Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & Trik15 Tips Beli Mobil Bekas Ini Ampuh Untuk Menghindari 'Amsiong'

    15 Tips Beli Mobil Bekas Ini Ampuh Untuk Menghindari ‘Amsiong’

    Beli mobil bekas merupakan alternatif yang menarik bagi banyak orang yang ingin memiliki kendaraan dengan anggaran terbatas. Harga yang lebih terjangkau menjadi daya tarik utama dalam memilih mobil bekas.

    News.OLX – Namun, penting untuk selalu mempertimbangkan kondisi mobil yang akan dibeli. Terlepas dari harga yang menarik, ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas, kita harus tetap berhati-hati dan memeriksa kondisinya dengan cermat.

    Lantas, apa yang harus dilakukan agar menghindari kerugian ketika membeli mobil bekas? Untuk mengetahuinya, yuk kita bahas melalui penjelasan berikut ini.

    1. Tentukan jenis mobil yang ingin kamu beli

    Pertama-tama, kamu perlu mengidentifikasi jenis mobil bekas yang ingin kamu beli, termasuk varian dan tahunnya. Lakukan penelitian mendalam mengenai mobil tersebut, termasuk informasi tentang mesin, spesifikasi, ketersediaan suku cadang, fitur-fitur, dan hal lainnya yang relevan. Selain itu, cari tahu harga pasaran mobil bekas sesuai dengan varian dan tahun yang kamu inginkan.

    2. Lakukan riset terhadap dealer atau penjual

    Ketika mempertimbangkan pembelian mobil bekas, penting untuk memastikan kredibilitas dealer atau penjualnya. Pastikan bahwa mereka adalah penjual yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi baik.

    Baca juga: Apa Bedanya Beli Mobil Bekas dari Pemilik Langsung, Dealer, dan Online?

    Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan tanpa melakukan riset dan cross-check terlebih dahulu. Juga, pertimbangkan saran dari saudara atau teman yang memiliki pengalaman serupa.

    3. Lakukan survey langsung

    Meskipun kamu dapat membeli mobil bekas secara offline atau online, sangat disarankan untuk melakukan survei langsung terhadap kendaraan yang kamu incar.

    Hal ini dilakukan untuk memverifikasi informasi dan kondisi mobil yang tercantum di situs web atau iklan. Ingat, potensi penipuan seringkali terjadi dalam transaksi online.

    4. Sesuaikan budget dengan harga mobil pilihan

    Pastikan bahwa anggaran yang kamu miliki sesuai dengan harga mobil bekas yang kamu pilih. Jangan tergoda dengan pilihan lain yang mungkin membuatmu melebihi anggaran. Pertimbangkan juga opsi pembayaran, apakah akan dilakukan secara tunai atau dengan kredit.

    5. Jangan tergoda harga murah yang tidak wajar

    Hati-hati jika penjual menawarkan harga yang terlalu murah untuk mobil bekas. Jika harga yang ditawarkan terlalu rendah, maka ada alasan untuk curiga, terutama jika penjualnya tidak jelas atau memiliki reputasi yang meragukan.

    Dealer mobil bekas yang terpercaya biasanya tidak akan menjual mobil dengan harga sangat rendah di bawah harga pasaran.

    beli mobil bekas (3)

    6. Periksa kondisi eksterior mobil

    Selain menemukan penjual yang dapat dipercaya, langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi eksterior mobil secara langsung. Jangan hanya mengandalkan foto atau video yang dikirimkan oleh penjual.

    Baca juga: Awas Ketipu, Ini Tips Mengetahui Mobil Bekas Tabrak

    Perhatikan setiap komponen bodi mobil, termasuk pintu, cat, mesin, kaca, suspensi, ban, dan kampas rem. Pastikan semua komponen ini masih dalam kondisi baik secara visual agar mobil yang dibeli memiliki kondisi yang sehat dan aman digunakan.

    7. Periksa kelengkapan interior dan fitur keamanan

    Selain itu, pastikan untuk memeriksa bagian interior mobil, termasuk sistem AC, audio, lampu, setir, laci, jok, dan lainnya. Juga, periksa fitur-fitur keamanan seperti sabuk pengaman, rem, AC, dan airbags. Perhatikan juga bau interior mobil; bau apek bisa menjadi indikasi bahwa mobil pernah terendam banjir.

    8. Cek kondisi mesin

    Kondisi mesin adalah hal yang sangat penting dalam pembelian mobil bekas. Teliti dan periksa mesin dengan cermat. Pastikan untuk mengetahui spesifikasi mesin mobil yang kamu incar, dan lakukan pemeriksaan menyeluruh.

    Baca juga: Tips Jual Beli Mobil Online Lebih Aman dan Nyaman

    Kebocoran oli dan masalah komponen lainnya bisa memengaruhi kinerja mesin. Cobalah untuk menghidupkan mesin dan perhatikan suaranya; mesin yang berbunyi halus saat dihidupkan adalah tanda kondisi yang baik.

    9. Ketahui riwayat servis kendaraan

    Penting untuk mengetahui riwayat servis mobil bekas yang akan kamu beli, terutama jika ada riwayat servis dari bengkel resmi. Ini akan membantu kamu memahami sejauh mana mobil tersebut telah dirawat dan apakah ada masalah serius yang pernah diatasi.

    10. Bawa mekanik

    Jika kamu tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang mesin dan komponen mobil, disarankan untuk membawa seorang mekanik atau seseorang yang ahli dalam hal tersebut ketika berkunjung ke dealer atau penjual mobil bekas.

    Mereka dapat membantu kamu memastikan bahwa mobil bekas yang kamu beli memiliki kualitas yang baik.

    11. Lakukan test drive

    Test drive adalah langkah penting dalam pembelian mobil bekas. Pastikan penjual yang dapat dipercaya bersedia untuk mengizinkan kamu melakukan test drive.

    Baca juga: Perhatikan Hal Ini Jika Mobil Lewati Jalanan Banjir Air Laut

    Saat test drive, cobalah mobil dalam berbagai kondisi, uji pengoperan gigi, respons setir, performa rem dan kopling, serta aspek lainnya. Test drive akan membantu kamu menilai kekurangan dan kelebihan mobil tersebut.

    12. Periksa kelengkapan surat-surat

    Selalu periksa kelengkapan surat-surat kendaraan, seperti BPKB dan STNK. Pastikan semuanya asli dengan memverifikasi nomor rangka mobil, nomor mesin, dan kecocokan dengan STNK dan BPKB.

    Selain itu, konfirmasikan juga nama pemilik yang tertera di surat-surat agar proses balik nama dapat berjalan lancar.

    13. Hindari mobil bekas yang pernah terkena banjir

    Jika kamu mengetahui bahwa mobil bekas tersebut pernah terendam banjir, lebih baik untuk menghindarinya.

    Namun, jika penjual mencoba menyembunyikan fakta ini, periksa alat elektronik di dalam mobil, cek area mesin yang tersembunyi, dan perhatikan kondisi oli mesin. Bau apek di dalam mobil juga bisa menjadi indikasi masalah akibat banjir.

    14. Pertimbangkan asuransi mobil

    Meskipun tidak semua pemilik kendaraan mengasuransikan mobil bekasnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil asuransi mobil.

    Ini dapat memberikan perlindungan finansial yang penting dan menjaga kamu dari potensi kerugian di masa depan.

    15. Gunakan platform jual beli mobil terpercaya, OLX Member of Astra

    Supaya tidak perlu repot-repot melakukan survei secara manual dan menjauhi potensi kerugian, pilihlah platform jual beli mobil yang terpercaya seperti OLX yang kini sudah menjadi bagian dari Astra Group.

    Sebagaimana diketahui, OLX Member of Astra merupakan platform jual beli mobil bekas yang akan membantu kamu untuk menemukan mobil impian.

    Baca juga: Tips Membeli Mobil Bekas Taksi, Jangan Tergiur Harga

    Lewat platform ini, kamu tidak hanya bisa jual dan beli mobil bekas saja, tapi juga bisa melakukan proses pembayaran secara online.

    Bukan platform biasa, OLX hadir sebagai sahabat yang siap membantu memberikan advise mengenai pilihan mobil, harga, info pembiayaan hingga asuransi. Alhasil pembelian mobil bekas yang dilakukan lebih aman dan juga bikin nyaman.

    Itulah beberapa tips penting dalam pembelian mobil bekas yang dapat membantu kamu menghindari penipuan dan mendapatkan kendaraan yang berkualitas. 

    Download aplikasinya sekarang di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait