Jumat, Juni 14, 2024
Lainnya
    MobilMobil Daihatsu Taft Reborn, Begini Spesifikasi dan Harganya

    Mobil Daihatsu Taft Reborn, Begini Spesifikasi dan Harganya

    JAKARTA – Daihatsu Taft merupakan merek mobil dari Daihatsu bertipe mini SUV. Mobil yang sudah hadir sejak tahun 1974 sampai dengan 1984 ini cukup banyak menghiasi jalanan di Indonesia. 

    Daihatsu Taft ini pun juga dipasarkan di negara lain dengan berbagai nama, antara lain Wildcat, Scat atau Daihatsu Rugger.

    Setelah cukup lama kini, hadir varian terbaru dari Daihatsu Taft yang hadir dengan penampilan baru. Selain itu sosok dari Daihatsu Taft baru ini pun sangat berbeda dari generasi sebelumnya.

    Memiliki nama Daihatsu Taft Reborn, penampilannya jauh lebih modern. Mobil ini pun diluncurkan pada sejak 10 Juni 2020 di Jepang kemarin. Mobil ini pun masuk ke dalam mobil kei car.

    Bagi Anda yang sebelumnya memiliki Daihatsu Taft versi lama, tentu akan sangat pangling dengan penampilan Daihatsu Taft Reborn yang sangat jauh berbeda.

    Daihatsu Taft Reborn ini dibangun dari platform terbaru Daihatsu yaitu DNGA yang mengedepankan sisi detail dan harga yang terjangkau.

    Di Jepang, mobil ini menjadi mobil kei car yang menyasar segala usia konsumen untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Bukan hanya menyasar segmen pecinta mobil SUV saja.

    Spesifikasi Mobil Daihatsu Taft Reborn

    Daihatsu Taft Reborn tersedia dalam tiga macam tipe yaitu tipe X, G, dan G Turbo. Tipe X merupakan tipe paling rendah dan di atasnya ada tipe G, lalu tipe tertinggi adalah G Turbo. Setiap tipe punya spesifikasi lengkap yang sama. Meski ada beberapa detail kecil yang berbeda.

    Daihatsu Taft Reborn ini hadir dengan mesin tiga silinder yang memiliki kapasitas 660 cc dengan naturally aspirated dan turbo charger. Pada kedua mesin tersebut disematkan transmisi CVT yang nantinya tenaga dari mesin disalurkan ke dua roda maupun empat roda pada mobil tersebut.

    Mobil ini ditawarkan dengan sistem penggerak 2 Wheel Drive dan 4 Wheel Drive. Mesin pada mobil ini memiliki daya maksimal 64 Ps pada putaran 6.400 rpm dan torsi maksimal 100 Nm pada putaran 3.600 rpm.

    Mobil ini memiliki dimensi bodi dengan panjang 3.395 mm× lebar 1.475 mm × tinggi 1.630 mm dengan ground clearance minimum 190 mm. 

    Interior Mobil Daihatsu Taft Reborn

    Masuk ke dalam kabin Daihatsu Taft Reborn, mobil ini terasa laga. Desain dari dashboardnya pun cukup menarik dengan memiliki head unit yang cukup besar. 

    Memiliki kompartemen yang cukup memadai untuk menyimpan barang di dasbor mulai dari cup holder hingga glove box. Dashboard juga diselipi warna oranye yang menambah kesan sporty.

    Pada bagian kursinya, baris kedua dapat dilipat untuk menambah kapasitas dari bagasi mobil kecil ini. Ruang ini cukup memadai meski tidak terlalu besar setara dengan luasan dari baris kedua Suzuki Jimny. 

    Kursi joknya ini dibalut dengan warna abu-abu dengan motif camo. Ukurannya memang tidak seluas bagian depan namun cukup untuk orang dewasa meski ruangnya pas-pasan.

    Pada interiornya yang cukup menarik adalah pada mobil ini dilengkapi dengan panoramic glass roof yang membuatnya terasa lebih lapang.

    Selain itu, ada fitur UV and IR cut function yang bisa mengurangi efek dari sinar ultraviolet dan infrared yang bisa merusak kulit yang bisa membuka dan menutup.

    Pada bagian bagasi ada ruang yang cukup untuk memuat dua koper dengan posisi berdiri.

    Eksterior Mobil Daihatsu Taft Reborn

    Mengadopsi platform generasi baru Daihatsu, Daihatsu New Global Architecture (DNGA) sebagai model yang ketiga. Daihatsu Taft ini memiliki penampilan mewah dan grill yang dibalut aksen chrome. 

    Desain daripada mobil ini pun lebih kecil dibandingkan dengan Daihatsu Taft lama. Memiliki gaya wagon dengan tampilan tinggi dan sporty, dan memiliki kekuatan lebih dari pada Hustler baru Suzuki, memberikan kesan off-road.

    Memiliki aksen tulisan timbul TAFT membuat kesannya semakin keren. Pada bagian depannya, lampu mobil ini sudah menggunakan LED yang membuat penampilannya menarik. 

    Lampu DRL LED yang merupakan tiga lampu luar juga cukup modis dan siap melewati semua medan.

    Untuk velgnya, mobil ini menggunakan velg kaleng berukuran 15 inci untuk tipe X dan velg alumunium untuk tipe di atasnya. 

    Daihatsu menyiapkan sembilan warna menarik, yaitu Lake blue metallic, Forest khaki metallic, Sand beige metallic, Lemon squash crystal metallic, Black mica metallic, Splash blue metallic, Shining white pearl, Comparo red dan Bright silver metallic.

    Fitur Mobil Daihatsu Taft Reborn

    Daihatsu Taft Reborn memiliki sejumlah fitur yang menunjang untuk mendukung kenyamanan dalam perjalanan. Mobil ini sudah dilengkapi dengan Daihatsu Smart Assist yang terdiri dari Adaptive Cruise Control.

    Untuk fitur keamanannya sendiri terdapat Lane Keep Control, Roadside Deviation Warning Function, Collision Damage Mitigation Brake, Acceleration Suppression Device, Lane Departure Warning, dan Advanced Light.

    Kemudian untuk fitur keselamatannya terdapat sistem rem ABS+EBD, Vehicle Stability Control, Traction Control, dan Total Advanced Function (TAF) Body.

    Harga Baru Mobil Daihatsu Taft Reborn

    Sebagai mobil baru, Daihatsu Taft belum memiliki unit bekasnya di pasaran. Sedangkan untuk mobil baru dari Daihatsu Taft ini ditawarkan dengan harga mulai Rp160 juta hingga Rp200 jutaan. 

    Meski begitu untuk mendapatkan mobil Daihatsu Taft ini belum bisa semudah membeli unit baru di dealer resmi Daihatsu. Pasalnya Daihatsu sendiri belum memboyong Daihatsu Taft ke Indonesia.

    Namun tidak perlu khawatir karena Anda dapat membeli mobil ini dengan cara memesan melalui importir umum Safari Motor dengan menyiapkan uang DP sekitar Rp 300 juta.

    Harga Bekas Mobil Daihatsu Taft Reborn

    Untuk mobil bekasnya sendiri, mobil Daihatsu Taft Reborn ini belum banyak ditemukan di pasaran.

    Nah, bagi Anda yang sudah sedikit banyak paham mengenai spesifikasi Daihatsu Taft baru mungkin sudah memiliki gambaran untuk membeli atau tidaknya mobil tersebut. 

    Jangan lupa bila ingin menjual mobil pastikan untuk memilih mitra terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik. Seperti OLX Autos yang memberikan penawaran terbaik, pembayaran instan dan tanpa hidden fee.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. 

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait