Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Jenis-jenis Perawatan di Salon Mobil yang Bikin Makin Kinclong

    Ini Jenis-jenis Perawatan di Salon Mobil yang Bikin Makin Kinclong

    Bukan cuma lebih kinclong, salon mobil juga bikin mobil kamu jadi lebih fresh!

    News.OLX – Menjaga penampilan mobil agar tetap terkesan baru dan mewah adalah suatu langkah yang baik untuk mempertahankan penampilan mobil.

    Mendapatkan perawatan dari salon mobil adalah salah satu cara bagi para pemilik mobil yang memiliki hobi menjaga penampilan mobilnya agar tetap terlihat kinclong.

    Salon mobil adalah suatu jasa yang menyediakan layanan untuk perawatan kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor. Berbeda dengan tempat pencucian mobil biasa, salon mobil memiliki lebih banyak perawatan.

    Lingkup perawatannya meliputi pembersihan, pengkilapan, hingga penyemprotan bagian interior mobil. Lebih lengkap, berikut adalah jenis-jenis perawatan mobil apa saja yang dapat kamu lakukan di salon mobil agar mobil kamu makin kinclong seperti mobil baru.

    salon mobil (2)

    1. Cleaning

    Layanan pencucian mobil secara menyeluruh mulai dari eksterior, interior hingga mesin merupakan layanan utama dari salon mobil. Metode yang digunakan pun bermacam-macam mulai dari cuci mobil biasa, dry wash, snow wash maupun touchless wash.

    Baca juga: Jenis Perawatan Salon Mobil yang Bisa Naikkan Harga Jual Mobil Kamu

    Touchless wash adalah teknologi paling terkini dalam pencucian mobil, yaitu pencucian mobil yang minim menggunakan tangan dan lebih banyak menggunakan alat. Teknologi pencucian mobil ini diklaim lebih bersih daripada cuci mobil biasa.

    Dalam proses cleaning, selain eksterior bagian interior mobil kamu juga akan dibersihkan. Bahkan kolong kursi dan karpet juga akan dibersihkan. Namun pada layanan cleaning untuk bagian mesin, sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam memilih salon mobil.

    Karena dikhawatirkan saat membersihkan mesin, terjadi kesalahan adanya air yang masuk pada ruang udara mesin sehingga menyebabkan kerusakan yang fatal. Pastikan untuk memilih salon mobil yang sudah berpengalaman dalam melakukan engine cleaning. Proses cleaning biasanya membutuhkan waktu 1-2 jam.

    2. Detailing

    Nah layanan ini adalah layanan yang akan membuat mobil kamu makin kinclong. Metode yang digunakan adalah polishing dan waxing. Tujuan utama dari layanan ini adalah untuk menghilangkan kusam pada cat mobil kamu.

    Baca juga: Cat Mobil Matte atau Doff, Bagaimana Cara merawatnya ?

    Namun, sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan karena dapat berujung membuat cat mobil kamu jadi tipis. Metode polishing biasanya lebih ditujukan pada mobil lama. Metode ini mengikis lapisan cat lama dan menggantinya dengan cat baru.

    Sedangkan metode waxing dilakukan dengan melapisi mobil dengan wax. Metode ini lah yang membawa kembali mobil kamu yang terlihat kusam menjadi hidup. Tujuan dari metode ini adalah memberikan kilap yang segar pada mobil kamu.

    Namun juga sekaligus menjadi proteksi dari tetesan air yang membekas, karat, baret, maupun serangan jamur. Biasanya metode ini dilakukan dengan menggunakan alat yang bergerak memutar kemudian digosokkan ke seluruh bagian bodi mobil kamu.

    3. Coating

    Berbeda dengan detailing, layanan coating bertujuan untuk memberikan lapisan pelindung pada mobil. Lapisan pelindung ini memiliki dua jenis. Yaitu nano coating dan ceramic coating.

    Baca juga: Cara Mudah Membersihkan dan Mencegah Kaca Mobil Berjamur

    Nano coating dilakukan dengan memberikan cairan yang partikelnya berukuran nano. Tujuannya adalah untuk melindungi mobil dari paparan cairan kimia dan oksidasi.

    Sedangkan metode ceramic coating dilakukan dengan memberikan lapisan berupa keramik yang dapat memberikan perlindungan lebih maksimal pada mobil. Selain berguna untuk memberikan proteksi dari karat dan serangan jamur, coating juga dapat memberikan manfaat lain.

    Yaitu, bodi mobil menjadi licin bak daun talas dimana ketika ada tetesan air seperti air hujan yang mengenai mobil maka tetesan itu langsung turun dari body mobil dan tidak meninggalkan jejak. Proses coating biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari.

    4. Fogging dan fumigator

    Dua jenis pelayanan ini dikhususkan untuk interior mobil kamu. Sebelum metode ini dikerjakan, mobil kamu akan dibersihkan terlebih dahulu. Proses fogging sangat disarankan untuk kamu yang menginginkan mobil menjadi lebih segar dan wangi.

    Baca juga: Cara Menghilangkan Baret Mobil, Perlengkapannya Bisa Juga Beli di Warung

    Proses ini dilakukan dengan menyemprotkan cairan fogging ke dalam interior mobil dengan bantuan AC mobil agar ada sirkulasi udara dan terdistribusi dengan merata ke seluruh kabin mobil. Tujuan utama dari proses fogging adalah untuk membunuh bakteri yang dapat menjadi penyebab berbagai penyakit.

    Sedangkan proses fumigator dilakukan untuk membasmi binatang, serangga maupun jamur yang bersarang pada kabin mobil. Proses fogging dan fumigator ini berlangsung kurang lebih 30-40 menit.

    Nah, setelah membaca artikel ini kami harap kamu dapat menemukan informasi yang kamu butuhkan seputar layanan pada salon mobil. Biasanya salon mobil tidak hanya menerima layanan untuk mobil, namun juga memberikan pelayanan pada beberapa motor.

    Baca juga: Bisakah Kaca Mobil di Waxing Seperti Body Supaya Mengkilap?

    Untuk kamu pengguna motor yang juga ingin mendapatkan perawatan pada salon mobil, tentu saja dapat didiskusikan dengan penyedia jasa salon mobil. Pilihlah layanan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu pada saat mengunjungi salon mobil.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasi OLX di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait