Rabu, Juni 26, 2024
Lainnya
    InformasiSejarah Suzuki Carry Pick Up, Sudah Eksis Sejak Tahun 70an

    Sejarah Suzuki Carry Pick Up, Sudah Eksis Sejak Tahun 70an

    Sejarah Suzuki Carry pick up sudah dimulai di Indonesia sejak tahun 70-an dengan berbagai generasinya. Temukan semua sejarahnya di sini!

    News.OLX – Suzuki Carry pick up hingga sekarang masih memiliki nama lumayan besar di tengah masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang bergerak dalam bidang komersial dan membutuhkan kemudahan dalam transportasi barang.

    Nama besar dan kecintaan penggemar Suzuki Carry pick up ini tentu berawal dengan sejarah yang panjang lebih dahulu, Terhitung sejak tahun 70-an mobil ini sudah mengaspal di tanah air. Apabila kamu tertarik dengan sejarahnya, yuk simak sejumlah informasi di bawah!

    Carry ST 10 Membuka Jalan Pertama Suzuki Carry Pick Up di Indonesia

    Sejarah Suzuki Carry

    Catatan sejarah mobil pick up ini berawal pada tahun 1976 lalu, ketika Carry ST 10 pertama rilis di Indonesia. Tidak hanya menjadi mobil pick up pertama, Carry ST 10 jugalah mobil pertama pabrikan Suzuki di tanah air.

    Mobil yang memiliki panjang 3.035 mm dan lebar 1.285 ini memang berdimensi kecil, tapi ini tentu masih memadai untuk memenuhi kebutuhan  penggunanya. Untuk meningkatkan performa, mesin yang disematkan memiliki kapasitas 539 cc dengan berpendingin cairan dan mesin 2-tak 3 silinder.

    Generasi Kedua: Carry ST 20

    Setahun berselang, Carry ST 20 hadir sebagai generasi kedua. Menariknya, mobil ini diberi julukan Suzuki Truntung. Julukan ini muncul karena seperti itulah suara yang dikeluarkan knalpot ketika dibawa berkendara. Daripada generasi pertama, dimensi pick up ini agak besar, yaitu dengan panjang 3.195 mm dan lebar 1.395 mm.

    Generasi kedua ini pun tetap eksis selama tujuh tahunan, sebelum generasi ketiganya resmi hadir.

    Generasi Ketiga: Carry ST 100 atau Carry Bagong

    Penempatan headlamp pada pick up ini mirip dengan mata Bagong yang terkenal sebagai tokoh wayang punakawan. Hal inilah yang membuatnya dijuluki Carry Bagong.

    Daripada generasi pendahulunya, cukup banyak perubahan pada Carry ST 100 atau Carry 1000 ini. Selain dimensi, kapasitas mesin 970 cc dengan bermesin 4-tak 4 silinder ini dianggap sebagai perubahan paling besar dan berkesan. Karena inilah kekuatan, durabilitas, serta efisiensi Suzuki Carry pick up lebih bagus.

    Tahun 1986 mobil ini mendapat facelift, di mana area headlamp dibuat lebih trapesium, sehingga namanya pun berubah, menjadi Carry Mata Kucing.

    Desain dasbornya pun dibuat ala sedan, rem depan dengan model cakra, poros roda belakang dengan shock breaker double action, tachometer, dan lainnya.

    Model tersebut hanya bertahan enam bulan, lalu berganti di tahun 1987 menjadi Suzuki Super Carry Extra.

    Generasi Keempat: Carry SL41 atau Carry Futura

    Versi pertama mobil ini hadir dengan mesin 1.300 cc dan kemudian pada tahun 1997 ada versi 1.600 cc. Lalu, di tahun 2005 kedua opsi mesin karburator tersebut stop produksi dan berganti dengan mesin injeksi 1.500 cc.

    Setidaknya, ada empat kali facelift pada generasi keempat tersebut, yaitu di tahun 1997, 2005, 2010, serta 2017. Melihat banyaknya facelift ini, secara otomatis masa produksinya juga yang paling lama hampir tiga puluh tahunan.

    Popularitasnya yang lama ini terjadi karena harganya stabil, lebih kuat, irit, serta andal. Kemudian, di tahun 2011 muncul Mega Carry APV yang merupakan pengembangan dari minibus Suzuki APV.

    Suzuki New Carry Pick Up Hadir Sebagai Penyegar Semua Generasi

    Tahun 2019, akhirnya Suzuki merilis Suzuki New Carry pick up,  nama mobil ini dapat kita anggap sebagai tingkat tertinggi. Sebab, berbagai kelebihan pada generasi sebelumnya bergabung pada pick up ini, seperti kabin yang luas, kapasitas besar, serta tenaga mesin lebih kuat.

    Lalu, 2021 lalu tampilan mobil ini diperbarui, sebagai peringatan 45 tahun kehadirannya di Indonesia.

    Nah, jika kamu tertarik membeli Suzuki Carry pick up bekas, maka cek saja di OLX. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait