Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSalah Pilih Oli Bisa Bikin Mobil Boros BBM, Beneran?

    Salah Pilih Oli Bisa Bikin Mobil Boros BBM, Beneran?

    Sembarangan pilih oli hanya memberikan dampak buruk pada mobil salah satunya jadi boros BBM! Kok bisa? Berikut penjelasannya.

    Untuk menjaga performa pada mesin mobil kamu, salah satu hal yang perlu diingat adalah memilih oli yang tepat sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil yang kamu punya atau saran dari teknisi andalan kamu.

    Karena efek samping yang sering terjadi jika kamu salah pilih oli adalah mobil kamu jadi lebih boros dalam konsumsi BBM saat digunakan. Banyak yang meragukan apakah ini mitos atau fakta, dan jawaban dari hal tersebut adalah fakta ya.

    Baca juga: Benarkah Pakai Oli Lebih Kental Bikin Bensin Lebih Boros?

    Untuk menjelaskan fakta tersebut, kamu bisa memahami beberapa alasan mengapa pemilihan oli yang salah dapat membuat mobil kamu boros bahan bakar:

    1. Viskositas yang tidak sesuai

    Ganti Oli Mobil Berapa KM Ini Panduannya Lengkapnya!

    Viskositas oli mesin adalah kemampuan oli untuk mengalir pada berbagai suhu. Jika kamu menggunakan oli dengan viskositas yang tidak sesuai untuk kondisi iklim atau jenis mesin kendaraan, itu dapat mengakibatkan peningkatan gesekan dalam mesin.

    Secara singkat, jika kamu salah pilih oli terlalu kental atau terlalu encer tapi tidak memperhatikan kebutuhan yang akan digunakan untuk mobil, akibatnya adalah pada akhirnya akan mengurangi efisiensi bahan bakar.

    2. Fungsi pelumas tidak optimal

    Karena oli mesin berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antara komponen dalam mesin, kamu wajib memahami saat memilih oli sesuai yang dibutuhkan dan mengerti dari fungsi oli untuk sparepart yang sesuai.

    Baca juga: Ganti Oli Mobil Berapa KM? Ini Panduannya Lengkapnya!

    Jika oli yang digunakan tidak memiliki kemampuan pelumasan yang baik, komponen dalam mesin akan mengalami lebih banyak gesekan, yang mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Hal itu berakibat dompet kamu semakin menipis karena boros untuk membeli BBM.

    3. Kelebihan friksi

    Untuk poin ini yang harus kamu kenal adalah oli mesin yang berkualitas rendah atau tidak sesuai dapat mengakibatkan peningkatan friksi dalam mesin.

    Ini akan membuat mesin bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga, yang akan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

    Selain boros BBM, hal lain yang terjadi jika kamu salah memilih oli adalah mesin pada mobil jadi bising akibat dari kelebihan friksi tersebut.

    Baca juga: Hal-hal yang Wajib Anda Ketahui Mengenai Oli Kompresor AC Mobil

    Terkadang, jika mobil mengalami hal tersebut akan mengganggu kamu dalam berkendara seperti mengeluarkan bunyi yang keras atau berat saat menekan gas.

    4. Peningkatan Panas

    Oli yang tidak efektif dalam menghilangkan panas dari mesin dapat mengakibatkan peningkatan suhu kerja mesin. Mesin yang panas akan lebih rentan terhadap kerusakan dan dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi.

    Akibat dari peningkatan panas juga akan mempengaruhi dalam kinerja komponen lain pada mobil. Sehingga saat berkendara, kamu akan merasa tidak optimal saat melaju di jalan hingga mengalami overheat secara tiba-tiba.

    5. Karbonisasi

    Beberapa oli mesin berkualitas rendah atau yang tidak sesuai cenderung membentuk deposit karbon di dalam mesin. Deposit ini dapat mengganggu proses pembakaran dan mengurangi efisiensi mesin, yang dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar.

    Karena efek karbonisasi tersebut, performa pada pembakaran di mesin akan lebih melambat dan mengakibatkan aus pada mobil yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu lebih cermat saat memilih oli agar tidak terjadi hal tersebut.

    Baca juga: Begini Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah!

    Karena itu, sangat penting untuk selalu menggunakan jenis dan viskositas oli yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan kamu. Rekomendasi ini biasanya dapat ditemukan dalam buku panduan pemilik kendaraan atau di situs web produsen.

    Selain itu, pastikan untuk menggunakan oli mesin berkualitas yang memenuhi standar dan spesifikasi yang ditetapkan. Dengan memilih oli yang tepat, kamu dapat menjaga mesin kendaraan kamu berfungsi dengan baik dan menghemat bahan bakar.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait