jolion ini juga punya daya tarik yang luar biasa.

    Mewah! Itu adalah kesan pertama kami saat masuk ke dalam kabinnya. 

    GWM memberikan banyak sekali spot-spot interior dengan material soft touch. Jok sudah dilapisi bahan kulit berpadu jahitan benang putih yang nampak sangat kontras.

    Review Haval Jolion Hybrid

    Yang cukup menarik adalah detail di bagian dasbor dengan corak loreng hitam yang ketika ditekan rasanya cukup lembut.

    Detail ini cukup menarik perhatian karena tampil beda dengan corak interior keseluruhan. 

    Begitu juga dengan lingkar kemudi yang sudah dilapisi kulit dan bisa diatur untuk tinggi rendahnya. Mencari posisi ideal untuk mengemudikan Jolion dengan nyaman tentu bukan hal yang sulit dilakukan. 

    Review Haval Jolion Hybrid

    Ruang kompartemen untuk menyimpan barang-barang juga cukup banyak, mulai dari konsol tengah atau tepatnya di bawah tuas transmisi putar, di depan jok penumpang baris pertama, sisi tengah antara pengemudi dan penumpang, kantong belakang jok baris pertama hingga di masing-masing pintu yang muat untuk nyelipin botol minum. 

    Posisi duduk yang nyaman bisa dirasakan semua penumpang mulai dari bangku baris depan sampai baris kedua.

    Head room untuk ukuran tinggi rata-rata orang Asia cukup lega, begitu juga dengan leg room-nya.

    Malah menurut kami, untuk baris kedua Haval Jolion jauh lebih lega dibanding model SUV merek lainnya.

    Apalagi ventilasi AC juga tersedia di belakang, lengkap dengan sepasang USB port untuk kebutuhan mengisi daya handphone penumpang di baris kedua.

    Dan moonroof dilengkapi sunroof pada bagian atap mobil menjadikan kemewahan kabin Haval Jolion semakin paripurna.

    Namun di balik kesempurnaan kabin Haval Jolion, ada juga beberapa hal yang bikin kecewa.

    Salah satunya adalah pada bagian bagasi. Selain karena gak terlalu besar, posisi lantai bagasinya juga cukup tinggi.

    Dari spesifikasi mobil yang kami lihat, kapasitas bagasi Jolion ini hanya 255 liter, gak sesuai sama body-nya yang lumayan gambot.

    Dan pada akhirnya sangat sulit mengakomodasi kebutuhan untuk memuat barang dalam jumlah banyak kalau mau road trip.  

    Kecuali kalau kalian rela untuk mengorbankan kursi baris kedua dilipat, yang artinya, jumlah penumpang pun harus di eliminasi. 

    Review Haval Jolion Hybrid

    Begitu juga dengan urusan kontrol AC. Untuk mengatur suhu dalam kabin harus melalui layar infotainment berukuran 12,3 inci yang terletak di tengah dasbor.

    Padahal di bawah layar tersebut ada tombol fisik untuk menyalakan atau mematikan AC, mode sirkulasi AC dan tombol power untuk layar infotainment.

    Tapi tetap saja, untuk urusan menaikkan dan menurunkan suhu, atau mengatur besar kecilnya semprotan AC, harus dari layar. Agak ribet sih jadinya.

    Review Haval Jolion Hybrid

    Khusus untuk layar infotainment, disitu sudah dilengkapi dengan fitur Android Auto dan Apple Carplay via kabel, jadi bisa mirroring dengan smartphone.

    Cukup memudahkan untuk mengakses Google Map saat hendak bepergian ke destinasi yang belum kita paham benar lokasinya. 

    Layar tersebut juga punya fitur koneksi Bluetooth, radio, dan fitur entertainment lain yang kita butuhkan selama perjalanan. 

    Impresi Berkendara Haval Jolion Hybrid

    Review Haval Jolion Hybrid

    Selama lebih dari sepekan menemani aktivitas OLX News, Haval Jolion ini menghadirkan impresi berkendara yang cukup menarik.

    Nggak hanya menarik saat diajak beraktivitas, tapi juga saat mengantarkan kami liburan di Tiris Pisan Camping Ground yang letaknya di jalur Puncak 2, Bogor, Jawa Barat.

    Melintasi jalan tol, tenaga dari Haval Jolion ini kami akui sangat melimpah. Putaran bawah dan atasnya sama-sama responsif dan halus banget.

    Saking halusnya, kami gak bisa bedakan kapan mobil melaju menggunakan tenaga motor listrik, dan kapan melaju dengan tenaga mesin. Proses perpindahan tenaganya benar-benar smooth.

    Urusan konsumsi BBM, kami berhasil dapatkan di angka 14,5 km/l, sangat irit menurut kami. Saking iritnya, Haval Jolion ini kami cap sebagai mobil yang fobia sama SPBU.

    Hanya dengan bermodalkan 55 liter (kapasitas tangki penuh) kami bisa mengajaknya wara-wiri selama sepekan tanpa harus masuk ke SPBU.  

    Kendati demikian, kami merasakan adanya kekurangan yang cukup mendasar pada Haval Jolion Hybrid ini.

    Meski mentereng dengan teknologi hybrid yang diusungnya, sayang karena untuk fitur ADAS yang sekarang sedang hype banget, di Haval Jolion belum maksimal.  

    Tapi secara keseluruhan, mobil SUV berteknologi hybrid ini memang sangat menggoda untuk bisa dimiliki.

    Ruang kabin mampu mengakomodir penumpang dari baris depan hingga baris kedua dengan sangat nyaman. Konsumsi BBM-nya juga irit banget.

    Intinya semua pendukung kenyamanan berkendara di Haval Jolion Hybrid sangat menggiurkan. 

    Satu hal lagi yang menurut kami masih cukup mengganggu adalah cara mengaktifkan fitur-fitur di mobil yang mengandalkan sentuhan ke layar head unit.

    Review Haval Jolion Hybrid

    Tapi mau bilang apa lagi? Hal ini seperti sudah menjadi tren di mobil-mobil keluaran terbaru saat ini. Tinggal bagaimana kita bisa beradaptasi saja. 

    Cara paling gampang menurut kami adalah, mengendarai Haval Jolion Hybrid dengan normal, nggak perlu terlalu banyak mengakses fitur seperti mode drive, atau hal lainnya. Lebih aman dan nggak usah ribet!

    Sekarang Ada Haval Jolion Ultra, Dilengkapi 20 Fungsi ADAS

    Terkait kekurangan di urusan ADAS, baru-baru ini, atau tepatnya di ajang IIMS 2025 lalu, GWM baru saja meluncurkan Haval Jolion Ultra yang sekarang sudah dibekali dengan 20 fungsi ADAS. Paling lengkap di kelasnya dan sudah pasti semakin meningkatkan kenyamanan serta keselamatan berkendara. 

    Serunya lagi, Jolion Ultra dibanderol dengan harga yang ternyata nggak jauh-jauh amat dengan versi yang kami test ini. 

    GWM Indonesia menawarkan Haval Jolion Ultra di harga Rp418 juta. Khusus di IIMS, harganya ada diskon Rp13 juta menjadi Rp405 juta, khusus untuk 100 pembeli pertama.

    Bagaimana? Tertarik beli mobil yang fobia masuk SPBU ini? (Z)

    Populer.
    Berita Terkait