Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    ReviewSejarah Merek Mobil Korea Hyundai di Indonesia

    Sejarah Merek Mobil Korea Hyundai di Indonesia

    Cek sejarah hyundai di Indonesia hingga menjadi salah satu mobil korea favorit masyarakat Indonesia sekarang!

    News.OLX – Salah satu pabrikan mobil Korea yang mendunia saat ini adalah Hyundai, yang terkenal dengan kualitasnya selama puluhan tahun. Di bali kesuksesannya sekarang, kamu mungkin penasaran mengenai sejarah berdirinya perusahaan ini.

    Karena mobil keluaran brand ini juga cukup laris di Indonesia, mengetahui sejarah Hyundai di Indonesia juga akan sangat menarik. Jika kamu penasaran, mari simak rangkumannya di bawah!

    Sejarah Awal Mobil Korea Hyundai

    Arti dari nama Hyundai sendiri sangat bagus, yaitu “zaman modern”, di mana maknanya serupa dengan usaha Hyundai untuk selalu menjadi pembawa inovasi paling depan mengenai teknologi, terutama kendaraan bermotor.

    Pada 1947, Chung Ju Yung, selaku founder Hyundai memutuskan membentuk satu perusahaan konstruksi yang ia beri nama Hyundai Engineering and Construction Company.

    Di mana, pendirian perusahaan ini adalah ketika Korea Selatan sedang gencarnya mengajak tokoh-tokoh yang mampu membuat Korea berkembang dan bangkit setelah masa penjajahan dan perang.

    Kemudian, di tahun 1967 Hyundai Motor Company akhirnya berdiri, di mana pabrik perakitannya berdiri setahun kemudian di Ulsan. Pabrik inilah yang sekarang mampu memproduksi hingga 1,6 juta kendaraan di setiap tahunnya.

    Lalu, Hyundai menjalin hubungan kerja bersama Ford Motor Company sukses membuat mobil pertamanya tahun 1968, dengan nama Cortina. Ketika mobilnya bisa sukses di pasaran dan dapat bersaing di Eropa, Hyundai pun percaya diri membuat kendaraan sendiri.

    Akhirnya, pada Oktober 1974, mobil merk yang bernama Pony diperkenalkan pada ajang Turin Motor Show. Mobil pun diproduksi masal selama sekian tahun dan bisa mereka ekspor ke beberapa negara di tahun 1976.

    Sejak era 1980-an pabrikan mobil Korea tersebut mulai menyasar pasar internasional dengan Pony Excel di tahun 1986. Antusiasme di Amerika pun sangat besar, karena mobil dapat terjual hingga 168 ribu unit di tahun pertama.

    Setelah itu, Hyundai mulai fokus menancapkan popularitasnya di pasar dunia hingga sekarang, termasuk Indonesia.

    Salah satu gebrakan yang membuat Hyundai ramai diperbincangkan adalah mengenai fokusnya di tahun 2010 untuk menciptakan kendaraan yang memakai teknologi ramah lingkungan.

    Mobil korea (1)

    Sejarah Hyundai di Indonesia

    Hyundai pertama kali masuk ke pasar Indonesia pada tahun 1995 dengan mobilnya yang beranam Elantra. Mobil ini proses perakitannya dilakukan dalam pabrik Hyundai yang berlokasi di Bekasi Barat.

    Setahun setelah itu, berdirilah PT Hyundai Indonesia Motor dan PT Hyundai Mobil Indonesia untuk menjadi perusahaan perakitan. Di mana pada tahun yang sama muncul teman dari Elantra, yaitu Hyundai Accent 1.5 SOHC. Di tahun 1997, Hyundai pun menghadirkan Starex di kelas mobil MPV dengan kapasitas sebelas orang.

    Lalu, tahun 2020 lalu, sejarah Hyundai di Indonesia semakin jelas karena berdirinya HMID (Hyundai Motors Indonesia) yang bertugas menjadi distributor resmi produk Hyundai Indonesia.

    Fokus anak perusahaan ini adalah pada teknologi berkelanjutan serta mewujudkan mimpi menjadi yang paling depan untuk elektrifikasi tahun 2025 mendatang.

    Bukti keseriusan Hyundai tercermin dari mulai masuknya mobil Korea berteknologi listrik dan pemakaian bahan daur ulang di Indonesia dan global. Keseriusan Hyundai di Indonesia pun terlihat dari adanya investasi hingga 1,55 miliar dolar AS atau Rp24 triliun.

    Lalu, setelah lama menapakkan kaki di Indonesia, tentu saja sudah sangat banyak produk Hyundai yang beredar.

    Beberapa contohnya adalah Grand Avega, Sonata, Avega, Tucson, i10, Hyundai New Elantra, Coupe, Atoz, Matrix, Grandeur/Azera, Santa Fe, Accent, i20, serta Getz.

    Jika kamu tertarik mengendarai salah satu mobil Korea keluaran Hyundai tersebut, maka silakan cek versi baru atau bekasnya di OLX. Pastikan kamu unduh aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store agar mendapat akses yang lebih mudah, ya!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait