Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    ReviewTerlihat Mirip, Ini Perbedaan Mobil Hatchback dan Sedan

    Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Mobil Hatchback dan Sedan

    Mobil hatchback berdesain kompak, asyik digunakan harian dalam perkotaan.

    News.OLX – Mobil hatchback dan sedan seringkali disamakan, tapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

    Maka dari itu penting bagi kamu untuk memahami perbedaan ini agar bisa memilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan harian.

    Mari kita telusuri perbedaan antara hatchback dan sedan untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

    Pengertian mobil sedan

    Mobil sedan identik dengan desainnya yang elegan, nyaman, dan memiliki ruang kabin yang cukup luas. 

    Dikenali dengan bentuknya yang panjang dan atap yang cenderung lurus, sedan memberikan tampilan formal dan kesan anggun saat dikendarai.

    Biasanya memiliki dua baris kursi dengan kapasitas untuk 4-5 penumpang, sedan memberikan ruang kabin yang lega terutama di bagian belakang. 

    Cocok untuk perjalanan bersama keluarga yang memerlukan kenyamanan ekstra. Mobil sedan juga menawarkan stabilitas saat berkendara, memberikan pengalaman berkendara yang tenang.

    Pengertian mobil hatchback

    Berbeda dari sedan, mobil hatchback dikenal dengan desain unik yang memberikan kepraktisan, terutama untuk mereka yang baru saja berkeluarga. 

    Desainnya yang fleksibel memudahkan penataan kursi belakang, dan jika diperlukan, kursi dapat dilipat untuk mendapatkan kapasitas bagasi yang lebih besar. 

    Ukurannya yang kecil membuat mobil hatchback sangat mudah untuk bermanuver di perkotaan yang padat.

    Perbedaan mobil hatchback dan sedan dari segi akomodasi

    Sedan cenderung memiliki ruang kabin yang lebih luas, ideal untuk kenyamanan penumpang. 

    Sementara hatchback memberikan fleksibilitas dengan konfigurasi bangku belakang yang dapat diatur dan kapasitas bagasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

    Mobil hatchback memiliki akses ke bagasi yang lebih mudah melalui pintu belakang yang menyatu dengan bagasi, sementara sedan memiliki bagasi terpisah.

    mobil hatchback (1)

    Pebedaan dari segi desain

    Sedan menampilkan kesan elegan dan modern, sementara hatchback cenderung menonjolkan desain yang lebih kasual, bahkan dengan sentuhan sporty untuk memberikan sensasi berkendara yang berbeda.

    Kemampuan manuver dan parkir 

    Hatchback unggul dalam manuver dan parkir karena ukurannya yang kompak, sangat cocok untuk penggunaan perkotaan. Sedangkan sedan karena umumnya ukurannya lebih panjang, jadi tidak semudah membawa hatchback dalam bermanuver.

    Dengan memahami perbedaan ini, kiranya kamu dapat lebih mudah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. 

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait