Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    ReviewTernyata Segini Konsumsi BBM NMAX, Seberapa Irit Ya?

    Ternyata Segini Konsumsi BBM NMAX, Seberapa Irit Ya?

    Cek konsumsi BBM NMAX untuk menjadi pertimbangan tambahan sebelum membeli motor ini!

    News.OLX – Sebelum memutuskan membeli NMAX baru ataupun bekas, pastikanlah untuk cek berbagai spesifikasinya, termasuk konsumsi bensinnya. 

    Sebab, uang bensin adalah salah satu pengeluaran rutin. Jika ingin mengendarai motor yang hemat bahan bakar, maka cek dulu informasi tentang konsumsi BBM NMAX di bawah.

    Konsumsi BBM NMAX dari Beberapa Seri

    Konsumsi BBM NMAX dari beberapa seri cukup menarik kita telisik, karena dapat menjadi pertimbangan tambahan untuk kamu yang memang ingin mengendarai merek ini saja.

    Mari awali dengan keluaran tahun 2019 yang dapat kamu kendarai sampai 39 km pada jalanan dalam kota dengan satu liter BBM saja. Sementara, jika kamu bawa di jalanan luar kota, jarak tempuhnya bisa mencapai 45 km untuk seliter BBM.

    Lanjut ke seri tahun 2020, konsumsi BBM NMAX bisa sedikit lebih hemat, walaupun memakai tipe mesin yang sama. Di mana dengan seliter minyak, motor dapat berkendara mencapai 39,5 km.

    Meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan, tapi dengan kapasitas seperti itu, tentu hal ini dapat menjadi pertimbangan untukmu.

    Lalu, peningkatan efektivitas konsumsi BBM-nya semakin terasa memasuki seri tahun 2021. Sebab, kamu dapat membawanya berkendara hingga jarak tempuh 37 sampai 40 km dengan seliter BBM.

    Selanjutnya, rata-rata penggunaan BBM di seri 2022 mirip dengan tahun sebelumnya, dengan rata-rata 40 km dengan pemakaian seliter BBM.

    Menariknya, di seri tahun 2023 kemarin tampaknya konsumsi BBM NMAX semakin irit. Di mana pemakaian seliter BBM dapat mencapai jarak hingga 50,1 km. Pada metode tersebut, uji cobanya dilakukan oleh dua orang (pengemudi dan penumpang) pada kecepatan 60 km/jam.

    Pengujian itu berdasarkan uji coba oleh Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism Japan. Uji coba tersebut terjadi karena motor 2023 ini hasil produksi Indonesia yang dipasarkan ke Jepang.

    Berdasarkan pengujian WMTC, jarak tempuh dengan seliter BBM adalah sekitar 44,6 km. Meskipun ada perbedaan, namun hasilnya masih tetap lebih bagus daripada seri-seri sebelumnya.

    konsumsi BBM NMAX (1)

    Tips Menghemat Konsumsi BBM NMAX

    Walau tingkat efektivitas penggunaan BBM pada motor NMAX cukup impresif, namun hal tersebut pada akhirnya bisa kamu pertahankan karena banyak faktor. Jika penggunaannya serampangan, maka motor ini pun bisa boros BBM, tidak seperti awal dibeli.

    Nah, berikut beberapa tips pemakaian agar tingkat efektivitas penggunaan BBM bisa terus terjaga:

    1. Menjaga Motor Tetap Prima

    Pastikanlah motor NMAX kamu selalu berada dalam kondisi prima dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel. Cek juga kondisi ban agar memiliki udara yang cukup dan tidak botak. Tujuannya, agar bisa berakselerasi lebih baik dan tidak memaksa kinerja mesin.

    Jangan lupakan juga untuk menjaga oli tetap bersih dan tidak bocor. Landasannya adalah bensin bisa semakin boros ketika ada gangguan di filter udara.

    2. Tidak Membawa Beban Berlebihan

    Hindarilah terlalu sering membawa barang berat bersama motor kamu. Sebab, barang-barang tersebut bisa membuat beban motor tersebut semakin besar, sehingga tarikannya semakin berat. Pada akhirnya ini, akan membuat BBM yang dipergunakan semakin banyak.

    3. Memperhatikan Gaya Berkendara

    Gaya berkendara pun bisa memberikan pengaruh terhadap penggunaan BBM, khususnya ketika melakukan penarikan tuas gas.

    Hindarilah untuk menarik tuas tersebut secara mendadak selama kamu berkendara, melainkan ditarik perlahan atau bertahap. Hal ini dapat membuat laju motor terasa lebih irit dan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

    Jika kamu tertarik membeli motor bekasnya setelah melihat konsumsi BBM NMAX tersebut, jangan lupa cek ketersediaannya di OLX agar dapatkan penawaran menarik. Unduh juga aplikasi OLX sekarang di Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait