Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSyarat Ganti Plat Motor 5 Tahunan Beserta Cara dan Biayanya

    Syarat Ganti Plat Motor 5 Tahunan Beserta Cara dan Biayanya

    Berikut adalah panduan lengkap ganti plat motor 5 tahunan, mulai dari syarat, cara, hingga biayanya.

    News.OLX – Apakah kamu baru saja teringat bahwa plat motor kamu sudah memasuki usia 5 tahun? Jangan panik! Mengganti plat motor 5 tahunan adalah proses yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun, jangan sampai kamu melewatkannya, sebab keterlambatan ganti plat motor dapat mengakibatkan denda dan sanksi yang akan menyulitkanmu.

    Pada artikel ini, kamu akan menemukan panduan lengkap untuk ganti plat motor 5 tahunan, mulai dari syarat yang diperlukan, cara mengurusnya di Samsat, biaya yang harus dibayarkan, hingga tips agar prosesnya berjalan lancar. Yuk, baca artikel ini selengkapnya dan persiapkan diri kamu untuk ganti plat motor 5 tahunan!

    Syarat Ganti Plat Motor 5 Tahunan

    Sebelum kamu melakukan proses ganti plat motor 5 tahunan, pastikan untuk menyiapkan dokumen-dokumen penting berikut:

    • E-KTP asli dan fotokopi
    • STNK asli dan fotokopi
    • BPKB asli dan fotokopi
    • Hasil cek fisik kendaraan
    • Surat kuasa (jika diwakilkan)

    Cara Ganti Plat Motor 5 Tahunan

    Setelah menyiapkan dokumen persyaratan di atas, saatnya untuk mengikuti prosedur cara ganti plat motor 5 tahunan di kantor Samsat. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Datang ke kantor Samsat sesuai domisili kendaraan

    Langkah pertama adalah datang ke kantor Samsat yang sesuai dengan domisili kendaraanmu. Pastikan untuk membawa semua dokumen yang diperlukan.

    2. Lakukan cek fisik kendaraan di area Samsat

    Setelah sampai di Samsat, lakukanlah cek fisik kendaraan di area yang telah disediakan oleh petugas. Pastikan kendaraanmu memenuhi persyaratan untuk mendapatkan perpanjangan STNK dan ganti plat motor.

    3. Bawa hasil cek fisik dan kunjungi loket perpanjangan STNK

    Setelah proses cek fisik selesai, selanjutnya kamu perlu mengunjungi loket perpanjangan STNK. Di sini, kamu akan diberikan formulir yang perlu diisi dengan lengkap dan benar.

    4. Ambil formulir dan isi dengan lengkap dan benar

    Isilah formulir tersebut dengan informasi yang diperlukan dan pastikan tidak ada yang terlewat. Pastikan juga untuk menyerahkan berkas dokumen yang telah disiapkan kepada petugas di loket.

    5. Serahkan formulir dan berkas dokumen kepada petugas

    Setelah menyerahkan formulir dan berkas dokumen, tunggulah proses verifikasi data oleh petugas. Mereka akan memeriksa kelengkapan dokumen dan informasi yang kamu berikan.

    6. Lakukan pembayaran di loket sesuai nominal yang tertera

    Selanjutnya, lakukan pembayaran di loket yang telah disediakan sesuai dengan nominal yang tertera. Pastikan untuk membawa uang tunai secukupnya untuk pembayaran biaya perpanjangan STNK dan ganti plat motor.

    7. Ambil STNK dan plat nomor baru di loket penyerahan

    Setelah pembayaran selesai, ambillah STNK dan plat nomor baru di loket penyerahan yang telah ditentukan. Periksalah kembali kebenaran data yang tertera sebelum meninggalkan loket.

    8. Pasang plat nomor baru pada kendaraan

    Terakhir, pasanglah plat nomor baru pada kendaraanmu sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan oleh petugas. Dengan demikian, proses ganti plat motor 5 tahunan kendaraanmu telah selesai dan kendaraan siap untuk digunakan kembali secara sah di jalan raya.

    Biaya Ganti Plat Motor 5 Tahunan

    Mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak, berikut adalah rincian biaya yang perlu diperhitungkan dalam proses penggantian plat motor:

    • Biaya Penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) Baru: Sebesar Rp100.000. STNK merupakan dokumen penting yang menunjukkan legalitas kendaraan dan perlu diperbaharui setiap periode tertentu.
    • Biaya Penerbitan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Baru: Sebesar Rp60.000. TNKB adalah identitas resmi kendaraan dan harus diperbaharui bersamaan dengan STNK.
    • SWDKLLJ (Surat Tanda Wilayah Kewajiban Lalu Lintas Jalan): Diperlukan pembayaran sebesar Rp35.000. Ini adalah biaya administratif yang diperlukan untuk keperluan lalu lintas jalan.
    • Biaya Penerbitan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) Baru: Sebesar Rp225.000. BPKB adalah dokumen yang mencatat informasi detail tentang kendaraan, dan penggantian perlu dilakukan jika diperlukan.
    • Biaya Cek Fisik Kendaraan: Berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000 untuk kendaraan roda dua. Cek fisik kendaraan penting untuk memastikan bahwa kendaraan memenuhi standar keamanan dan dapat beroperasi secara legal di jalan.
    • Biaya Pembayaran Pajak 5 Tahunan: Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan wilayah domisili kendaraanmu. Pastikan untuk memeriksa jumlah yang tercantum di STNK dan melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Tips Mengurus Ganti Plat Motor 5 Tahunan

    Berikut adalah beberapa tips penting untuk memudahkan proses penggantian plat motor 5 tahunan di kantor Samsat:

    • Datanglah lebih awal untuk menghindari antrean panjang dan mempercepat proses.
    • Pastikan semua dokumen yang diperlukan lengkap dan asli agar tidak ada kendala saat proses verifikasi.
    • Kenakan pakaian yang rapi dan sopan saat mengunjungi Samsat untuk memberikan kesan yang baik.
    • Persiapkan uang tunai secukupnya untuk pembayaran agar proses transaksi berjalan lancar.
    • Sebelumnya, periksa biaya pajak secara online untuk mendapatkan perkiraan biaya yang harus dibayarkan.

    Cara Mudah Check Biaya Pajak Secara Online

    Ingin mengetahui besaran biaya pajak kendaraan tanpa harus repot ke kantor Samsat? Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengecek biaya pajak secara online:

    • Website Samsat: Buka website resmi Samsat seperti samsat.info (jika melalui ponsel) atau sesuai wilayah seperti www.jakarta.go.id/e-samsat untuk DKI Jakarta. Isi data kendaraan yang diperlukan, seperti nomor polisi kendaraan dan nomor induk kependudukan. Pantau hasilnya untuk mengetahui besaran biaya pajak yang harus dibayarkan.
    • Aplikasi e-Samsat (Sambara): Unduh aplikasi e-Samsat (Sambara) dari Playstore. Log-in menggunakan data diri dan data kendaraan. Pilih menu Pendaftaran untuk mengisi formulir dan mendapatkan informasi mengenai nilai pajak, tanggal jatuh tempo pajak, dan STNK.
    • SMS: Ketik kode provinsi diikuti dengan nomor plat kendaraan dan kirim ke nomor 1717. Misalnya, untuk kendaraan di Jakarta, ketik “METRO B9876 SKG” lalu kirim ke 1717.

    Cara Bayar Pajak 5 Tahunan tapi Kendaraan di Luar Daerah

    Jika kendaraan berada di luar daerah saat pajak 5 tahunan, kamu bisa melakukan langkah berikut:

    • Mohon cek fisik bantuan dari Samsat sesuai domisili kendaraan.
    • Kirimkan dokumen cek fisik bantuan, BPKB, STNK, dan KTP pemilik kendaraan ke Samsat.
    • Lakukan proses pajak di kantor Samsat seperti biasa.
    • Bayar biaya administrasi STNK dan penerbitan TNKB.
    • Tunggu plat nomor kendaraan baru.

    Sanksi Jika Terlambat Mengganti Plat Motor 5 Tahunan

    Bagi pemilik kendaraan, penting untuk memperhatikan waktu ganti plat motor setiap lima tahun. Mengabaikan kewajiban ini dapat mengakibatkan sanksi serius, termasuk denda dan penilangan. Berikut adalah beberapa sanksi yang mungkin dihadapi jika terlambat dalam mengganti plat motor:

    • Denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan sebesar 2% per bulan dari jumlah pajak yang terutang.
    • Sanksi bagi kendaraan yang tidak memiliki plat nomor atau plat nomornya tidak sah bisa berupa penilangan.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait