Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    InformasiTips Menghilangkan Bekas Tetesan Cat pada Tembok

    Tips Menghilangkan Bekas Tetesan Cat pada Tembok

    Tetesan cat tumpah di tembok atau permukaan lain dapat merusak penampilan, tapi lima bahan ini dapat menghilangkan tetesan dengan mudah.

    News.OLX – Cat memang dikonsep agar melekat kuat pada permukaan yang dilapisi. Sayangnya, ini sedikit menyulitkan untuk para pemula yang belum pernah mengecat sendiri sebelumnya.

    Seberapa pun hati-hatinya kamu mengantisipasi dan mengeksekusi proyek ini, percikan noda pasti akan tetap berceceran di sana-sini. Apabila hal ini terjadi, jangan panik. Kondisi ini boleh jadi terlihat gawat, tetapi tetesan ini bisa dibersihkan dengan berbagai cara.

    Cara Mudah Menghilangkan Bekas Tetesan Cat

    Tetesan cat

    Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan bekas tetesan cat dengan mudah:

    1. Gunakan Aseton

    Kutek dan cat pada dasarnya hampir mirip. Jadi, masuk akal kalau aseton juga berguna untuk menghilangkan bekas cat. Bahan kimia yang terkandung dalam aseton cukup kuat. Jadi, produk ini adalah alternatif bagus untuk mengatasi noda kering yang membandel.

    2. Gunakan Air dan Sabun

    Bila masih bingung, sabun dan air hangat dapat menjadi penawar yang efektif untuk sejumlah jenis pernis. Siapa pun yang pernah mewarnai kusen jendela pasti tahu seberapa tinggi kemungkinan bekas cipratan menempel di panel.

    Gunakan spons atau kain lap halus saat mengoleskan sabun dan air untuk menggosok jendela. Biarkan meresap selama beberapa saat, lalu gunakan silet baru untuk menghilangkan bekas tetesan cat yang luntur.

    3. Gunakan Tiner

    Tiner adalah salah satu material yang paling umum dipakai untuk membersihkan cipratan dan tumpahan cat, khususnya yang berbahan dasar minyak. Senyawa organik yang mudah menguap ini sangat ampuh, jadi pemakaian dalam jumlah sedikit saja sudah cukup.

    Ketika membersihkan noda dari permukaan kayu, misalnya, mulai dengan sedikit tiner untuk mencegah kerusakan pada material itu sendiri. Bila kurang, boleh ditambah sesuai kebutuhan.

    4. Gunakan Cuka dan Minyak

    Alat-alat yang kamu butuhkan untuk menyingkirkan pernis barangkali sudah ada di dapurmu. Manfaatkan cuka dan minyak goreng untuk merontokkan bekas cipratan di aneka permukaan.

    5. Gunakan Alkohol

    Barang rumah tangga lain yang juga bisa kamu pakai untuk mengatasi ceceran cat adalah alkohol. Pelarut ini bekerja dengan cara menipiskan cairan kental atau yang sudah kering di atas bidang rata dan halus.

    Cat tumpah di tempat yang tidak semestinya adalah hal biasa saat mendekorasi interior rumah. Namun, terlepas dari bahan apa pun yang kamu gunakan, sebaiknya usahakan untuk menghilangkan tetesan dan cipratannya sesegera mungkin selagi masih basah.

    Selain itu, jangan pula menggosok bagian yang terkena tumpahan. Bersihkan dengan cara menepuk lembut supaya bekasnya tidak menyebar dan menodai bagian lain.

    Butuh mobil baru untuk keluarga atau kebutuhan niaga, tapi dana terbatas? Yuk, beli mobil bekas di OLX! Temukan kendaraan yang pas harganya di kantong sekarang juga dengan download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait