Jumat, Juni 21, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriSuzuki Escudo, Tangguh dan Tak Lekang Oleh Waktu

    Suzuki Escudo, Tangguh dan Tak Lekang Oleh Waktu

    Memiliki desain yang tidak lekang oleh waktu dengan bentuk boxy, Suzuki Escudo menjadi salah satu mobil yang cukup banyak dan mudah untuk dimodifikasi. Apalagi ketersediaan spare partnya di toko otomotif sangat mudah untuk dicari.

    JAKARTA – Suzuki Escudo merupakan salah satu SUV keluaran Suzuki yang sampai saat ini masih banyak berseliweran di jalanan Indonesia. Pertama kali rilis di Tanah Air sejak tahun 90-an, hingga saat ini Suzuki Escudo masih banyak digunakan pecinta otomotif khususnya jalur off-road. 

    Bila saat ini Anda melihat SUV Suzuki Vitara, maka Suzuki Escudo adalah generasi lebih tua dari mobil tersebut. Kendati demikian, performa dan kegagahan mobil ini pun tidak kalah menarik dengan generasi penerusnya tersebut.

    Sejak pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1994, Suzuki Escudo hadir dengan nama Escudo JLX. Pada generasi pertamanya mobil ini hadir dengan sistem penggerak 4×2. Lalu untuk generasi selanjutnya pada tahun 1997, mobil ini mendapat versi facelift dengan nama Suzuki Escudo Nomade dengan beberapa perubahan. Adala pula fitur berupa side moulding serta ada perubahan minor pada bagian dashboardnya.. 

    Satu tahun kemudian, mobil ini memiliki varian terbaru yaitu Suzuki Escudo 1.6 dan kemudian di tahun 2001 hadir Suzuki Escudo 2.0. Setelah terdapat pembaharuan pada mobil ini terakhir ada mobil Escudo XL7 yang diproduksi pada tahun 2003 hingga 2006. 

    Baca juga: Harga Bekas Suzuki Escudo Ternyata Mulai Rp 36 Jutaan

    Sebagai mobil yang tangguh, Suzuki Escudo ini menjadi salah satu mobil yang harganya cukup stabil. Menjadi mobil bekas di bawah 80 juta, perawatannya pun cukup mudah. Apalagi mobil ini juga nyaman untuk perjalanan jauh yang bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk memilih kendaraan.

    Spesifikasi Mobil Suzuki Escudo

    Pada sisi dapur pacunya, Suzuki Escudo baik tipe JLX atau Nomade dibekali dengan mesin berkode G16A yang memiliki kapasitas 1,6 L berteknologi SOHC dan memiliki 16 katup 4 silinder segaris. Menggunakan mesin ini, Suzuki Escudo mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 85 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,7 kgm pada putaran 4.500 rpm. 

    Namun mesin ini masih menggunakan karburator yang hingga saat ini disebut sebagai kendaraan yang cukup boros. Untuk perbandingannya, konsumsi bahan bakar dari mesin ini adalah 1:7 untuk dalam kota dan 1:10 untuk perjalanan luar kota.

    Dalam menunjang kenyamanan dalam berkendara untuk melibas jalanan yang dilewati oleh Suzuki Escudo, ia menggunakan suspensi macpherson struts di bagian depan serta rigid axle 3 link di bagian belakangnya. Dibekali suspensi ini membuat pengendara semakin nyaman saat berada di jalanan yang tidak rata. 

    Untuk pengeramannya sendiri mobil ini menggunakan disc pada bagian dan belakangnya. Aura desain kekar dan kokoh memang menjadi salah satu penampilan dari mobil ini yang membuatnya masih banyak diminati hingga sekarang.

    Baca juga: Suzuki Splash, City Car Mungil dan Unik, Segini Harga Bekasnya

    Interior Mobil Suzuki Escudo

    Interior mobil Suzuki Escudo

    Masuk ke dalam mobil langsung terasa gaya khas mobil pada tahun 90-an. Dashboard dengan desain yang cukup lawas dan belum modern seperti mobil-mobil baru pada zaman sekarang memang begitu kental terasa pada interior mobil ini. 

    Meski terlihat sederhana, namun dashboardnya ini cukup praktis dan sudah memenuhi kebutuhan dengan desainnya yang kotak. Pada mobil ini juga sudah dilengkapi dengan AC untuk memberikan suasana sejuk saat berada di dalam mobil.

    Nah, untuk head unit dan panel-panel kontrol lainnya, tentu tidak bisa berharap banyak, karena sebagai mobil keluaran lama tentu tidak selengkap seperti mobil keluaran terbaru. Sisi hiburannya pun hanya disematkan sebuah radio. Biasanya pemilik dari mobil Suzuki Escudo ini sudah memodifikasi bagian ini untuk menambah fitur hiburan di dalam mobil ini.

    Mampu menampung 5 orang penumpang, kualitas dari joknya yang digunakan sudah cukup baik dan nyaman meski usianya sudah cukup lama. Namun tidak jarang pemilik kendaraan ini sudah memodifikasinya.

    Eksterior Mobil Suzuki Escudo

    Kesan gagah dan kokoh dari mobil ini begitu terasa saat melihat sisi eksteriornya. Sebagai mobil SUV desain dari Suzuki Escudo ini cukup banyak diminati karena tidak lekang oleh waktu dengan desainnya yang boxy. 

    Memiliki lampu depan dengan bentuk kotak, desain grill dan bumpernya pun cukup simpel khas mobil tahun 90-an. Selain itu cukup banyak akses garis pada bagian bodi mobil ini yang mempertegas penampilannya.

    Ditambah dengan menggunakan velg alloy 16 inci yang memiliki desain palang tebal membuatnya terlihat gagah. Apalagi pada tahun 1996 untuk desain warna pada mobil Suzuki Escudo ini menggunakan kelir two tone yang menjadi salah satu ciri khas dari Suzuki Escudo JLX. Selain ia sudah dilengkapi dengan spoiler belakang.

    Namut cat two tone ini tidak bertahan lama dan diganti dengan satu warna pada Suzuki Escudo keluaran tahun 1998.

    Baca juga: Review Mobil Suzuki Vitara, SUV Keren Penerus Escudo yang Nyaman

    Eksterior mobil Suzuki Escudo

    Fitur Mobil Suzuki Escudo

    Beberapa fitur yang dimiliki oleh Suzuki Escudo ini memiliki perbedaan dari setiap generasinya. Bila berbicara mengenai tipe Suzuki Escudo 1.6 dan 2.0 ini memiliki sarana hiburan yang lebih mumpuni dari tipe sebelumnya.

    Pada sisi hiburannya sudah disematkan tape/CD Player Double Din merk JVC yang mampu menunjang kenyamanan dalam berkendara agar tidak bosan saat perjalanan jauh.

    Harga Suzuki Escudo Baru

    Bagi penggemar olahraga off-road, mobil Suzuki Escudo menjadi salah satu pilihan kendaraan untuk jalan-jalan di jalur yang tidak rata. Sampai saat ini penjualan mobil Suzuki Escudo baru di Indonesia memang sudah tidak ada lagi. Sementara di Jepang, Suzuki Escudo Hybrid ditawarkan dengan harga 2.970.000 yen atau setara Rp332 jutaan.

    Harga Suzuki Escudo Bekas

    Menjadi mobil SUV yang desainnya tidak lekang oleh waktu. Harga dari mobil Suzuki Escudo ini cukup stabil. Mobil Suzuki Escudo bekas masih bisa Anda temui di berbagai dealer maupun showroom mobil bekas. Harga yang ditawarkan cukup bervariatif sesuai dengan tahun keluarannya. 

    Nah di atas adalah harga kisaran mobil Suzuki Escudo bekas yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Namun untuk membeli mobil bekas, pastikan untuk memiliki mitra dealer maupun showroom terpercaya yang bisa memberikan garansi pada unit yang Anda beli. Salah satunya ialah OLX Autos yang memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam membeli mobil bekas.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait