Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriHal-hal yang Wajib Anda Ketahui Mengenai Oli Kompresor AC Mobil

    Hal-hal yang Wajib Anda Ketahui Mengenai Oli Kompresor AC Mobil

    Salah satu komponen penting pada sistem AC mobil adalah kompresor. Komponen ini berfungsi untuk memompa dan menghisap refrigerant atau mensirkulasikan freon di dalam sistem AC mobil. Selain itu, kompresor juga menghisap freon pada sisi tekanan rendah dan menekan freon pada sisi tekanan tinggi.

    Kompresor AC mobil memiliki piston yang geraknya mengikuti perputaran mesin melalui puli kompresor saat AC dinyalakan. Pergerakan piston di dalam kompresor membutuhkan oli agar menjaga kompresor dari kerusakan dalam waktu cepat.

    Secara sederhana, oli kompresor ini memiliki fungsi yang sama dengan oli mesin dan oli gardan, yaitu melumasi bagian dalam kompresor AC mobil. Selain itu, oli kompresor juga berfungsi untuk meredam bunyi kompresor saat berputar sehingga suara bising tidak terdengar di dalam mobil.

    Sebagai pemilik mobil, memperhatikan oli kompresor menjadi hal yang penting untuk Anda ketahui. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin mengganti oli kompresor AC mobil dan memastikan oli tersebut tidak habis. Lalu, bagaimana cara mengetahui tanda-tanda oli kompresor AC mobil habis?

    Baca juga: Mengenal AC Mobil: Komponen, Fungsi Beserta Cara Kerjanya

    Tanda Oli Kompresor AC Mobil Habis

    Hal paling mudah untuk merawat AC mobil agar kesejukannya terus terjaga adalah mengganti oli kompresor mobil. Oli ini bertanggungjawab untuk melancarkan sirkulasi freon ke seluruh unit. Karena fungsi oli kompresor sangat penting, maka Anda perlu mengetahui tanda oli kompresor AC mobil habis, yaitu:

    1. AC Kurang Dingin

    Tanda pertama yang sangat mudah dirasakan adalah AC terasa tidak dingin. Hal ini disebabkan tekanan kompresor AC tidak stabil sehingga tenaga yang dihasilkan berkurang. Tentu saja ini tanda oli kompresor habis karena oli ini berfungsi untuk memberikan tenaga agar sirkulasi freon lebih lancar.

    2. Terdengar Suara Bising

    Tanda kedua adalah munculnya suara bising dan kasar dari AC mobil. Seperti oli pada umumnya, oli kompresor juga berfungsi sebagai pelumas. Oli kompresor yang berkualitas baik akan meredam gesekan logam di dalam kompresor dan membuat suaranya jadi halus.

    3. Kompresor Cepat Panas

    Selain suara bising, tanda ketiga adalah AC mobil cepat panas jika kekurangan oli kompresor. Sebab, oli kompresor membantu mendinginkan mesin dan membuat kompresor AC dapat bekerja secara optimal.

    4. Mobil tidak Bertenaga Saat AC Menyala

    Kenapa hal ini bisa terjadi?  Saat AC dinyalakan, beban mesin tentu akan menjadi lebih besar. Kekurangan oli kompresor akan menambah beban mesin sehingga tenaga mobil berkurang.

    5. Mengecek Angka Tekanan Bawah

    Cara termudah yang bisa anda lakukan adalah mengecek angka tekanan bawah menggunakan Manifold AC. Alat ini akan membantu mendeteksi apakah oli kompresor AC masih bisa bekerja dengan baik atau tidak.

    Baca juga: 6 Ciri Kondensor AC Mobil Rusak Beserta Penyebabnya

    Takaran Oli Kompresor AC Mobil

    Jumlah takaran oli kompresor AC mobil sangat dipengaruhi dari jenis dan tipe mobil. Hal ini dikarenakan setiap mobil memiliki ukuran bak oli kompresor Ac yang berbeda-beda. Rata-rata jumlah takaran oli kompresor AC pada mobil-mobil yang beredar di Indonesia seperti Avanza, Xenia, Xpander, Grand Livina, mempunyai bak oli kompresor sekitar 250 cc pada kondisi kosong.

    Kualitas dan kuantitas oli kompresor AC sangat dipengaruhi oleh harga. Jika Anda membeli oli kompresor seharga Rp. 40.000, maka oli kompresor hanya akan tahan 2 minggu pemakaian dan tidak semua jenis kompresor dapat menggunakan oli kompresor tersebut. 

    Berbeda dengan oli kompresor yang harganya lebih mahal, maka bisa bertahan hingga 2 bulan dan dengan jarak tempuh mobil sekitar 35.000 km, serta kompatibel dengan berbagai jenis kompresor AC mobil.

    Nah, Anda juga harus menjaga menjaga ukuran oli kompresor AC mobil. Jangan sampai kurang ataupun berlebih. Jika tidak diperhatikan, ada resiko yang mengintai dan akan menyebabkan masalah akibat dari kurangnya oli kompresor atau pengisian oli kompresor yang melebihi batas.

    Baca juga: 11 Alasan Kenapa AC Mobil Juga Harus Servis Rutin

    Cara Ganti Oli Kompresor AC Mobil

    Apabila kualitas oli kompresor AC mobil sudah tidak baik maka wajib hukumnya untuk mengganti oli tersebut. Tidak seperti mengisi oli, mengganti oli kompresor AC mobil memiliki cara yang berbeda. 

    Mengganti oli kompresor adalah menukar oli lama yang telah dipakai dengan oli yang baru. Sementara mengisi oli hanya menambah oli hingga sampai takaran tertentu dalam batas normal.

    Mengganti oli kompresor AC mobil bukanlah hal yang mudah dilakukan, hal ini lebih baik dilakukan oleh montir yang berpengalaman. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggantinya di bengkel terdekat. Meskipun begitu, tetap penting untuk Anda mengetahui cara mengganti oli kompresor AC mobil.

    Pertama, freon AC perlu dikosongkan. Hal ini dilakukan dengan cara mengangkat freon dan memindahkan freon AC ke tempat yang lebih aman. Kemudian buka bagian kompresor AC mobil dan membalikkan atau memutar bagian oli dan menumpahkannya. Cara ini bisa dilakukan apabila jumlah oli dalam kompresor sekitar 100 cc. Lalu, oli diisi melalui lubang saluran tekanan paling rendah yang ada di kompresor.

    Gimana cukup sulit bukan? Padahal jika kita mengisi oli kompresor AC mobil caranya lumayan mudah. Anda bisa mengisi oli kompresor AC mobil jika kualitasnya masih baik tapi volumenya sudah berkurang.

    Mengisi oli kompresor AC mobil dapat dilakukan melalui lubang inlet yang merupakan saluran tekanan rendah. Volume oli yang dimasukkan ke lubang inlet tergantung ukuran kompresor. Jika kompresornya kecil, cukup diisi 150 cc. Kalau ukurannya lebih besar mungkin membutuhkan takaran yang lebih banyak.

    Nah, setelah membaca mengenai oli kompresor AC Mobil, tentu Anda telah mengetahui pentingnya memperhatikan oli kompresor AC mobil dan menggantinya secara rutin untuk kenyamanan berkendara. 

    Kalau untuk urusan mobil, jangan lupa untuk membeli mobil bekas di dealer dan showroom terpercaya seperti OLX Autos yang memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait