Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    MobilToyota Fortuner GR Sport Hadir Lebih Garang, Intip Spesifikasi dan Harganya

    Toyota Fortuner GR Sport Hadir Lebih Garang, Intip Spesifikasi dan Harganya

    JAKARTA – Pada Agustus 2021, produsen mobil asal Jepang Toyota memperkenalkan Fortuner versi Gazoo Racing (GR) Sport. Salah satu Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota Fortuner GR Sport ini langsung banyak digemari masyarakat Indonesia. Sudah memiliki penampilan sporty, performa mesin yang dimilikinya pun dapat diandalkan.

    Tidak lama setelah peluncuran versi GR, ada pembaharuan pada Toyota Fortuner tipe ini pada 13 Januari 2022 lalu.  Ada penambahan tipe baru, yaitu 2.8 GR Sport dengan mesin paling garang yang dikeluarkan oleh Toyota. 

    Melihat dari angkanya, tentu langsung dapat diketahui bahwa kapasitas mesin yang digunakan pun semakin besar.  Tentunya hal ini akan semakin menambah pengalaman berkendara yang semakin bertenaga.

    Selain itu ada pilihan penggerak 4×2 dan 4×4 yang bisa menjadi variasi pilihan sesuai keinginan Anda. Sejak hadir di pasar Indonesia, Toyota Fortuner memang banyak mencuri perhatian penggemar SUV .

    Dibuktikan dengan sering terlihatnya mobil tangguh ini wara-wiri di jalanan. Ditambah Toyota pun rajin memperbarui fitur dan tampilan dari Fortuner.

    Mau tau lebih jauh pembaruan fitur dan tampilan terbaru SUV dari Toyota? Simak spesifikasi Fortuner GR Sport berikut ini.

    Spesifikasi Toyota Fortuner GR Sport

    Toyota Fortuner GR Sport, hadir dengan dua pilihan mesin. Yaitu dengan kapasitas 2.8 Liter dan 2.7 Liter. 

    Untuk kapasitas 2.8 L, menggunakan mesin diesel 1 GD FTV 4 Silinder Segaris yang memiliki 4 Katup dengan teknologi DOHC. Disertai dengan VNT Intercooler. Mesin ini dibekali dengan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sequential Switchmatic.

    Tenaga maksimal yang dihasilkan oleh mesin ini adalah 203.9 ps pada putaran 3,000 – 4000 rpm. Torsi maksimumnya adalah 50.9 kgm pada putaran 1,600-2,800 rpm.

    Hasil dari tenaga mesin ini pun disalurkan pada penggerak roda 4×4 dan 4×2 yang ditawarkan oleh Toyota.

    Untuk mesin selanjutnya adalah yang berkapasitas 2.7 L dengan mesin bensin 2TR-FE 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, Dual VVT-i. Mesin ini menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic yang disalurkan ke penggerak roda 4×2.

    Tenaga maksimum yang dihasilkan oleh mesin ini adalah 163 ps pada putaran 3,400 rpm dan torsi maksimumnya 24.7 kgm pada putaran 4,000 rpm.

    Sama-sama sudah menggunakan sistem injeksi, konsumsi bahan bakar dari Toyota Fortuner GR Sport ini terbilang irit di kelasnya. Yaitu mencapai 14,1 Km/L untuk perjalanan luar kota dan 8,8 Km/L untuk di dalam kota.

    Interior Toyota Fortuner GR Sport

    Interior yang terdapat pada SUV Toyota Fortuner GR Sport memiliki desain stylish dan mewah yang didominasi warna hitam. Terdapat finishing kulit berwarna hitam pada bagian arm rest, kursi, atas dashboard, dan steering wheel.

    Pada bagian dashboardnya terlihat bahwa beberapa panel analog masih dipertahankan oleh Toyota. Selain itu terdapat head unit berukuran 8 inci yang menjadi sarana hiburan pengemudi dan penumpang.

    Selain itu untuk menandai tipenya sebagai GR Sport, terdapat beberapa logo GR Sport yang disematkan pada setir dan tombol start/stop. Untuk menjaga kenyamanan pengemudi, SUV Fortuner GR Sport sudah menyediakan footrest yang terletak di samping kiri pijakan gas.

    Kabin yang dimiliki oleh Toyota Fortuner GR Sport ini pun luas dapat menampung 7 penumpang. Kursi penumpang bagian belakang telah dilengkapi tiga seatbelt sehingga keamanan semakin terjamin.

    Selain itu, di tengah terdapat head unit display berukuran 9 inci yang memiliki fitur koneksi smartphone, voice command, dan near field communication (NFC) yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses uang elektronik (e-money).

    Kursi pengemudi dan penumpang sudah dilengkapi power seat adjuster yang memudahkan pengemudi dan penumpang untuk mengatur sandaran dan menggerakkan kursi maju serta mundur secara elektrik.

    Eksterior Toyota Fortuner GR Sport

    Tampilan eksterior dari Toyota Fortuner GR Sport ini semakin sporty dengan adanya body kit GR Sport. Pada tampilan depan terlihat grill pada mobil ini mengusung tema dark chrome. Lampu utamanya pun berbentuk pipih dengan teknologi projector termasuk kehadiran LED DRL yang menempel di bagian bumpernya yang tampak tebal.

    Lampu LED juga digunakan pada bagian belakang yang membuat tampilannya semakin moderen. Untuk tipe 4×4, pada mobil ini disematkan Tetra Drive di bawah jendela samping belakang.

    Selain itu, kedua spion telah mengadopsi fitur auto folding dan memiliki lampu sign. Saat mobil terkunci, spion akan otomatis tertutup. Sebaliknya, ketika mesin dinyalakan, spion akan otomatis terbuka.

    Bukan cuma itu, kedua kaca spion juga telah dilengkapi sensor yang bisa mendeteksi cahaya dari belakang dan mengurangi silau dari pantulan lampu mobil lain di belakang. Fitur ini akan meminimalkan masalah visibilitas saat berkendara pada malam hari.

    Fitur Toyota Fortuner GR Sport

    Sudah dibekali dengan banyak fitur yang menunjang kenyamanan dalam berkendara, Toyota Fortuner GR Sport ini dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Roll Control, Automatic Traction Control (A-TRC) dan Vehicle Stability Control (VSC).

    Pada fitur hiburannya sendiri mobil ini sudah dilengkapi dengan head unit yang berada di dashboard depan dan tengah untuk menghibur selama perjalanan Anda. Head unit ini bisa terhubung melalui smartphone Anda via Miracast.

    Ketika mesin dinyalakan, akan muncul animasi SUV Fortuner GR Sport beserta pengaturan ban mobil. Ketika mesin menyala dan steering wheel dibelokkan, maka animasi akan ikut berbelok sebagai petunjuk bagi pengemudi.

    Pada mobil ini juga sudah dilengkapi dengan empat kamera 360 derajat yang tersemat pada bodi mobil bagian depan, belakang, dan bagian bawah kedua spion.

    Keempat kamera tersebut akan aktif secara otomatis saat pengguna menyalakan lampu sign untuk berbelok ke kanan atau kiri, hendak bergerak mundur atau memarkir mobil, atau saat sensor depan mendeteksi lalu lintas yang padat.

    Fitur lain yang menunjang kenyamanan dalam menggunakan mobil ini adalah sudah menggunakan smart key. Pintu bagasi bagian belakang sudah memiliki kick sensor sehingga dapat dibuka dan ditutup dengan kaki. Bagasi juga bisa dibuka dengan tombol yang tersemat pada pintu bagasi.

    Harga Baru dan Bekas Toyota Fortuner GR Sport

    Toyota Fortuner
    New Toyota Fortuner

    Toyota Fortuner GR Sport ditawarkan dengan beberapa varian dan pilihan warna oleh Toyota. Selain itu ada pilihan jenis mesin dan tipe penggerak roda 4×2 dan 4×4 yang tentu akan mempengaruhi harga beli unit barunya.

    Untuk harga bekasnya sendiri, mobil ini masih banyak diminati di pasar mobil bekas dan memiliki harga jual kembali yang cukup stabil.

    Harga Baru Toyota Fortuner GR Sport

    Rentang harga yang dimiliki oleh Toyota GR Sport ini cukup jauh perbedaannya. Mobil ini dibanderol dengan harga dari Rp580 juta hingga Rp710 jutaan.

    • Toyota GR Sport 2.8 (4×4) A/T dibanderol Rp715.350.000
    • Toyota GR Sport 2.8 (4×2) A/T dibanderol Rp624.950.000
    • Toyota GR Sport 2.7 (4×2) A/T dibanderol Rp 588.650.000

    Sebagai SUV yang memiliki banyak penggemar, mobil Toyota Fortuner GR Sport yang baru saja dirilis pada tahun 2022 ini masih memilih harga jual yang cukup tinggi.  Dibanderol dengan harga di atas setengah milyar, mobil bekas Toyota Fortuner GR Sport berada di kisaran harga Rp580.000.000 juta untuk tipe paling rendahnya. 

    Bahkan tidak jarang mobil ini memiliki harga bekas yang lebih tinggi karena ketersediaannya yang langsung ada dan tanpa menunggu untuk indent.

    Jangan lupa untuk memilih mitra terpercaya dalam membeli mobil bekas impian Anda. Pastikan untuk memilih dealer maupun showroom yang dapat memberikan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait