OLX News – TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) tampil gemilang di awal musim balap regional 2025. Tentu saja dengan meraih dua podium pertama berturut-turut pada ajang Asia Japan Cup 2025 kelas GT4 di Sportsland Sugo Circuit Jepang pada Jumat hingga Minggu (13-15/6).
Duo pembalap andalan TGRI, Haridarma Manoppo dari Indonesia dan Seita Nonaka dari Jepang, sukses mendominasi dengan mobil balap GR Supra GT4 Evo 2 yang telah mengalami sejumlah peningkatan teknis signifikan.
Awal Musim yang Mengagumkan
“Selamat kepada TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) yang berhasil membuka musim balap 2025 dengan double podium pertama lomba Grand Touring Jepang untuk kembali mengharumkan nama bangsa di kancah balap touring regional,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.
Ia menambahkan, “Pembalap TGRI Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka, bertarung flat-out dengan mobil balap GR Supra GT4 Evo 2, sehingga mendominasi kedua seri pembuka Asia Japan Cup 2025. Semoga prestasi keduanya dapat terus bertahan dengan target mendapatkan gelar juara pertama pembalap dan tim Japan Cup 2025.”
Pencapaian ini menjadi pembuka yang manis bagi TGRI, yang pada Japan Cup 2024 nyaris merebut gelar juara championship. Namun, harus puas di posisi ketiga pembalap dan tim Kelas GT4.
Dengan target finish pertama di setiap seri, dua seri awal Japan Cup 2025 di Sportsland Sugo Circuit. Ini menjadi ujian perdana yang berhasil mereka lalui dengan gemilang.
GR Supra GT4 Evo 2: Evolusi Performa Balap
Sebagai bagian dari GT World Challenge Asia (GTWCA) 2025, TGRI berkompetisi dalam Japan Cup 2025 yang khusus berlangsung di Jepang. Mencakup delapan seri kejuaraan back-to-back di kelas GT4.
Kelas balap ini memakai mobil produksi massal yang mereka modifikasi sesuai regulasi. Sehingga, menjamin tingkat performa yang setara di antara semua peserta.
Toyota GR Supra GT4 Evo 2 yang TGRI pakai memboyong mesin 3.000 cc 6-silinder single twin-scroll turbocharger. Mesin ini telah mereka naikkan performanya dengan GR, menghasilkan tenaga 430 dk dan torsi 650 Nm.
Namun, peningkatan tidak berhenti di sana. Sistem rem ABS telah mereka setel ulang melalui pengujian intensif oleh para pembalap di sirkuit-sirkuit Jepang dan Eropa. Hal ini memungkinkan pengereman dan manuver di tikungan yang optimal, diadaptasikan dengan jenis dan keausan ban serta kondisi lintasan.
Selain itu, waktu perpindahan gigi ke bawah (downshift) telah berkurang berkat penyempurnaan setelan putaran mesin melalui pembaruan software. Ini secara signifikan meningkatkan kontrol deselerasi selama pengereman, memungkinkan mobil menjaga kecepatan saat menikung.
Tidak hanya fokus pada performa mesin dan pengereman, GR Supra GT4 Evo 2 juga memperoleh perhatian pada kenyamanan pembalap. Performa pendinginan mesin, rem, dan drivetrain bertambah, dan suhu kokpit mereka optimalkan agar pembalap merasa lebih nyaman, bahkan dalam kondisi yang sulit.
Dominasi TOYOTA GAZOO Racing di Sportsland Sugo Circuit
Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka menunjukkan konsistensi dan kecepatan yang luar biasa sejak awal.
Pada sesi kualifikasi, kedua pembalap berhasil mengamankan pole position di Kelas GT4. Haridarma mencatatkan waktu tercepat kedua, sementara Seita meraih superpole di sirkuit sepanjang sekitar 3,7 km yang dikenal dengan kontur lintasan naik-turun dan baru di-resurface, sehingga sangat grippy.
Memulai race pertama pada Minggu (15/6) dari posisi terdepan, Haridarma dan Seita tidak menyia-nyiakan kesempatan. Mereka langsung all out mempertahankan posisi terbaik dan berhasil finish di posisi pertama dengan waktu tempuh 1:01:45.256.
Di race kedua, dengan rasa percaya diri tinggi, keduanya kembali menunjukkan kemampuan adaptasi dan performa mobil yang mumpuni. Mereka berhasil menjaga pace dan bertahan di depan dari gempuran pembalap lain.
Peningkatan performa dan handling mobil benar-benar mereka manfaatkan dengan baik. TGRI akhirnya menuntaskan balap dengan mempertahankan Podium Pertama Race ke-2 Kelas GT4 Asia Japan Cup 2025 Seri ke-1 dan ke-2 dengan overall lap time 1:01:30.520.
Komitmen dan Harapan TOYOTA GAZOO Racing ke Depan
“Partisipasi TGRI tahun lalu merupakan bekal terbaik untuk berkompetisi, memakai mobil balap GR Supra GT4 EVO 2 yang diracik beberapa modifikasi performa dan handling,” jelas Haridarma Manoppo.
“Waktu adaptasi sanggup kami manfaatkan dengan efektif berkat rekam-jejak Seita di balap domestik. Pengalaman berlaga di sirkuit yang sama dan setting engineer TGRI, terbukti efektif meningkatkan performa race car ini yang memboyong dua podium pertama berurutan. Semoga kami tetap tampil konsisten untuk menggapai target gelar juara pembalap dan tim Japan Cup 2025.”
Hiroyuki Oide, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), turut menyampaikan kebanggaannya.
“Kami terus mendukung pembalap TGRI berlaga event regional untuk meningkatkan skill dan prestasi sekaligus mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi yang mereka raih. Kami bangga pembalap TGRI langsung berjuang pada balap touring Kelas GT4 di dua seri awal Japan Cup 2025 dan meraih juara pertama back-to-back. Semoga prestasi ini dapat berlanjut di seri berikutnya untuk mempersembahkan trophy juara musim ini kepada seluruh car enthusiast di Indonesia.”
Kemenangan ganda tersebut menjadi sinyal kuat bahwa TOYOTA GAZOO Racing Indonesia siap bersaing di level tertinggi. Juga, membidik gelar juara umum di Japan Cup 2025. Akankah mereka mampu mempertahankan momentum positif ini di seri-seri selanjutnya? Kita tunggu saja aksi-aksi spektakuler mereka.
Sambil menunggu kamu bisa cek OLX untuk upgrade kendaraanmu agar se-racing TOYOTA GAZOO atau mencari tipe lainnya. Sebab, di OLX tersedia berbagai pilihan mobil dengan harga yang terjangkau. Kamu pun bisa menjual kendaraan lamamu dengan cepat dan mudah. Yuk cobain OLX sekarang!