Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    ReviewSejarah Mobil Chery, Ternyata Sudah Eksis di Indonesia Sejak 2006

    Sejarah Mobil Chery, Ternyata Sudah Eksis di Indonesia Sejak 2006

    News.OLX – Setelah absen bertahun-tahun dari pasar otomotif Tanah Air, Chery Automobile Co. Ltd., perusahaan otomotif asal China menyatakan komitmennya untuk kembali berbisnis di Tanah Air.

    Di tahun 2022 silam, Mobil Chery melalui PT Chery Sales Indonesia resmi produksi mobil pertamanya di Indonesia. Produk mobil tersebut dirakit oleh PT Handal Indonesia Motor di daerah Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

    Di bulan Januari 2022, Chery memperkenalkan varian-varian yang dianggap cocok dengan selera konsumen Indonesia. Hal ini tentunya membuat mata pecinta otomotif Indonesia berbinar dan tertarik untuk membeli mobil produksinya.

    Chery ini sendiri disebut telah mengantongi penghargaan International Convention on Quality Control Circles (ICQCC) yang menilai kualitas produksi dari berbagai perusahaan di dunia. Sementara ini, Chery fokus menjual varian Omoda 5 di Indonesia dengan harga berkisar di angka Rp 334 – 404 jutaan.

    Tidak hanya itu, Chery juga menjual Tiggo series di Indonesia, yakni Chery Tiggo 7 Pro dengan harga Rp 365 – 435 jutaan dan Chery Tiggo 8 Pro dengan mesin diesel 1.600 turbo yang berkisar Rp 528 – 558 jutaan. Selain itu akan diluncurkan juga Tiggo 4 Pro, SUV dengan harga terjangkau.

    Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro menjadi mobil pertama yang dirakit Chery dengan menggunakan komponen dari negara asalnya di pabrik Chery Automobile. Namun, proses perakitannya sendiri dilakukan oleh PT Handal Indonesia Motor yang sudah melahirkan banyak mobil di Indonesia sejak 1995.

    Meskipun proses perakitan dilakukan di pabrik rekanan, pabrikan asal Negeri Tirai Bambu ini memastikan bahwa segala proses kerja dan hasilnya sesuai dengan nilai-nilai utama perusahaan. Nilai yang dimaksud yakni green, root, link, dan technology.

    Sejarah mobil Chery

    Lantas, seperti apa perjalanan mobil Chery di Indonesia? Yuk intip sejarahnya berikut ini!

    Pertama kali hadir tahun 2006

    Jika dilihat, mobil Chery akan kembali hadir di Indonesia seperti merek yang baru saja hadir. Padahal, perlu diketahui bahwa mobil Chery bukan merek baru di Indonesia. Jika melihat ke belakang, meskipun sempat tenggelam dan hilang, merek ini sempat mewarnai industri otomotif.

    Sebenarnya, Chery pertama kali masuk ke Indonesia pada 2006 melalui Indomobil Group yang pada saat itu mendirikan perusahaan patungan bersama Chery Automobile Co. Ltd. bernama Unicor Prima Motor.

    Pada awal Chery masuk ke Indonesia, mobil produksinya bermain di segmen city car melalui Chery QQ dengan mesin 0,8L pada tahun 2006 dan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) melalui Tiggo 2.0L pada tahun 2007.

    Chery QQ (2008)

    Kemudian, di tahun 2008, Chery QQ hadir dengan mesin 1.1L yang mungkin sampai saat ini masih sering berseliweran di jalan raya. Sayangnya, kendali Chery tidak bertahan lama dengan perusahaan di bawah Indomobil sehingga keagenan merek dilepas pada tahun 2011.

    Alasannya beragam, salah satunya Indomobil merasa bahwa Mobil Chery tidak sesuai dengan standar konsumen Indonesia. Tetapi Chery tidak menyerah. Setelah satu tahun berselang, Chery datang dengan bendera baru.

    Hal ini dibuktikan di awal penjualan mobil Chery kemudian dipegang langsung oleh PT Chery Mobil Indonesia dengan dukungan Chery Automobile Co. Ltd pada 2012. Di tahun itu, Chery merilis mobil Chery pikap hingga sedan.

    Mereka memasarkan MPV Eastar ES dengan mesin 2,0L, SUV Tiggo dengan mesin 1,6L, sedan Cruise dengan mesin 1,6L, sedan Cristal 1,5L, hatchback Cristal dengan mesin 1,5L, TransCab PU dengan mesin 1,1L, MPV dengan mesin Transcar dengan mesin 1,1L, dan city car Campus dengan mesin 1,3L.

    Mundur dari Indonesia tahun 2013

    Namun sayang, Chery masih belum mampu membukukan penjualan dengan angka yang bagus di Indonesia. Sehingga memutuskan untuk mundur dari pasar otomotif dalam negeri pada tahun 2013.

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan berdasarkan data, Chery tak lagi melakukan aktivitas jualan atau distribusi ke dealer.

    Di tahun 2014 dan 2015, Gaikindo tidak lagi memuat data penjualan mobil Chery. Kemudian 2016 Chery benar-benar menghilang dari data Gaikindo.

    Setelah absen selama bertahun-tahun, kini mobil Chery kembali eksis di pasar otomotif Indonesia dengan sejumlah mobil ciamiknya! Jadi, jika kamu adalah penggemar Chery dan sudah menunggu kehadirannya sejak lama, congrats, ya!

    Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di OLX! Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait